BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

3 Duo Paling Ikonik Sejak Era Liga Indonesia di Persib Bandung: Ada Pasangan Upin Ipin

16-07-2021 15:07 | Asad Arifin

Supardi Nasir (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Supardi Nasir (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Duo Leonardo Bonucci dan Girgio Chiellini mendapat banyak pujian usai membawa Italia juara Euro 2020. Mereka dianggap menjadi salah satu kunci sukses tim racikan Roberto Mancini itu karena punya kekompakan yang luar biasa.

Dari Italia, kita beralih ke Persib Bandung. Persib juga pernah punya beberapa duo tangguh di lini belakang. Bukan melulu pasangan bek tengah, tapi ada juga pasangan bek sayap.

Sejak era Liga Indonesia bergulir, Persib memiliki pasangan maut baik di lini belakang hingga penyerang. Redaksi mencoba merangkum duet-duet maut yang pernah dimiliki Persib Bandung. Siapa saja? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Victor Igbonefo dan Bojan Malisic

Bojan Malisic (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan
Bojan Malisic (c) Bola.com/M Iqbal Ichsan

Duet ini menjadi andalan Persib Bandung di lini pertahanan. Kolaborasi keduanya mampu membawa Persib meraih juara paruh musim pada kompetisi Liga 1 2018.

Tidak hanya itu, Persib Bandung mencatatkan rekor kebobolan paling sedikit dengan 16 gol dari 17 pertandingan. Catatan ini disamai oleh Perseru Serui, tapi Persib unggul dalam produktivitas gol.

Dengan torehan tersebut, skuad Maung Bandung digadang-gadang menjadi kandidat juara Liga 1 2018. Sayang, performa Persib tidak konsisten sehingga terlempar ke posisi empat dalam klasemen akhir Liga 1 2018.

Kebersamaan kedua pemain tidak bertahan lama. Victor Igbonefo kemudian memutuskan hengkang dan bergabung dengan klub Liga Thailand, PTT Rayong, pada musim 2019.

2 dari 3 halaman

Supardi Nasir dan M Ridwan

Bek Persib, Supardi Nasir, mengontrol bola saat melawan Persija pada laga Liga 1 di Stadion GBLA Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2017). Kedua klub bermain imbang 1-1. (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna
Bek Persib, Supardi Nasir, mengontrol bola saat melawan Persija pada laga Liga 1 di Stadion GBLA Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/7/2017). Kedua klub bermain imbang 1-1. (c) Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Kolaborasi pasangan ini sudah terjalin di Persib Bandung pada musim 2012/2013. Supardi Nasir dan Muhammad Ridwan didatangkan manajemen Persib dari Sriwijaya FC.

Selama memperkuat Persib, Supardi Nasir dipercaya mengisi posisi bek kanan. Sementara itu, M Ridwan berada di posisi sayap kanan, atau lebih di depan.

Aksi keduanya di sisi lapangan saling melengkapi. Supardi Nasir dan M. Ridwan tidak hanya pintar dalam mengobrak-abrik pertahanan lawan, tapi juga kuat dalam bertahan.

Akhirnya duet ini membawa Persib Bandung menjuarai Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015. Bahkan bobotoh sempat memberikan julukan bagi duet Supardi Nasir dan M Ridwan dengan sebutan Upin dan Ipin.

3 dari 3 halaman

Achmad Jufriyanto dan Vladimir Vujovic

Vladimir Vujovic (c) Goal.com
Vladimir Vujovic (c) Goal.com

Duet ini terbentuk pada kompetisi Indonesia Super League 2013/2014. Jupe, sapaan karib Achmad Jufriyanto, dan Vladimir Vujovic menjadi benteng kukuh pertahanan Persib Bandung.

Kedua pemain berjasa besar mengantarkan Persib merebut trofi juara Indonesia Super League 2014 dan Piala Presiden 2015. Duet ini tidak hanya andal dalam mematahkan serangan lawan, tapi juga bisa memecah kebuntuan.

Bobotoh pasti ingat dengan momen Vladimir Vujovic yang mencetak gol penyeimbang kedudukan saat melawan Arema FC di semifinal ISL 2014. Gol Vladimir Vujovic ke gawang Singo Edan membuat motivasi skuad Maung Bandung bangkit. Akhirnya Persib melaju ke partai final setelah menang dengan skor 3-1.

Ketangguhan Jupe dan Vlado, sapaan Vujovic, ternyata tidak lepas dari chemistry di luar lapangan. Keduanya kerap pergi bersama setelah sesi latihan tim berakhir.

Jupe dan Vlado berpisah pada musim 2016. Jupe memutuskan hijrah ke Sriwijaya FC sebelum kembali ke Persib pada Liga 1 2017.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Muhammad Faqih/Benediktus Gerendo, 16 Juli 2021)

KOMENTAR