BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

3 Pemain Pilar Timnas Indonesia U-19 yang Bisa Bikin Repot Bulgaria U-19

05-09-2020 13:31 | Asad Arifin

Pemain Timnas Indonesia U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melawan Timor Leste pada laga Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu, (6/11/2019). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Pemain Timnas Indonesia U-19 menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melawan Timor Leste pada laga Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu, (6/11/2019). (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga uji coba melawan Bulgaria U-19 hari ini, Sabtu (5/9/2020) malam WIB dalam rangkaian pemusatan latihan di Eropa. Laga ini akan digelar di di Sveti Martin na Muri, Medimurje County, Kroasia.

Pelatih Shin Tae-yong hanya ingin melihat hasil dari pemusatan latihan timnya di Jakarta dan Kroasia.

"Saat ini, tim masih berproses. Latihan fisik dengan intensitas tinggi. Jadi, kami tidak mengincar kemenangan pada pertandingan nanti. Kami hanya ingin melihat sejauh mana perkembangan pemain," kata Shin Tae-yong dinukil dari laman PSSI.

"Jadi, laga nanti akan menjadi pertandingan yang tidak mudah bagi kami. Namun, kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses," kata arsitek asal Korea Selatan tersebut.

Bulgaria telah lebih dulu melakoni International U-19 Friendly 2020 dibandingkan Timnas Indonesia U-19. Namun, ketika menghadapi tuan rumah Kroasia pada Rabu (2/9/2020) di Sveti Martin na Muri, pasukan Angel Stoykov ini takluk 2-3.

"Skuad Bulgaria U-19 besar dan tinggi secara postur. Secara fisik, stamina mereka juga bagus. Intinya, pertandingan nanti memang tidak mudah untuk kami. Namun, kami melakukan pemusatan latihan di Eropa untuk mencari pengalaman dan perkembangan tim," imbuh Shin Tae-yong.

Partai melawan Bulgaria U-19 tidak akan mudah bagi Timnas Indonesia U-19. Untuk Shin Tae-yong, pertandingan nanti juga bakal menjadi debutnya sebagai pelatih di gelaran kompetitif.

Kendati tidak menargetkan kemenangan, bukan berarti Shin Tae-yong akan pasrah melihat timnya menjadi bulan-bulanan lawan. Berikut tiga pemain Timnas Indonesia U-19 yang bisa mengejutkan Bulgaria U-19.

1 dari 3 halaman

Bagas Kaffa

Bagas Kaffa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Bagas Kaffa (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Posisi Bagas Kaffa tidak tergantikan di Timnas Indonesia U-19. Mulai dari era Fakhri Husaini hingga Shin Tae-yong, bek berusia 18 tahun tersebut paten di posisinya sebagai bek sayap kanan.

Sebagai bek sayap, permainan Bagas begitu eksplosif. Saudara laki-laki dari Bagus Kahfi ini rajin membantu serangan, selain berfungsi sebagai penghalau serangan lawan.

Bagas diyakini akan menjadi pilihan utama Shin Tae-yong pada posisi bek sayap kanan saat melawan Bulgaria. Kemampuannya yang lengkap sebagai bek sayap bakal membantu Timnas Indonesia U-19, terutama ketika membantu serangan.

2 dari 3 halaman

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan Witan Sulaeman (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Tanpa Fajar Fathur Rahman, Witan Sulaeman akan diandalkan di sisi sayap. Pemain berusia 18 tahun ini bakal menjadi motor didorong untuk mengacak-acak lini pertahanan Bulgaria bermodalkan skill individunya.

Selain di posisi sayap, Witan sesungguhnya bisa diplot sebagai gelandang serang maupun penyerang lubang. Namun, karena kecepatannya, pesepak bola asal FK Radnik Surdulica ini akan lebih klop jika ditaruh sebagai pemain sayap.

Di usianya yang masih hijau, pengalaman Witan juga telah menumpuk. Mantan pemain PSIM Yogyakarta ini telah membela Timnas Indonesia U-19 sejak 2017 dan sempat memperkuat Timnas Indonesia U-22 pada 2020.

3 dari 3 halaman

Jack Brown

Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, saat mengikuti internal games di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020). (c) Bola.com/Yoppy Renato Pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown, saat mengikuti internal games di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (15/1/2020). (c) Bola.com/Yoppy Renato

Persaingan lini tengah, terutama di pos gelandang serang Timnas Indonesia U-19 akan seru. Di sana bercokol dua pemain kreatif, Beckham Putra Nugraha dan Jack Brown.

Jika Beckham Putra telah membuktikan kemampuannya di Timnas Indonesia U-19, Jack Brown masih misterius. Baru kali ini gelandang berusia 18 tahun tersebut berhasil menembus skuad utama.

Jack Brown berasal dari Lincoln City U-18, klub yang bermain di kasta ketiga kompetisi U-18 di Inggris. Mampu berkiprah di Negeri Ratu Elizabeth, kualitas pemain alumnus Manchester United Soccer School (MUSS) pada 2006 ini bukan kaleng-kaleng.

Partai melawan Bulgaria U-18 kemungkinan akan menjadi pertandingan pertama Jack Brown berseragam Merah-Putih. Menarik menanti polesan Shin Tae-yong terhadap saudara laki-laki George Brown ini.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa/Benediktus Gerendo, 5 September 2020)

KOMENTAR