BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

4 Pemain Kunci PSS Sleman untuk Repotkan Persib Bandung: Bukan Hanya Irfan Jaya!

22-10-2021 11:43 | Asad Arifin

Pemain PSS Sleman, Mario Maslac, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Pemain PSS Sleman, Mario Maslac, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC pada laga BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (19/9/2021). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - PSS Sleman bakal berjumpa Persib Bandung pada pekan ke-8 BRI Liga 1 2021/2022, Jumat (22/10/2021) malam WIB. Kedua tim punya modal yang cukup bagus jelang duel yang digelar di Stadion Manahan tersebut.

PSS Sleman mampu meraih kemenangan krusial atas Barito Putera 3-2. Kemenangan dramatis tersebut membuat tim berjulukan Elang Jawa sedikit lepas dari tekanan hebat di seri pertama.

Sementara Persib Bandung sukses mempecundangi Bhayangkara FC yang notabene pemuncak klasemen. Tim berjulukan Maung Bandung unggul 2-0 di Magelang pada pekan ketujuh.

Praktis membuat duel antara Persib kontra PSS Sleman di Solo nanti bakal berjalan sengit dan ketat. Menarik untuk disimak siapa saja empat penggawa PSS yang akan merepotkan Persib. Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Mario Maslac

BRI Liga 1: Pemain PSS Sleman, Mario Maslac (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan
BRI Liga 1: Pemain PSS Sleman, Mario Maslac (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Mario Maslac berhasil mencuri perhatian dari pelatih Dejan Antonic sebagai palang pintu pertahanan PSS. Pemain berpaspor Serbia itu mulai konsisten mengawal pertahanan dengan baik.

Pemain berusia 30 tahun tersebut mulai nyetel dengan permainan PSS. Khususnya mengamankan wilayah pertahanan di depan penjaga gawang Ega Rizky atau Miswar Saputra. Ia tak segan-segan untuk menyapu bola yang mengancam daerahnya.

Dengan postur tinggi dan besar, Mario Maslac sering memenangi duel dengan striker lawan, termasuk bola udara. Ia tidak hanya piawai sebagai pemain belakang. Maslac juga rajin membantu penyerangan dengan mencetak gol melalui skema set piece.

Hal itu sudah dilakukannya ketika PSS mengalahkan Barito Putera di pertandingan sebelumnya. Sejauh ini Mario Maslac menyumbang satu gol dan tampil prima. Di laga nanti, Mario Maslac akan menjadi lawan sepadan untuk mengawal striker bomber Persib, Wander Luiz.

2 dari 4 halaman

Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain PSS Sleman, Kim Kurniawan (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar
Pemain PSS Sleman, Kim Kurniawan (c) Bola.com/Ikhwan Yanuar

Nama Kim Jeffrey Kurniawan bakal menjadi kartu As bagi PSS khususnya saat meladeni Persib. Sejak awal tahun 2021 ia didatangkan PSS dari Persib.

Sehingga jelas sosoknya bakal hafal luar dalam permainan Persib, mengingat ia sudah beberapa musim menjadi bagian dari tim Ibukota Jawa Barat itu. Kim Jeffrey Kurniawan juga menunjukkan performa apik di PSS.

Tidak banyak waktu yang ia perlukan untuk mengisi tempat di tim utama, khusunya sektor gelandang. Pemain blasteran Indonesia-Jerman itu memiliki statistik individu tertinggi dan selalu bermain dalam tujuh pertandingan beruntun.

Kemampuannya paling terlihat adalah bermain dengan respons cepat, terutama melakukan umpan tik-tak satu dua sentuan yang menjadi ciri khasnya. Ia juga piawai dalam memberikan umpan-umpan kunci terukur melalui kaki kiri.

3 dari 4 halaman

Irfan Jaya

Keunggulan Barito Putera hanya bertahan beberapa detik. PSS Sleman dengan sigap membalas lewat Irfan Jaya pada menit ke-18. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Keunggulan Barito Putera hanya bertahan beberapa detik. PSS Sleman dengan sigap membalas lewat Irfan Jaya pada menit ke-18. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Sosok penyerang sayap yang resmi menjadi tumpuan serangan PSS dari sektor sayap. Pesonanya semakin berkibar setelah rajin mencetak gol untuk PSS.

Terutama di pertandingan sebelumnya saat PSS menumbangkan Barito Putera, Irfan Jaya memborong dua gol. Statusnya sebagai penggawa Timnas Indonesia semakin membuatnya percaya diri.

Irfan Jaya tidak hanya diplot sebagai penyerang sayap kanan, namun ia juga bisa beroperasi di sektor kiri. Selain punya daya jelajah tinggi, pemain berusia 25 tahun itu juga punya insting predator di wilayah pertahanan lawan.

Lini belakang Persib terutama bek kirinya, wajib mewaspadai satu pemain ini. Tidak hanya punya kecepatan dan kelincahan, Irfan Jaya juga dibekali kemampuan tendangan bola mati yang baik.

4 dari 4 halaman

Eduardo Barbosa

Gelandang PSS Sleman, Eduardo Barbosa (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi
Gelandang PSS Sleman, Eduardo Barbosa (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Lini tengah PSS mulai terlihat hidup setelah kedatangan Eduardo Jose Barbosa atau Juninho pada pekan ketiga BRI Liga 1. Yaitu saat PSS menumbangkan Arema FC dengan kemenangan 2-1, yang menjadi debut istimewa.

Ia mengunci gol kemenangan timnya ke gawang Arema pada menit ke-80. Memanfaatkan umpan matang Wahyu Sukarta dari skema serangan balik cepat. PSS sendiri memastikan kemenangan 2-1 atas Arema.

Nama Juninho kembali bersinar saat menjadi penentu kemenangan PSS atas Barito Putera. Pemain berusia 26 tahun itu punya lari kencang dan penyelesaian akhir yang baik untuk mencetak gol.

Juninho menjadi alternatif untuk lini depan PSS, setelah sempat kesulitan mencari seorang goal getter sejati. Lini pertahanan Persib yang kemungkinan dikawal Nick Kuippers dan Victor Igbonefo wajib menghentikan satu pemain ini.

Disadur dari Bola.com: Aryo Atmaja/Yus Mei Sawitri, 22 Oktober 2021

KOMENTAR