Tim Yang Paling Sering Mencetak Hattrick di Liga Champions

Bola.net | 9 Desember 2016, 10:40
Arda Turan dan Lionel Messi (c) AFP
Arda Turan dan Lionel Messi (c) AFP

Bola.net - Pertandingan penyisihan grup Liga Champions 2016-2017 sudah berakhir pada Kamis (08/12/2016). Sebanyak 16 tim terbaik bisa dipastikan melaju ke babak berikutnya.

Pada pertandingan matchday keenam kemarin ada dua pemain yang mampu mencetak hattrick untuk timnya. Mereka adalah bintang Barcelona Arda Turan dan penyerang Arsenal Lucas Perez yang memborong tiga gol melawan Borussia Mochengladbach dan Basel.

Namun, siapa sajakah tim Eropa yang pemainnya paling banyak mencetak hattrick sejak kompetisi ini berganti format pada tahun 1992? Untuk mengetahui jawabannya simak dalam rangkuman berikut ini. (ts/ada)

1 dari 13 halaman

Barcelona

Barcelona selalu menjadi unggulan di Liga Champions dalam setiap musimnya. Pasalnya mereka tercatat sudah memenangkan kompetisi ini sebanyak lima kali.

Lionel Messi adalah pemain sangat penting untuk kubu Barcelona setelah mencetak tujuh hattrick di Liga Champions. Sementara itu, Rivaldo, Ronaldinho, Samuel Eto'o, Neymar dan Arda Turan melakukannya satu kali untuk Barca.
2 dari 13 halaman

Real Madrid

Tak ada yang meragukan prestasi Real Madrid di kompetisi elit antar klub Eropa. Mereka sudah mengoleksi 11 trofi dan tahun ini sedang berusaha mempertahankan gelarnya.

Dari sisi prestasi pemain, Cristiano Ronaldo tentu saja sudah mengemas lima hattrick untuk Madrid, sedang Karim Benzema melakukannya dua kali. Raul dan Ronaldo mencetak dua hattrick sisanya masing-masing melawan Ferencvaros dan Manchester United.
3 dari 13 halaman

Bayern Munchen

Sebagai tim yang bertabur pemain berkualitas, tak mengherankan jika Bayern Munchen sering mencetak hattrick di Liga Champions. Sampai sejauh ini mereka sudah melakukannya tujuh kali.

Pujian pantas diberikan kepada Mario Gomez yang sudah mengemas tiga hattrick bersama Bayern di Liga Champions. Sementara itu, Roy Makaay, Ivica Olic, Claudio Pizarro dan Robert Lewandowski masing-masing mencetak satu hattrick.
4 dari 13 halaman

Arsenal

Arsenal bisa dibilang sudah cukup lama tampil di Liga Champions. Namun, sayangnya mereka belum pernah sekalipun keluar sebagai juara meski pernah menembus final pada tahun 2006.

Di luar itu semua, The Gunners punya banyak pemain hebat yang mampu mencetak hattrick di kompetisi ini. Mereka adalah Thierry Henry, Olivier Giroud, Mesut Ozil, Lucas Perez, Danny Welbeck dan bahkan Nicklas Bendtner.
5 dari 13 halaman

Manchester United

Andy Cole pernah mengantarkan Manchester United menjuarai Liga Champions pada tahun 1999. Ketika itu Setan Merah mengalahkan Bayern Munchen di final dengan cara yang dramatis.

Namun, Cole juga tercatat sebagai satu-satunya pemain MU yang pernah mencetak lebih dari satu hattrick di kompetisi elit Eropa. Pemain lainnya yang berhasil melakukannya adalah Wayne Rooney, Ruud van Nistelrooy, Michael Owen dan Robin van Persie.
6 dari 13 halaman

AC Milan

Sama seperti rival sekotanya, AC Milan juga sudah tidak berlaga di Liga Champions selama beberapa tahun belakangan ini. Meskipun begitu, pemain Rossoneri tercatat cukup banyak yang sanggup mencetak hattrick di kompetisi ini.

Marco Van Basten, Marco Simone, Filippo Inzaghi, Andriy Shevchenko dan Kaka pernah memborong tiga gol dalam satu pertandingan untuk klub Italia tersebut.
7 dari 13 halaman

Valencia

Valencia ternyata juga cukup sering mencetak hattrick di Liga Champions. Sampai sejauh ini mereka mampu melakukannya lima kali.

Roberto Soldado menorehkan dua hattrick selama bermain di Mestalla. Selain itu juga ada Gerard Lopez, Fernando Morientes dan Joseba Llorente yang melakukannya.
8 dari 13 halaman

Juventus

Siapa yang tidak kenal dengan Filippo Inzaghi? Ia memenangkan Liga Champions dua kali bersama AC Milan.

Inzaghi pernah mencetak hattrick dua kali saat memperkuat Juventus saat melawan Dynamo Kiev dan Hamburg. Sementara itu, legenda Bianconeri Alessandro del Piero mengemas satu melawan AS Monaco pada 1998 dan Arturo Vidal melakukannya sekali melawan Copenhagen pada 2013.
9 dari 13 halaman

Shakhtar Donetsk

Luiz Adriano pernah menjadi striker yang menakutkan kala berseragam Shakhtar Donetsk. Pemain Brasil itu mampu mengemas tiga hattrick untuk klub Ukraina tersebut dan dua di antaranya dilesakkan ke gawang BATE Borisov.

Pemain Donetsk lainnya yang berhasil mencetak hattrick di Liga Champions adalah Jadson. Ia melakukannya saat berhadapan dengan Basel pada tahun 2008.
10 dari 13 halaman

Inter Milan

Inter Milan belakangan ini terlihat cukup kesulitan untuk kembali tampil di Liga Champions. Meskipun begitu, mereka pernah punya striker hebat yang sudah mengemas tiga hattrick di kompetisi ini.

Bomber Brasil Adriano mencetak dua hattrick untuk raksasa Italia itu pada tahun 2005. Selain itu, Samuel Eto'o juga pernah melakukannya sekali pada tahun 2010 saat mencoba mempertahankan Si Kuping Besar.
11 dari 13 halaman

Manchester City

Manchester City bisa dibilang tim yang belum punya cukup banyak pengalaman di Liga Champions. Meskipun begitu, mereka sudah mampu mengemas tiga hattrick di kompetisi elit Eropa tersebut.

Alvaro Negredo adalah pemain City pertama yang melakukannya pada tahun 2013 saat berhadapan dengan CSKA Moscow. Setelah itu ada Sergio Aguero yang menorehkan dua kali saat melawan Bayern Munchen dan Borussia Monchengladbach.
12 dari 13 halaman

Marseille

Marseille tercatat sebagai tim pertama yang memenangkan kompetisi Eropa setelah berganti format Liga Champions. Di partai final mereka mampu mengalahkan AC Milan dengan skor tipis 1-0.

Tiga pemain dari klub Prancis itu sudah menorehkan prestasi yang membanggakan di Liga Champions dengan mencetak hattrick. Mereka adalah Franck Sauzee, Didier Drogba dan Andre-Pierre Gignac.
13 dari 13 halaman

PSV Eindhoven

Klub Belanda ini mungkin sekarang dianggap tim yang kurang diperhitungkan di Liga Champions. Meskipun begitu, mereka pernah memenangkan kompetisi ini pada format lama yaitu pada musim 1987-1988.

Dalam sepanjang sejarahnya mengikuti Liga Champions, hanya ada tiga pemain yang berhasil mencetak hattrick untuk PSV. Mereka adalah Romario, Ruud van Nistelrooy dan Juul Ellerman.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR