BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Penyerang Brasil Terbaik dalam Sepanjang Sejarah Liga Indonesia

03-06-2020 11:07 | Aga Deta

Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan Alberto Goncalves (c) Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Pemain asing tak bisa dipisahkan dari perjalanan sepak bola Indonesia. Klub Indonesia tercatat sangat banyak yang menggunakan jasa pemain asal Brasil.

Setiap musimnya Brasil menjadi negara yang paling banyak menyumbang pemain asing di Indonesia. Musim ini dari 74 pemain asing berkarier di Indonesia, 24 di antaranya berasal dari Brasil.

Para pemain Brasil menjadi idola klub Indonesia karena memiliki kemampuan di atas rata-rata. Mereka biasanya punya skill bermain bola maupun skill individu yang memesona.

Para pemain asal Amerika Selatan tersebut juga dikenal memiliki postur tubuh yang tinggi. Mayoritas pemain Brasil di Indonesia memiliki tinggi di atas 180 cm.

Wajar bila banyak pemain Brasil bermain di posisi bek, tengah, dan penyerang. Posisi terakhir menjadi yang paling banyak mengingat para pemain Brasil dikenal memiliki kemampuan individu dalam mengolah bola dan mencetak gol.

Ada beberapa penyerang asal Brasil yang mencuri perhatian. Berikut ini lima pemain Brasil yang tampil tajam dengan jumlah gol yang dicetak di kompetisi Indonesia.

1 dari 5 halaman

1. Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago menjadi pemain Brasil pertama yang berhasil tampil memesona di Liga Indonesia. Penampilan apik itu terjadi pada Liga Indonesia 1996-1997 ketika membawa Persebaya Surabaya meraih gelar.

Jacksen F. Tiago punya peran penting di balik kesuksesan Persebaya. Pemain asal Brasil itu sukses menyumbang 26 gol dalam semusim sekaligus menyabet predikat top scorer.

Semasa kariernya, Jacksen merupakan pemain yang sangat tajam. Jacksen dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan mematikan.

2 dari 5 halaman

2. Beto Goncalves

Karier sepak bola Alberto Goncalves di Indonesia berawal pada 2008. Ketika itu, pemain yang akrab disapa Beto membela Persijap Jepara.

Masa-masa kesuksesan Beto justru terjadi di Persipura Jayapura. Pada 2007-2008, Beto berhasil mencetak 19 gol dan menjadi pemain ketiga yang tertajam ketika itu.

Peningkatan ketajaman Beto kemudian terjadi pada 2008-2009 yakni mencetak 23 gol. Puncaknya, Beto berhasil menjadi pencetak gol terbanyak pada 2011-2012 dengan raihan 25 gol sekaligus meraih predikat top scorer.

Beto juga menunjukkan ketajamannya ketika tampil di Indonesia Soccer Championship A 2016. Beto sukses mencetak 25 gol, namun ketika itu gagal membantu Sriwijaya FC juara.

3 dari 5 halaman

3. David da Silva

David da Silva memang belum pernah meraih predikat top scorer di Indonesia. Namun, pada 2018, pemain asal Brasil itu mengoleksi 20 gol atau terpaut satu gol dari top skorer ketika itu Aleksandar Rakic.

Musim lalu, David da Silva belum kehilangan ketajamannya. Pemain berusia 30 tahun itu sukses mencetak 14 gol dalam 17 laga yang dimainkan.

David da Silva masih menjadi andalan Persebaya musim ini. Dalam dua laga yang dimainkan, David da Silva berhasil mencetak satu gol.

4 dari 5 halaman

4. Alex Goncalves

Alex Goncalves tampil menggebrak dalam debutnya di Indonesia pada Liga 1 2019. Ketika itu, Alex bermain untuk Persela Lamongan.

Pemain asal Brasil itu berhasil mencetak 17 gol. Pencapaian bagus buat pemain yang baru mengawali karier di Indonesia.

Musim ini, Alex Goncalves memulai petualangan baru bersama Tira Persikabo. Dalam tiga laga yang sudah dimainkan, Alex berhasil mencetak 1 gol.

5 dari 5 halaman

5. Wander Luiz

Wander Luiz langsung tampil menggila dalam musim perdananya di Indonesia. Wander Luiz berhasil menjelma menjadi penyerang tajam yang menghuni lini depan Persib Bandung.

Wander Luiz berhasil mencetak tiga gol dalam tiga laga yang dimainkannya. Ketajaman Wander Luiz juga berbanding lurus dengan penampilan Persib yang belum terkalahkan dan meraih poin penuh dalam tiga laga.

Wander Luiz merupakan pemain yang serba bisa dan bisa diandalkan dalam mencetak gol dengan semua anggota tubuhnya. Menarik untuk menyaksikan kiprah Wander Luiz musim di Persib.

Sumber: Berbagai Sumber
Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 3 Juni 2020

KOMENTAR