BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

4 Pemain Persija yang Lebih Baik Pergi untuk Selamatkan Kariernya

26-07-2021 21:21 | Serafin Unus Pasi

Persija Jakarta, juara Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan
Persija Jakarta, juara Piala Menpora 2021 (c) Bola.net/Muhammad Iqbal Ichsan

Bola.net - Musim 2021 ini Persija Jakarta ditangani oleh pelatih baru, Angelo Alessio. Juru racik asal Italia itu pernah menjadi asisten Antonio Conte selama sekitar delapan tahun, mulai dari Siena, Juventus, Timnas Italia, hingga Chelsea ini.

Masuknya Angelo Alessio tentu membawa konsekuensi dalam pemilihan pemain. Semua punggawa Macan Kemayoran harus berjuang mendapatkan posisi utama dalam tim.

Namun, rasanya ada beberapa pemain yang boleh berpikir ulang untuk mencari klub lain. Alasannya karena tingkat persaingan yang tinggi di posisi tertentu.

Nah, Bola.net coba merangkum daftar pemain Persija yang sebaiknya pindah untuk menyelamatkan kariernya. Siapa saja mereka? Berikut empat di antaranya.

1 dari 4 halaman

1. Risky Sudirman

Risky Sudirman (c) Garuda Select for Bola.net
Risky Sudirman (c) Garuda Select for Bola.net

Kiper muda ini lebih bijak pindah ke klub lain. Meski cinta mati dengan Persija, tetapi karier sepak bola jangan sampai terhambat.

Apa sebabnya Risky Sudirman harus mencari tantangan di klub lain? Itu karena saat ini Macan Kemayoran punya lima kiper, termasuk anak dari asisten pelatih Persija, Sudirman ini.

Sementara empat kiper lainnya yaitu Andritany Ardhiyasa, Adixi Lenzivio, Beny Yoewanto Stya, dan Cahya Supriadi. Jadi mumpung masih muda, waktunya Risky mencari pelabuhan lain.

2 dari 4 halaman

2. Maman Abdurrahman

Maman Abdurrahman (c) Fitri Apriani
Maman Abdurrahman (c) Fitri Apriani

Musim lalu, kontrak Maman Abdurrahman sempat tidak diperpanjang Persija. Tapi belakangan, tim Ibu Kota memperpanjangnya.

Apakah itu menandakan tenaga Maman Abdurrahman sudah tidak dibutuhkan. Memang usianya sudah 39 tahun, tetapi masih sanggup untuk bersaing.

Namun di tangan pelatih anyar, mungkin Maman Abdurrahman perlu mencari suasana baru. Pindah ke klub lain yang lebih menjamin posisi utama.

3 dari 4 halaman

3. Rezaldi Hehanusa

Rezaldi Hehanussa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Rezaldi Hehanussa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Di Piala Menpora 2021 kemarin, Rezaldi Hehanusa hanya dapat kesempatan bermain minimal. Bek kiri itu posisinya diisi Novri Setiawan, yang ditarik ke belakang.

Hal itu menjadi tanda tanya karena selama ini Bule, panggilan akrabnya, adalah penguasa sektor pertahanan kiri. Apakah ini pertanda Rezaldi Hehanusa harus mencari klub lain?

Pindah ke tempat lain rasanya juga masuk akal demi menyelamatkan kariernya. Jika sampai susah dapat tempat utama, maka sulit bersaing untuk masuk ke Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

4. Braif Fatari

Braif Fatari, Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus
Braif Fatari, Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Persija, sudah punya penyerang berkualitas seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, dan Osvaldo Haay. Maka dari itu buat pemain muda seperti Braif Fatari, lebih baik mencari pengalaman dulu di klub lain.

Sebab buat pemain muda, yang terpenting adalah menit bermain. Itu supaya mereka punya jam terbang tinggi atau pengalaman untuk bermain di level tertinggi.

Boleh-boleh saja Braif Fatari memilih bertahan dan berjuang mendapatkan tempat utama di Persija. Tapi jika gagal, bisa jadi malah buang-buang waktu.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR