BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Starting XI pada Laga Debut Pertama Ronaldo di MU: Ada Eks Persebaya

10-09-2021 13:14 | Aga Deta

Starting XI pada Laga Debut Pertama Ronaldo di MU: Ada Eks Persebaya
Reaksi Cristiano Ronaldo ketika membela Manchester United pada 15 April 2009 melawan Porto di leg kedua perempat final Liga Champions 2009. (c) AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo bersiap melakukan debut kedua untuk Manchester United pada akhir pekan ini. Dia berpeluang tampil melawan Newcastle United di Old Trafford.

Ronaldo kembali ke Manchester United pada musim panas ini. Bintang Portugal tersebut diboyong dari Juventus dengan biaya transfer senilai 15 juta euro plus biaya tambahan senilai 8 juta euro.

Sebelumnya, Ronaldo pernah memperkuat Setan Merah pada periode 2003 hingga 2009. Dia berhasil memenangkan tiga gelar Premier League plus satu trofi Liga Champions.

Pada periode pertamanya di Old Trafford, Ronaldo melakukan debut untuk MU pada 16 Agustus 2003. Dia masuk menggantikan Nicky Butt dalam pertandingan melawan Bolton Wanderers.

Lalu, siapa saja pemain yang mengisi starting XI Manchester United pada saat debut Ronaldo tersebut? Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Kiper: Tim Howard

Tim Howard (c) MUFC
Tim Howard (c) MUFC

Tim Howard bergabung dengan Manchester United pada tahun 2003 sebagai pengganti Fabien Barthez. Dia bermain di Old Trafford selama tiga musim sebelum dipinjamkan ke Everton pada tahun terakhir kontraknya.

Kiper asal Amerika Serikat itu mencatatkan 77 penampilan di semua kompetisi bersama Setan Merah. Dia pindah permanen ke Everton pada musim berikutnya dan menghabiskan sembilan tahun di Goodison Park.

2 dari 14 halaman

Bek Kanan: Phil Neville

Produk akademi Manchester United, Phil Neville melakukan debutnya di tim utama pada 1994. Pria asal Inggris tersebut bermain untuk Setan Merah hingga tahun 2005.

Neville mencatatkan 378 penampilan di Old Trafford. Neville kemudian menghabiskan delapan musim di Everton sebelum pensiun dari sepakbola profesional pada 2013.

3 dari 14 halaman

Bek Tengah: Rio Ferdinand

Rio Ferdinand (c) AFP
Rio Ferdinand (c) AFP

Rio Ferdinand bergabung dengan Manchester United pada 2002 dari Leeds United. Ditebus sebesar 30 juta pounds, kedatangannya memecahkan rekor biaya transfer saat itu.

Ferdinand menghabiskan 12 tahun di Old Trafford. Dia membuat 455 penampilan sebelum pindah ke Queens Park Rangers pada 2014.

4 dari 14 halaman

Bek Tengah: Mikael Silvestre

Mikael Silvestre bergabung dengan Manchester United pada 1999 dari Inter Milan. Bek asal Prancis tersebut bermain selama sembilan musim di Old Trafford.

Silvestre mengenakan seragam MU dalam 361 pertandingan di berbagai ajang. Setelah itu, Silvestre melanjutkan kariernya di Arsenal.

5 dari 14 halaman

Bek Kiri: Quinton Fortune

Quinton Fortune (c) AFP
Quinton Fortune (c) AFP

Quinton Fortune didatangkan Manchester United pada 1999 dari klub Spanyol Atletico Madrid. Pemain Afrika Selatan itu bermain di Old Trafford selama tujuh musim.

Fortune membuat 127 penampilan bersama Setan Merah. Setelah dari Manchester United, Fortune pernah bermain untuk Bolton Wanderers, Brescia, Tubize dan Doncaster Rovers.

6 dari 14 halaman

Gelandang: Roy Keane

Roy Keane saat masih aktif bermain di Manchester United. (c) AFP
Roy Keane saat masih aktif bermain di Manchester United. (c) AFP

Roy Keane merupakan mantan kapten Manchester United. Dia bergabung dengan Setan Merah pada 1993 dan bermain hingga 2005.

Setelah meninggalkan Setan Merah, Keane melanjutkan kariernya di Celtic selama satu musim sebelum pensiun. Dia terlibat dalam 470 pertandingan di semua kompetisi bersama MU.

7 dari 14 halaman

Gelandang: Nicky Butt

Nicky Butt mencatatkan debut di Manchester United pada tahun 1992. Dia kemudian menghabiskan 12 tahun bersama Setan Merah.

Butt memutuskan pindah ke Newcastle United pada 2004. Pria asal Inggris tersebut terjun dalam 384 pertandingan di semua kompetisi untuk MU.

8 dari 14 halaman

Gelandang: Paul Scholes

Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United
Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United

Paul Scholes merupakan lulusan akademi Manchester United lainnya. Setelah menembus tim utama pada 1993, Scholes hanya memperkuat Setan Merah dalam sepanjang kariernya.

Scholes membela Setan Merah dalam 710 pertandingan dengan torehan 152 gol dan 74 assist. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut memutuskan pensiun pada 2013.

9 dari 14 halaman

Sayap Kanan: Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer (c) MUFC
Ole Gunnar Solskjaer (c) MUFC

Ole Gunnar Solskjaer bergabung dengan Manchester United dari Molde pada 1996. Dia tercatat bermain untuk Setan Merah selama 11 musim.

Selama 11 tahun itu, Solskjaer berhasil mencetak 126 gol dari 365 penampilan. Itu termasuk gol bersejarah dalam final Liga Champions 1999.

10 dari 14 halaman

Sayap Kiri: Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) AFP
Ryan Giggs (c) AFP

Seperti Paul Scholes, Ryan Giggs bermain di Manchester United dalam sepanjang kariernya. Pria asal Wales tersebut bermain untuk Setan Merah selama 24 tahun.

Giggs mencatatkan 936 penampilan di semua kompetisi selama berada di Old Trafford. Hal itu membuatnya menjadi pemain Manchester United dengan caps terbanyak sepanjang masa.

11 dari 14 halaman

Striker: Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy (c) AFP
Ruud van Nistelrooy (c) AFP

Ruud van Nistelrooy bergabung dengan Manchester United dari PSV pada 2001. Penyerang legendaris Belanda itu mencetak 150 gol dari 219 penampilan di Old Trafford.

Van Nistelrooy meninggalkan Manchester United pada tahun 2006. Dia kemudian melanjutkan kariernya di Real Madrid, Hamburg dan Malaga sebelum pensiun pada 2012.

12 dari 14 halaman

Sub: Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo

Cristiano Ronaldo datang ke Manchester United dari klub Portugal Sporting CP. Dia menghabiskan enam musim di Old Trafford dari 2003 hingga 2009.

Ronaldo mencetak 118 gol dalam 292 pertandingan untuk Setan Merah. Dia juga memenangkan tiga Premier League, satu Piala FA dan satu Liga Champions.

13 dari 14 halaman

Sub: Eric Djemba-Djemba

Eric Djemba-Djemba (c) AFP
Eric Djemba-Djemba (c) AFP

Karier Eric Djemba-Djemba di Manchester United bisa dibilang cukup singkat. Gelandang asal Kamerun itu bermain dengan Setan Merah selama dua musim dari 2003 hingga 2005.

Djemba-Djemba tercatat hanya membuat 39 penampilan bersama MU. Djemba-Djemba kemudian bermain di Aston Villa, Qatar SC dan juga Persebaya sebelum pensun pada 2016.

14 dari 14 halaman

Sub: Diego Forlan

Diego Forlan (c) Manchester United
Diego Forlan (c) Manchester United

Diego Forlan bergabung dengan Manchester United pada Januari 2002. Penyerang asal Uruguay tersebut membela Setan Merah hanya sampai tahun 2004.

Forlan berhasil mencetak 17 gol dari 97 penampilan bersama Setan Merah. Pada musim panas 2004, Forlan dijual ke klub Spanyol Villarreal.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya