BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Rekrutan Termahal Jose Mourinho: Bisa Juara UCL Gak Ya?

20-04-2021 15:30 | Aga Deta

Starting XI Rekrutan Termahal Jose Mourinho: Bisa Juara UCL Gak Ya?
Jose Mourinho (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Jose Mourinho kini tidak lagi menjabat sebagai manajer Tottenham. The Special One dipecat seiring hasil buruk yang diraih oleh Spurs belakangan ini.

Sebelum menangani Spurs, Mourinho meraih kesuksesan bersama Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid dan Manchester United. Dia mampu memenangkan banyak gelar di sana.

Kesuksesan Mourinho tentu saja tidak lepas dari rekrutan pemainnya. Mourinho banyak membeli pemain-pemain yang berkualitas.

Pemain-pemain rekrutan Mourinho tentu saja tidak semuanya didapat dengan harga murah. Banyak juga dari mereka yang harus ditebus dengan biaya cukup besar.

Dengan menggunakan formasi 4-2-3-1, inilah starting XI pembelian termahal Jose Mourinho.

1 dari 11 halaman

Kiper: Petr Cech

Petr Cech (c) AFP Petr Cech (c) AFP

Petr Cech dibeli Chelsea dari Rennes pada tahun 2004 sebesar 13 juta euro. Kiper asal Ceko tersebut kemudian menjelma menjadi kiper utama The Blues selama bertahun-tahun.

Cech berhasil membantu Chelsea meraih berbagai macam trofi bergengsi termasuk Premier League, Liga Europa dan Liga Champions. Dia memperkuat The Blues selama 11 tahun sebelum mengakhiri kariernya di Arsenal.

2 dari 11 halaman

Bek Kiri: Fabio Coentrao

Fabio Coentrao (c) AFP Fabio Coentrao (c) AFP

Setelah tampil impresif bersama Benfica dan di Piala Dunia 2010, Fabio Coentrao diboyong Jose Mourinho ke Real Madrid. Coentrao bergabung dengan Madrid pada tahun 2011 dengan biaya 30 juta euro.

Namun, kontribusi pemain Portugal itu selama berada di Santiago Bernabeu tidak terlalu menonjol. Coentrao lebih sering menghabiskan waktunya di ruang perawatan dan bangku cadangan Madrid.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah: Eric Bailly

Bek sentral Manchester United, Eric Bailly (c) AP Photo Bek sentral Manchester United, Eric Bailly (c) AP Photo

Banyak yang terkejut saat Jose Mourinho mengeluarkan 38 juta euro untuk mendatangkan Eric Bailly pada musim panas 2016. Bailly didatangkan ke Manchester United dari klub Spanyol Villarreal.

Kiprah Bailly bersama Setan Merah selama ini sering diganggu oleh cedera. Meskipun begitu, pemain asal Pantai Gading tersebut bisa diandalkan untuk mengawal lini belakang Manchester United.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah: Victor Lindelof

Victor Lindelof (c) AP Photo Victor Lindelof (c) AP Photo

Manchester Ujited merekrut Victor Lindelof pada musim panas 2017. Bek asal Swedia tersebut ditebus dari Benfica dengan biaya yang mencapai 35 juta euro.

Sejauh ini, Lindelof mampu tampil reguler di jantung pertahanan Setan Merah. Pemain berusia 26 tahun tersebut sudah mencatatkan 115 penampilan di semua kompetisi untuk klub.

5 dari 11 halaman

Bek Kanan: Juan Cuadrado

Juan Cuadrado (c) CFC Juan Cuadrado (c) CFC

Jose Mourinho merekrut Juan Cuadrado ketika menangani Chelsea. Pemain asal Kolombia itu datang ke Stamford Bridge pada musim dingin 2015 dengan biaya 31 juta euro dari Fiorentina.

Namun, Cuadrado tak mendapat kesempatan bermain reguler di Chelsea. Dia hanya tampil 15 kali bersama The Blues sebelum kembali ke Serie A dengan bergabung Juventus.

6 dari 11 halaman

Gelandang Tengah: Paul Pogba

Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Paul Pogba memutuskan kembali ke Manchester United pada musim panas 2016. Kepindahan pemain Prancis itu dengan menyandang status pemain termahal dunia setelah ditebus dengan biaya 105 juta euro.

Pogba sudah membantu Manchester United meraih gelar Piala Liga dan Liga Europa. Kini gelandang berusia 28 tahun tersebut menjadi andalan Ole Gunnar Solskjaer di lini tengah Setan Merah.

7 dari 11 halaman

Gelandang Tengah: Fred

Ekspresi Fred usai membobol gawang Tottenham, Minggu (11/4/2021) (c) Pool AFP via AP Photo Ekspresi Fred usai membobol gawang Tottenham, Minggu (11/4/2021) (c) Pool AFP via AP Photo

Fred dibeli dengan harga yang sangat mahal dari Shakhtar Donetsk. Manchester United mengeluarkan 59 juta euro untuk mendapatkan pemain asal Brasil tersbut.

Fred tidak mampu menembus tim inti United pada era Jose Mourinho. Akan tetapi, Fred kini menjadi salah satu pilar penting di lini tengah Setan Merah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

8 dari 11 halaman

Winger Kiri: Alexis Sanchez

Alexis Sanchez (c) AFP Alexis Sanchez (c) AFP

Alexis Sanchez bergabung dengan Manchester United pada Januari 2018 lalu. Sanchez didatangkan Setan merah dari Arsenal dengan biaya yang mencapai 34 juta euro.

Sanchez datang ke Old Trafford dengan ekspektasi tinggi. Sayangnya, Sanchez tidak mampu memberikan dampak yang signifikan di klub. Ia hanya mencetak 5 gol dan 9 assist dari 45 pertandingan sebelum dilepas ke Inter Milan.

9 dari 11 halaman

Gelandang Serang: Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan (c) AFP Henrikh Mkhitaryan (c) AFP

Henrikh Mkhitaryan tampil sangat bagus di Borussia Dortmund selama tiga musim. Jose Mourinho pun membelinya seharga 42 juta euro pada awal musim 2016-2017.

Mkhitaryan gagal beradaptasi dengan sepak bola Inggris dan performanya tak cukup bagus. Mourinho akhirnya melepas Mkhitaryan ke Arsenal pada Januari 2018, ditukar dengan Alexis Sanchez.

10 dari 11 halaman

Winger Kanan: Willian

Willian (c) AFP Willian (c) AFP

Willian bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2013 meski diminati oleh Tottenham dan Liverpool. Tranfer Willian ke Stamford Bridge memakan biaya sebesar 35,5 juta euro.

Bintang asal Brasil itu menjalani karir yang cukup bagus di Chelsea setelah ikut memenangkan dua gelar Premier League, satu Piala Liga dan satu Liga Europa. Willian meninggalkan The Blues pada tahun 2019 dan saat ini berada di Arsenal.

11 dari 11 halaman

Striker: Romelu Lukaku

Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Southampton. (c) AP Romelu Lukaku merayakan golnya ke gawang Southampton. (c) AP

Romelu Lukaku bergabung dengan Mancheser United setelah tampil cukup tajam bersama Everton. Dia datang ke markas Setan Merah dengan mahar sebesar 84,7 juta euro.

Pemain asal Belgia itu mampu mencetak 42 gol dari 96 pertandingan untuk Setan Merah. Setelah tak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer, Lukaku dilepas ke Inter Milan dengan harga 65 juta euro pada Agustus 2019.

Sumber: Transfermarkt



KOMENTAR

Editorial Lainnya