BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Starting XI Chelsea Pada Final Liga Champions 2012, Ada yang Masih Ingat?

06-05-2021 12:50 |

Starting XI Chelsea Pada Final Liga Champions 2012, Ada yang Masih Ingat?
Trofi Liga Champions. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea akhirnya memastikan diri ke final Liga Champions. Kepastian itu didapat setelah mereka menyingkirkan Real Madrid dengan agregat skor 3-1.

Pada leg kedua semifinal, Kamis (06/05/2021) dini hari WIB, The Blues sukses menaklukkan Real Madrid. Mereka menang 2-0 di Stamford Bridge.

Chelsea membuka skor melalui Timo Werner pada menit ke-32. Sementara Mason Mount memperbesar keunggulan The Blues di menit ke-87.

Dua gol Chelsea dicetak oleh Timo Werner dan Mason Mount. Hasil ini membuat The Blues melaju ke final dan akan menghadapi Manchester City di partai puncak.

Chelsea terakhir kali tampil di final Liga Champions pada tahun 2012. Ketika itu The Blues berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Bayern Munchen.

Chelsea menaklukkan raksasa Bundesliga tersebut melalui adu penalti. Pertandingan tersebut berlangsung di markas Bayern, Allianz Arena.

Berikut adalah starting XI yang diturunkan Chelsea dalam pertandingan final Liga Champions tersebut.

1 dari 12 halaman

Kiper: Petr Cech

Petr Cech (c) AFP
Petr Cech (c) AFP

Petr Cech merupakan kiper utama Chelsea saat itu. Dia bermain untuk The Blues sejak tahun 2004 setelah didatangkan dari Rennes.

Cech masih memperkuat Chelsea setelah pertandingan final Liga Champions. Akan tetapi, dia kemudian meninggalkan The Blues pada 2015 dengan hengkang ke Arsenal.

2 dari 12 halaman

Bek Kiri: Ashley Cole

Ashley Cole (c) AFP
Ashley Cole (c) AFP

Ashley Cole bermain untuk Chelsea selama delapan tahun. Dia memutuskan untuk meninggalkan Arsenal dan datang ke Stamford Bridge karena ingin memenangkan gelar.

Bersama Chelsea, Cole berhasil tampil di final Liga Champions sebanyak dua kali. Namun, dia hanya mampu menjadi juara pada laga final tahun 2012.

3 dari 12 halaman

Bek Tengah: David Luiz

David Luiz (c) AFP
David Luiz (c) AFP

David Luiz bergabung dengan Chelsea di tahun 2011. Pada musim berikutnya, bek tengah asal Brasil tersebut berhasil mengangkat trofi Liga Champions bersama The Blues.

Luiz sempat hengkang ke PSG dan akhirnya kembali ke Stamford Bridge pada 2016. Pemain berusia 34 tahun itu saat ini membela klub rival Arsenal.

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Gary Cahill

Gary Cahill (c) CFC
Gary Cahill (c) CFC

Gary Cahill datang ke Chelsea pada Januari 2012 setelah dibeli dari Bolton Wanderers. Enam bulan kemudian, Cahill berhasil memenangkan trofi Liga Champions bersama klub barunya.

Cahill bermain untuk Chelsea sampai tahun 2019. Pemain belakang asal Inggris itu kemudian melanjutkan kariernya bersama Crystal Palace.

5 dari 12 halaman

Bek Kanan: Jose Bosingwa

Musim 2011-2012 menjadi musim terakhir Jose Bosingwa bersama Chelsea. Namun, pemain asal Portugal tersebut mengakhiri kebersamaan selama empat tahun bersama The Blues dengan trofi Liga Champions.

QPR menjadi pelabuhan karier Bosingwa berikutnya. Mantan pemain Porto tersebut bermain di sana selama satu musim sebelum pindah ke Turki dengan memperkuat Trabzonspor.

6 dari 12 halaman

Gelandang: John Obi Mikel

John Obi Mikel (c) AFP
John Obi Mikel (c) AFP

John Obi Mikel merupakan salah satu pemain yang cukup lama bermain untuk Chelsea. Dia membela The Blues dari 2006 sampai Januari 2017.

Mikel berhasil memenangkan banyak gelar selama memperkuat Chelsea. Setelah tak masuk dalam rencana Antonio Conte, Mikel melanjutkan kariernya di klub China bersama Tianjin TEDA.

7 dari 12 halaman

Gelandang: Frank Lampard

Frank Lampard (c) AFP
Frank Lampard (c) AFP

Frank Lampard adalah legenda Chelsea. Selama 13 musim di klub, dia berhasil mengantarkan The Blues meraih banyak gelar termasuk Liga Champions 2012.

Setelah pensiun dari lapangan hijau, Lampard sempat kembali ke Stamford Bridge sebagai pelatih. Namun, posisinya kemudian digantikan Thomas Tuchel pada awal tahun ini setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub.

8 dari 12 halaman

Winger Kiri: Ryan Bertrand

Ryan Bertrand (c) Ist
Ryan Bertrand (c) Ist

Ryan Bertrand merupakan pemain jebolan akademi Chelsea dan promosi ke skuat utama di tahun 2006. Meski kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler, dia dipercaya menjadi starter pada final Liga Champions 2012.

Selama membela Chelsea, Bertrand sering dipinjamkan ke sejumlah klub seperti Bournemouth, Norwich City, Aston Villa dan Southampton. Dia akhirnya pindah secara permanen ke St Mary's Stadium pada 2015.

9 dari 12 halaman

Gelandang Serang: Juan Mata

Juan Mata (c) AFP
Juan Mata (c) AFP

Juan Mata punya kariernya yang sangat sukses bersama Chelsea. Setelah menjuarai Liga Champions, pemain asal Spanyol tersebut berhasil merengkuh gelar Liga Europa.

Namun, Mata harus meninggalkan Chelsea pada Januari 2014 dan bergabung ke Manchester United. Jarang bermain di bawah arahan Jose Mourinho membuat Mata mengambil keputusan untuk hijrah ke Old Trafford.

10 dari 12 halaman

Winger Kanan: Salomon Kalou

Salomon Kalou bergabung dengan Chelsea pada tahun 2006 setelah didatangkan dari klub Belanda Feyenoord. Enam musim berada di Stamford Bridge, Kalou berhasil meraih delapan gelar.

Setelah final Liga Champions 2012, Kalou meninggalkan Chelsea dan melanjutkan kariernya bersama Lille. Kini pemain asal Pantai Gading itu masih aktif bermain dan tengah bermain untuk Botafogo sejak awal musim ini.

11 dari 12 halaman

Striker: Didier Drogba

Didier Drogba (c) AFP
Didier Drogba (c) AFP

Didier Drogba merupakan salah satu penyerang sekaligus pemain terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Sejak datang ke Stamford Bridge di tahun 2004, berhasil membawa The Blues meraih kejayaan.

Selain Liga Champions, Drogba juga berhasil meraih empat gelar Premier League bersama Chelsea. Dalam dua periode membela The Blues, Drogba mencetak 164 gol dari 381 pertandingan.

12 dari 12 halaman

Pelatih: Roberto Di Matteo

Roberto Di Matteo (c) AFP
Roberto Di Matteo (c) AFP

Chelsea meraih Liga Champions pada tahun 2012 di bawah asuhan Roberto Di Matteo. Dia ditunjuk menjadi pelatih The Blues pada 4 Maret 2012 untuk menggantikan Andres Villas Boas yang dipecat.

Di Matteo masih menangani Chelsea pada musim berikutnya. Namun, pria asal Italia tersebut dipecat pada 21 November 2012 setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya