BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

3 Kunci Sukses Vietnam Bantai Timnas Indonesia: Ubah Formasi Hingga Incar Sisi Kanan

08-06-2021 09:15 | Asad Arifin

Park Hang-Seo (c) VFF Park Hang-Seo (c) VFF

Bola.net - Vietnam menang telak atas Timnas Indonesia pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (7/6/2021) malam WIB. Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, mengaku ada tiga keputusan yang menjadi kunci sukses pasukannya menang telak.

Vietnam meraih kemenangan telak 4-0 atas Timnas Indonesia pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Selasa (8/6/2021) dini hari WIB, di Stadion Al-Maktoum.

Timnas Indonesia mendapatkan gempuran bertubi-tubi dari Vietnam pada babak pertama. Namun, situasi itu berhasil diantisipasi dengan baik oleh barisan lini pertahanan Timnas Indonesia.

1 dari 3 halaman

Ubah Formasi

Vietnam yang awalnya menggunakan skema 3-4-3 dengan Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, dan Nguyen Van Toan di lini serang. Pada awal babak kedua, skema permainan Vietnam berubah menjadi 3-5-2 seiring masuknya Nguyen Cong Puong.

"Kami biasanya bermain dengan skema 3-4-3. Namun, pada pertandingan melawan Timnas Indonesia kami bertekad meraih kemenangan sehingga saya mengubah skema menjadi 3-5-2," kata Park Hang-seo.

2 dari 3 halaman

Sisi Kanan dan Tendangan dari Luar Kotak Penalti

Selain itu, Park Hang-seo juga memberikan instruksi untuk terus menekan sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Situasi itu berhasil membuat Vietnam mengamuk dan mencetak empat gol melalui Nguyen Tien Linh (51'), Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong (67'), dan Vu Van Thanh (74').

"Saya juga meminta para pemain untuk menekan sisi kanan. Mereka melakukannya dengan baik. Pada babak kedua, saya mengatakan kepada tim untuk lebih sering melepaskan tembakan dari jarak menengah," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

3 dari 3 halaman

Tak Ingin Buru-buru

Kemenangan atas Timnas Indonesia membuat Vietnam makin di atas angin. Dengan sisa dua pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, peluang Vietnam melaju ke babak ketiga terbuka lebar.

Vietnam menyisakan dua pertandingan melawan Malaysia (11/6/2021) dan Uni Emirat Arab (15/6/2021). Secara matematis, Vietnam hanya cukup memenangi satu dari dua laga itu untuk memastikan diri ke babak selanjutnya.

"Kami memiliki dua pertandingan sisa dan harus memenangi satu di antaranya. Seluruh tim tidak akan terburu-buru untuk meraih kemenangan. Kami akan bekerja keras untuk pertandingan selanjutnya," tegas Park Hang-seo.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Benediktus Gerendo, 8 Juni 2021)

KOMENTAR