BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Pemain Asing yang Mungkin Pindah Karena Status Shopee Liga 1 Belum Jelas

22-01-2021 10:28 | Asad Arifin

Marko Simic mengenakan seragam Persija Jakarta yang bekerjasama dengan Jungleland (c) Jungleland Official Marko Simic mengenakan seragam Persija Jakarta yang bekerjasama dengan Jungleland (c) Jungleland Official

Bola.net - PSSI telah menghentikan Shopee Liga 1 2020. Namun, PSSI belum bisa memastikan seperti apa nasib kompetisi musim 2021. Kondisi ini bisa membuat sejumlah pemain asing bakal hengkang dari klubnya.

Selain memutuskan pembatalan Shopee Liga 1 2020/2021, juga mengembalikan kontrak pemain kepada klub tergantung klausul keadaan kahar alias force majeure.

Keputusan itu sangat merugikan pemain. Jika dalam kontraknya terdapat klausul force majeure, risiko terbesar adalah pemutusan kontrak.

Klub tentu menafisirkan keadaan kahar dari PSSI untuk me-review kontrak pemain. Isi klausul force majeure setiap pemain dalam satu klub umumnya sama. Klub bisa terbebas dalam ganti rugi, dalam hal ini memotong atau tidak menggaji pemain jika dalam kondisi kahar.

Lantas, siapa saja para pemain asing yang kemungkinan angkat kaki dari Shopee Liga 1 setelah keluarnya keputusan dari PSSI itu?

1 dari 5 halaman

Marko Simic

Marko Simic (c) Bola.com/Yoppy Renato Marko Simic (c) Bola.com/Yoppy Renato

Marko Simic kemungkinan tidak mau kontraknya di Persija Jakarta disesuaikan dengan klausul kondisi kahar. Bomber asal Kroasia itu diyakini memilih pindah demi menjaga pendapatannya.

Simic bukan pemain sembarangan di Indonesia. Striker berusia 33 tahun itu adalah top scorer Liga 1 2019 dengan 28 gol.

Terbaru, Simic meminta Persija meminjamkannya ke klub lain. Striker bernomor punggung sembilan ini bisa hengkang ke negara tetangga, lalu kembali setelah kompetisi musim ini dimulai.

"Saya berencana untuk meminta Persija meminjamkan saya karena diprediksi kami tidak akan bermain hingga Juni 2021," kata Marko Simic dalam wawancaranya dengan media Kroasia, Novilist.

2 dari 5 halaman

Marco Motta

Marco Motta (c) Persija Jakarta Offcial Marco Motta (c) Persija Jakarta Offcial

Marco Motta masih punya kontrak setahun lagi dengan Persija Jakarta. Namun, sampai kapan setia menanti kelangsungan kompetisi?

"Di setiap bagian dunia, tentunya dengan kebijakan yang tepat mengenai situasi yang sulit seperti saat ini, mereka tetap bisa melanjutkan permainan. Mengapa hal ini masih tidak memungkinkan terjadi di Indonesia?" kata Marco Motta.

"Kapan kah pengumuman dari semua otoritas yang terkait tentang tanggal resmi dimulainya kembali? Saya menghormati keputusan yang dibuat, tetapi saya benar-benar berusaha untuk memahami situasinya," ujar pemain berusia 34 tahun itu.

3 dari 5 halaman

Ezechiel N'Douassel

(c) AP Photo (c) AP Photo

Kontrak Ezechiel N'Douassel bersama Bhayangkara Solo FC masih tersisa hingga akhir tahun ini. Namun, bomber asal Chad itu tentu tidak mau menganggur terlalu lama dan gajinya terus-terusan dipotong.

Sebagai pemain asing yang cukup beken, kualitas Ezechiel masih cukup oke. Dia punya atribut lengkap untuk menjadi bomber mematikan.

Berpostur menjulang, kecepatan Eze di atas rata-rata striker tengah. Dia juga berbahaya dalam kondisi satu lawan satu dengan pemain lawan.

Sebelum singgah di Indonesia pada 2017, Ezechiel berkarier di Israel, Tunisia, dan Prancis.

Sambil menunggu kompetisi dimulai, Ezechiel bisa memanfaatkan waktu dengan bergabung ke tim lain lewat status pinjaman. Paling realistis, striker berusia 32 tahun itu bermain di Malaysia dan kembali ke Indonesia pada paruh musim kompetisi Negeri Jiran.

4 dari 5 halaman

Wander Luiz

Striker Persib Bandung, Wander Luiz (c) Instagram/persib_official Striker Persib Bandung, Wander Luiz (c) Instagram/persib_official

Wander Luiz tengah dalam performa luar biasa sebelum kompetisi musim lalu dihentikan. Bomber Persib Bandung itu mampu mencetak empat gol dari tiga penampilan.

Persib sebaiknya meminjamkan Wander Luiz ke klub lain. Jika terlalu lama tidak bermain, ia dikhawatirkan akan kehilangan sentuhan.

Kontrak Wander Luiz bersama Persib akan berakhir dalam beberapa bulan ke depan. Striker asal Brasil itu sebelumnya lama berkarier di Vietnam.

Namun, Persib dikenal sebagai klub yang keras kepala meminjamkan pemain andalannya ke klub lain. Contohnya ketika tim berjulukan Pangeran Biru itu menolak proposal dari klub Malaysia, Sabah FC, untuk Febri Hariyadi.

Jalan satu-satunya untuk Wander Luiz kembali bermain lagi adalah menunggu kontraknya bersama Persib berakhir. Dia bisa saja kembali ke Vietnam, kompetisi yang perjalanannya paling mulus di ASEAN selama pandemi COVID-19.

5 dari 5 halaman

Wiljan Pluim

Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim (c) Bola.com/Yoppy Renato Pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim (c) Bola.com/Yoppy Renato

Kesetiaan Wiljan Pluim dengan PSM Makassar belum luntur. Meski hampir setahun tidak bermain, gelandang asal Belanda itu tetap loyal.

Beberapa waktu lalu, Pluim dikabarkan akan memperpanjang kontraknya bersama PSM Makassar. Meski begitu, ia terancam harus menghadapi klausul kahar sesuai dengan keputusan PSSI.

Namun, kualitas Pluim terlalu berharga jika tidak dimanfaatkan. Dia bisa dibilang sebagai playmaker asing terbaik di Shopee Liga 1 saat ini.

Sebaiknya sembari menunggu kompetisi dimulai, Pluim bisa hengkang ke klub lain semisal ke Malaysia. Dia pernah dikaitkan dengan tim dari Negeri Jiran pada 2018.

Pluim punya rekam jejak menjanjikan sebagai pemain asing. Dia sempat bermain di Eredivise Belanda Belanda Willem II Tilburg, Roda JC Kerkrade, dan sejumlah tim lainnya.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Editor: Wiwig Prayugi, 21 Januari 2021)

KOMENTAR