5 Pemain Bintang yang 'Nganggur' di Pekan ke-1 BRI Liga 1: Dari Hanif Hingga Samsul Arif

Asad Arifin | 27 Juli 2022, 11:28
Pemain PSS Sleman, Bagus Nirwanto (kiri) berduel dengan Striker Persis Solo Samsul Arif (kanan) (c) Bola.net/Arief Bagus
Pemain PSS Sleman, Bagus Nirwanto (kiri) berduel dengan Striker Persis Solo Samsul Arif (kanan) (c) Bola.net/Arief Bagus

Bola.net - Pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023 telah digelar dengan sejumlah catatan menarik. Salah satunya adalah beberapa pemain bintang yang pernah membela Timnas Indonesia justru tidak dimainkan oleh pelatihnya.

Laga antara PSIS Semarang melawan RANS Nusantara FC menjadi laga pembuka ajang BRI Liga 1 2022/2023. Laga ini digelar pada Sabtu (23/7/2022) sore WIB.

Sementara itu laga antara Persikabo 1973 melawan Persebaya Surabaya pada 25 Juli 2022 menjadi laga penutup di pekan pertama. Kebetulan laga itu dimenangkan Persikabo dengan skor 1-0.

Laga di pekan pertama itu menjadi panggung aksi para bintang sepak bola Tanah Air. Baik para pemain yang sudah lama beredar maupun pemain yang baru merasakan atmosfer sepak bola nasional.

Namun, ada beberapa nama beken yang justru harus rela duduk di bangku cadangan di sepanjang laga pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023. Padahal mereka ada dalam kondisi fit dan tidak sedang menjalani akumulasi kartu. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Riko Simanjuntak

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (kiri) dan pemain Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat berebut bola saat laga pekan 9 BRI Liga 1 2021, Selasa (26/10/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak (kiri) dan pemain Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat berebut bola saat laga pekan 9 BRI Liga 1 2021, Selasa (26/10/2021). (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Selama ini, Riko adalah salah satu bintang utama Persija Jakarta. Posisinya sulit sekali digantikan oleh pemain lain di Persija.

Namun, di laga perdana melawan Bali United pada (23/7/2022), Riko harus rela duduk di bangku cadangan. Tampaknya, ia tidak masuk ke dalam skema Thomas Doll di laga itu.

Doll menggunakan skema 3-4-3 pada laga itu. Ia memilih winger yang memiliki kemampuan yang baik untuk membantu pertahanan. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh Riko Simanjuntak.

2 dari 6 halaman

Samsul Arif

Samsul Arif (c) PSBarito

Samsul Arif (c) PSBarito

Samsul adalah striker andalan Persis Solo di sepanjang turnamen pramusim, Piala Presiden. Namun, di pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023, Samsul tidak dimainkan.

Pelatih Persis Solo, Jacksen F. Tiago lebih tertarik memasang Gerard Artigas di posisi penyerang tengah Persis saat menghadapi Dewa United. Keputusan Jacksen itu sebenarnya berbuah baik.

Artigas mencetak satu gol dalam laga debut resminya bersama Persis Solo. Namun, Persis tetap kalah 2-3 pada laga itu.

3 dari 6 halaman

Hanif Sjahbandi

Hanif Sjahbandi (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Hanif Sjahbandi (c) Bola.com/Iwan Setiawan

Eks pemain Timnas Indonesia ini pun harus puas menjadi pemain cadangan di laga antara Bali United melawan Persija Jakarta pada Sabtu (23/7/2022).

Thomas Doll lebih percaya pada sosok Toni Sucipto dan Syahrian Abimanyu untuk mendampingi playmaker asal Jerman, Hanno Behrens.

Namun, peluang Hanif untuk dimainkan di laga-laga selanjutnya masih terbuka lebar. Karakternya sebagai gelandang bertahan tangguh sangat dibutuhkan Persija.

4 dari 6 halaman

Ramdani Lestaluhu

Ramdani Lestaluhu saat memperkuat Persija Jakarta (c) Bola.com/Yoppy Renato

Ramdani Lestaluhu saat memperkuat Persija Jakarta (c) Bola.com/Yoppy Renato

Bali United memang dipenuhi para pemain berkualitas dengan nama besar. Itu terjadi di berbagai posisi termasuk di posisi winger dan gelandang serang.

Sialnya, dua posisi itu adalah spesialisasi dari Ramdani Lestaluhu. Ia harus rela menghabiskan 90 menit pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023 sebagai pemain cadangan.

Di posisi winger, Bali United memiliki Irfan Jaya dan Privat Mbarga. Belum lagi ada sosok Yabes Roni dan Novri Setiawan.

Sementara posisi gelandang serang yang selama ini diperankan oleh Eber Bessa pun sangat sulit untuk digeser pemain lain termasuk Ramdani.

5 dari 6 halaman

Irkham Mila

PSS Sleman memiliki banyak stok winger di musim ini. Ada winger-winger baru yang berdatangan ke Sleman.

Sebut saja Todd Ferre, Rifky Suryawan, Komarudin, dan Miftahul Hamdi. Hal itu membuat winger lama, Irkham Mila harus menepi sejenak.

Mila ada di daftar susunan pemain cadangan saat PSS menjamu PSM Makassar akhir pekan lalu. Namun, eks winger Timnas Indonesia U-23 itu sama sekali tidak dimainkan.

Disadur dari Bola.com: Hery Kurniawan/Wiwig Prayugi, 27 Juli 2022

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR