BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain yang Bisa Susul Bagus Kahfi ke Eropa

09-02-2021 18:11 | Serafin Unus Pasi

Bagus Kahfi (c) Dok. FC Utrecht Bagus Kahfi (c) Dok. FC Utrecht

Bola.net - Beredar di kompetisi Eropa merupakan impian para pemain sepak bola dari Asia, Afrika, Amerika, Amerika Latin, hingga Oseania. Maklum, Benua Biru adalah kiblat kompetisi sepak bola dunia.

Liga Inggris, Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis menjadi magnet utama. Disusul berikutnya kompetisi di negara-negara lapis kedua, misalnya Belanda, Portugal, Belgia, Serbia, dan lain-lain.

Pemain Indonesia juga punya mimpi bermain di Eropa. Pada saat sekarang sudah ada Egy Maulana Vikri hingga Witan Sulaiman yang ada di Eropa.

Egy bermain di Lechia Gdansk, klub asal Polandia. Sementara Witan memperkuat Radnik Surdulica di Serbia.

Terbaru adalah Bagus Kahfi yang menembus kontrak FC Utrecht. Kesempatan pertama adalah dititipkan di tim U-18. Sebelum musim depan kalau ada prospek masuk ke tim utama.

Dengan fakta pemain Indonesia ada yang sudah bisa menembus kompetisi Eropa, siapa saja pesepakbola yang punya potensi menyusul Bagus Kahfi dan kawan-kawan? Berikut ulasan dari Bola.net.

1 dari 5 halaman

1. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam saat bergabung dengan Ansan Greeners (c) Ist/Dok Pribadi Gabriel Budi Liminto Asnawi Mangkualam saat bergabung dengan Ansan Greeners (c) Ist/Dok Pribadi Gabriel Budi Liminto

Batu loncatan sudah dipijak Asnawi untuk ke Eropa. Ia resmi bergabung dengan klub Korea Selatan, Ansan Greeners. Meski bukan klub tertinggi di Negeri Ginseng, catatan itu sudah bagus buat pemain asal Indonesia yang belum terlalu eksis di peta persepakbolaan dunia.

Dari Ansan Greeners, Asnawi bisa melompat ke Eropa bila dapat peruntungan yang bagus. Kompetisi Korea Selatan bisa menjadi tempat ia menempa kemampuan.

Pemain yang beroperasi sebagai gelandang bertahan atau fullback ini pernah berujar targetnya adalah dua sampai tiga tahun lagi bisa menembus Eropa. Maka dari itu, start di Ansan Greeners ini menjadi momentum yang bagus.

2 dari 5 halaman

2. Beckham Putra

Beckham Putra (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah Beckham Putra (c) Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Awal tahun ini, dia sudah dapat tawaran untuk bergabung di klub Montenegro, FK Sutjeska. Tawaran datang dari pelatih kepala tim tersebut yang merupakan mantan pemain Persib Bandung, Miljan Radovic.

Namun, Persib sebagai pemilik kontrak Beckham belum bisa melepasnya. Pasalnya, pemain berusia 19 tahun itu masih dalam periode baru pulih dari cedera.

Persib berjanji baru bisa melepas Beckham selepas Juli atau Agustus. Menunggu pemain asal Bandung itu benar-benar kuat untuk kembali ke lapangan.

3 dari 5 halaman

3. David Maulana

Penggawa Garuda Select, David Maulana (c) Garuda Select for Bola.net Penggawa Garuda Select, David Maulana (c) Garuda Select for Bola.net

Saat beredar bersama Garuda Select, David Maulana mulai dilirik klub Eropa. Sama seperti Bagus Kahfi yang akhirnya merapat ke FC Utrecht.

Tapi, David yang merupakan mantan kapten Timnas Indonesia U-16 ini nasibnya belum sebaik Bagus. Ia harus menahan keinginan beredar di klub Eropa karena belum ada penawaran yang nyata.

Namun, nama David diyakini masih ada di kantong para pemandu bakat klub Eropa, dari Garuda Select. Dengan sedikit bersabar, ia bakal segera menyusul ke Eropa.

4 dari 5 halaman

4. Febri Hariyadi

Pemain Timnas Indonesia, Febri Hariyadi, mengontrol bola saat latihan jelang laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11). (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan Pemain Timnas Indonesia, Febri Hariyadi, mengontrol bola saat latihan jelang laga Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11). (c) Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Salah satu klub Malaysia sempat menggoda Febri Hariyadi. Tapi, Persib enggan melepasnya dengan alasan yang tidak disebutkan secara pasti.

Sebagai pemain Indonesia, Febri mengaku bermimpi bisa ke Eropa. Ia merasa sudah matang di Indonesia, untuk kemudian mengadu nasib di Benua Biru.

Melihat kemampuan Febri sebagai penyerang sayap, tampaknya panggilan ke Benua Biru tinggal menunggu waktu. Meski sepertinya harus dari kompetisi di negara-negara kelas dua di sepak bola Eropa.

5 dari 5 halaman

5. Hambali Tholib

Selebrasi Hambali Thalib usai membobol gawang Persik Kediri (c) Persebaya.id Selebrasi Hambali Thalib usai membobol gawang Persik Kediri (c) Persebaya.id

Ia pernah menjalani trial atau percobaan di klub Kroasia, NK Lokomotiva Zagreb. Itu merupakan pintu masuk yang bagus buat pemain yang muncul bersama Persela Lamongan tersebut.

Namun, kesempatan trial itu sepertinya belum mampu menarik keyakinan tim pelatih NK Lokomotiva Zagreb. Jadi, Hambali sementara pulang dulu ke Tanah Air.

Ke depan, Hambali dengan jaringan klub luar negeri yang sudah dimiliki bukan tidak mungkin akan kembali ke Eropa. Bertarung lagi dengan nasib untuk bermain di klub Benua Biru.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR