5 Pemain Persib yang Pernah Membela Arema FC

Gia Yuda Pradana | 23 Juli 2021, 10:36
Esteban Vizcarra (c) Bola.com/Erwin Snaz
Esteban Vizcarra (c) Bola.com/Erwin Snaz

Bola.net - Perpindahan pemain dari satu klub ke kesebelasan lain adalah hal yang biasa. Namun, ini menjadi istimewa jika beralih dari satu klub besar ke klub besar lainnya.

Misalnya saja seperti pemain Arema FC yang pindah ke Persib Bandung. Dua klub tersebut kita tahu memiliki nama besar.

Dalam berbagai catatan, tidak sedikit pemain yang pindah dari Singo Edan ke Maung Bandung. Perpindahan ini tentu memberi curriculum vitae (cv) yang bagus dalam perjalanan karier mereka.

Lantas, siapa saja pemain Persib saat ini yang pernah berkostum Arema FC? Berikut lima di antaranya.

1 dari 5 halaman

Esteban Vizcarra

Selebrasi Esteban Vizcarra (c) wearemania.net

Selebrasi Esteban Vizcarra (c) wearemania.net

Pertama kali beredar di Indonesia bersama Pelita Jaya pada 2009, Esteban Vizcarra ternyata lupa pulang ke Argentina. Ia betah tinggal di sini, bahkan sampai punya istri orang Indonesia bernama Resti Ayu Firdina. Ia pun sudah menjadi WNI.

Semusim di Pelita Jaya, Esteban Vizcarra kemudian pindah ke Semen Padang dan bertahan sampai 2015. Setelah itu, pesepakbola yang memiliki tinggi badan 178 sentimeter ini pergi ke Arema FC.

Bersama tim asal Malang itu, Esteban Vizcarra bermain dua musim (2016-2017). Lalu pindah sebentar ke Sriwijaya FC (2018), dan mulai membela Persib pada 2019 sampai sekarang.

Dulu saat berbaju Arema FC, Esteban Vizcarra tercatat bermain dalam 60 laga. Dari jumlah pertandingan tersebut, ia mencetak 14 gol.

2 dari 5 halaman

Achmad Jufriyanto

Achmad Jufriyanto. (c) Bola.com/Erwin Snaz

Achmad Jufriyanto. (c) Bola.com/Erwin Snaz

Pemain yang lahir di Tangerang ini pernah memperkuat Arema FC pada 2008/2009, atau musim pertama diselenggarakannya Indonesia Super League (ISL). Namun, kebersamaannya dengan Singo Edan hanya bertahan semusim, dan ia pindah ke Pelita Jaya.

Pemain yang akrab disapa Jupe ini tercatat pernah masuk dan keluar dari Persib. Ia pertama kali dikontrak Maung Bandung pada 2013 sampai 2015.

Setelah itu, Achmad Jufriyanto pergi ke Sriwijaya FC, klub yang pernah dibelanya pada 2010-2013. Pada 2017, ia kembali ke Persib.

Pemain berusia 34 tahun ini juga sempat merantau ke Malaysia untuk memperkuat Kuala Lumpur FA. Lalu pada 2019 sampai sekarang, Achmad Jufriyanto kembali lagi ke Persib, dan sempat dipinjamkan Maung Bandung ke Bhayangkara FC.

3 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo (c) Bola.com/Kukuh Saokani

Victor Igbonefo (c) Bola.com/Kukuh Saokani

Pemain asal Nigeria yang sudah menjadi WNI ini pernah menjadi ikon bek tengah Persipura Jayapura. Ia membela Mutiara Hitam sejak 2005 hingga 2011.

Pada 2013, Victor Igbonefo tercatat memperkuat Arema FC hingga 2016 dan bermain dalam 60 pertandingan. Pada 2015, ia sempat sebentar dipinjamkan Singo Edan ke klub Thailand, Jumpasri United FC, dan malah keterusan beredar di kompetisi sana.

Kemudian pada 2018, Persib datang memberi tawaran dan diterima oleh Victor Igbonefo. Pada 2019, ia sempat berpisah dengan tim kesayangan Bobotoh itu, tapi musim 2020 kembali ke Maung Bandung.

4 dari 5 halaman

Dedi Kusnandar

Dedi Kusnandar (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Dedi Kusnandar (c) Bola.com/Nicklas Hanoatubun

Pemain yang lahir di Sumedang ini muncul dari Pelita Jaya pada 2008-2012, setelah itu melejit bersama Arema FC. Di Singo Edan, Dedi Kusnandar bermain dalam kurun waktu 2012-2013.

Perannya sebagai gelandang Arema FC terbilang sentral. Namun pada 2013, pemain berusia 29 tahun ini memilih bergabung dengan Bhayangkara FC.

Pada 2014, Dedi Kusnandar pindah ke Persib hingga 2015 dan setelah itu pergi ke Malaysia untuk memperkuat Sabah FA. Pada 2017, ia balik ke Persib dan bertahan sampai sekarang.

5 dari 5 halaman

Muhammad Natshir

Muhammad Natshir (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Muhammad Natshir (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Riwayat karier kiper bernama lengkap Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby ini baru sedikit. Hanya tiga klub saja yang pernah dibelanya.

Ia pertama kali beredar di kompetisi profesional bersama Pelita Bandung Jaya. Setelah itu, penjaga gawang yang akrab disapa Deden ini pindah ke Arema FC pada 2013.

Bersama Arema FC, Deden tidak punya kesempatan bermain. Maklum, persaingan di bawah mistar gawang Singo Edan terbilang ketat.

Pada 2014, Persib yang pernah membesarkannya melalui diklat datang memberi tawaran untuk bergabung. Kiper berusia 28 tahun ini pun tidak berpikir dua kali, dan sampai sekarang masih setia dengan Maung Bandung.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR