0 Gol dan 0 Assist di BRI Liga 1, Ini Alasan Shin Tae-yong Panggil Muhammad Rafli ke Timnas Indonesia

Serafin Unus Pasi | 23 September 2022, 17:20
0 Gol dan 0 Assist di BRI Liga 1, Ini Alasan Shin Tae-yong Panggil Muhammad Rafli ke Timnas Indonesia
Ekspresi M Rafli pada laga uji coba antara Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Jalak Harupat (c) M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya memanggil pemain Arema FC, Muhammad Rafli untuk pertandingan melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Keputusan Shin Tae-yong menyertakan Rafli ke Timnas Indonesia diragukan sejumlah pihak di media sosial karena performa sang pemain di BRI Liga 1 2022/2023.

Penyerang berusia 23 tahun itu masih nihil gol dalam enam penampilannya bersama Arema FC. Ia juga belum membuat assist.

Dari enam pertandingan itu, Rafli sekali bermain menjadi starter dan sisanya berangkat dari bangku cadangan dengan total 191 menit.

1 dari 2 halaman

Percaya Rafli

Shin Tae-yong masih memercayai Rafli karena telah mengetahui kualitas dari menantu Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto dalam beberapa kali pemusatan latihan (TC) di Timnas Indonesia.

"Saya memercayai Rafli dan selama ini sudah beberapa kali TC dan turnamen dengan dia juga," ujar Shin Tae-yong, saat sesi jumpa pers, Jumat (23/9).

"Saya melihat dia mempunyai potensi. Memang saat ini tidak begitu baik secara performa di kompetisi," katanya menambahkan.

2 dari 2 halaman

Abaikan Statistik

Shin Tae-yong malah mengabaikan sejumlah pemain di lini depan yang secara statistik jauh lebih baik dari Rafli.

Penyerang Borneo FC, Ahmad Nur Hardianto yang telah mencetak empat gol dan winger Persita Tangerang, Wildhan Ramdani yang juga menorehkan gol yang sama, masih belum dilirik Shin Tae-yong.

"Saya sebagai pelatih dalam membuat tim itu melihat secara keseluruhan, bukan hanya satu bagian kecil saja," tutur Shin Tae-yong.

"Jadi jangan ada salah sangka karena saya pasti akan melihat keseluruhan tim, bukan masing-masing pemain," imbuh pelatih asal Korea Selatan ini.

Adapun, pertandingan melawan Curacao pada 24 September 2022 akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Sementara pada 27 September 2022, dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

(Bola.net/Fitri Apriani)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR