BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Starting XI Barcelona Saat Juara Liga Champions 2008/2009

09-03-2021 17:23 | Aga Deta

Starting XI Barcelona Saat Juara Liga Champions 2008/2009
Charles Puyol dalam acara UEFA Champions League Trophy Tour presented by Heineken (c) Bola.net/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Barcelona akhirnya punya presiden baru. Joan Laporta terpilih sebagai presiden Barcelona untuk masa jabatan 2021 hingga 2026.

Pada proses pemilihan presiden klub, Laporta berhasil mengalahkan Victor Font dan Toni Freixa. Laporta memenangkan 54.28 persen dari total suara yang diperebutkan.

Bagi Laporta, ini adalah kali kedua dia menjabat sebagai presiden Barcelona. Pria berusia 58 tahun itu pernah menduduki jabatan yang sama pada 2003 hingga 2010 yang lalu.

Pada periode pertama kepemimpinan Laporta, Barcelona meraih kesuksesan besar. Ada 12 trofi yang berhasil direngkuh oleh klub Catalan itu.

Pada musim 2008/09, Barcelona berhasil meraih gelar Liga Champions. Tim asuhan Josep Guardiola mengangkat trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan Manchester United di final.

Barcelona pun menjadi klub Spanyol pertama yang meraih treble. Mereka sebelumnya berhasil memenangkan La Liga dan Copa del Rey.

Lalu siapa saja para pemain yang mengisi starting XI Barcelona di final Liga Champions saat itu? Simak informasinya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 11 halaman

Kiper - Victor Valdes

Di bawah gawang Barcelona ketika itu ada Victor Valdes. Dia tampil bagus di final dan mampu mengakhiri pertandingan dengan catatan clean sheet. Setelah mengalahkan Manchester United, ini merupakan trofi Liga Champions kedua bagi Valdes.

2 dari 11 halaman

Bek Kiri - Sylvinho

Sylvinho (c) AFP Sylvinho (c) AFP

Sylvinho mengisi posisi bek kiri Barcelona di final Liga Champions melawan Manchester United. Pemain asal Brasil itu menggantikan Eric Abidal yang terkena suspensi. Ini juga merupakan pertandingan terakhirnya untuk klub Catalan.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah - Gerard Pique

Gerard Pique (c) AP Photo Gerard Pique (c) AP Photo

Gerard Pique bermain di posisi bek tengah. Pique saat itu berusia 21 tahun dan ini merupakan final Liga Champions pertamanya setelah kembali ke Barcelona. Pada musim sebelumnya, Pique mengangkat trofi Si Kuping Besar bersama Manchester United.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah - Yaya Toure

Yaya Toure (c) AFP Yaya Toure (c) AFP

Yaya Toure dipasang sebagai bek tengah pada final Liga Champions. Gelandang asal Pantai Gading itu berduet dengan Gerard Pique di jantung pertahanan. Toure tampil bagus sebagai bek tengah dan berhasil mendapat trofi Eropa pertama dalam kariernya.

5 dari 11 halaman

Bek Kanan - Carles Puyol

Carles Puyol (c) AFP Carles Puyol (c) AFP

Carles Puyol adalah kapten Barcelona di final Liga Champions melawan Manchester United. Ia dimainkan Josep Guardiola di posisi bek kanan. Ia tampil sangat baik dalam pertandingan ini dan berhasil mengantarkan timnya mengangkat trofi Si Kuping Besar.

6 dari 11 halaman

Gelandang - Andres Iniesta

Andres Iniesta. (c) AFP Andres Iniesta. (c) AFP

Andres Iniesta mengisi posisi gelandang dalam laga tersebut. Meski mengalami cedera paha, Iniesta memainkan peran penting dan memberikan assist untuk gol pertama Barcelona yang dicetak oleh Samuel Eto'o. Ini merupakan trofi Liga Champions kedua buat sang gelandang.

7 dari 11 halaman

Gelandang - Sergio Busquets

Gelandang andalan Barcelona, Sergio Busquets. (c) AP Photo Gelandang andalan Barcelona, Sergio Busquets. (c) AP Photo

Ini merupakan musim pertama Sergio Busquets bermain di tim utama Barcelona dan dia langsung mengantarkan timnya tampil di final Liga Champions. Busquets bermain sebagai gelandang bertahan dalam laga ini. Ia tampil selama 90 menit penuh dan berhasil meraih trofi Eropa pertamanya.

8 dari 11 halaman

Gelandang - Xavi

Xavi (c) FCB Xavi (c) FCB

Xavi berkontribusi penting di final Liga Champions 2009 melawan Manchester United. Ia merancang assist untuk gol Messi, yang dicetak superstar Argentina itu dengan sundulan. Xavi kemudian terpilih sebagai Man of the Match dalam pertandingan ini.

9 dari 11 halaman

Penyerang Kiri - Thierry Henry

Thierry Henry (c) AFP Thierry Henry (c) AFP

Thiery Henry bermain sebagai starter dalam pertandingan final Liga Champions melawan Manchester United. Dia bermain selama 72 menit di laga ini dan kemudian digantikan Seydou Keita. Ini adalah trofi Liga Champions pertama bagi pemain asal Prancis tersebut.

10 dari 11 halaman

Penyerang Tengah - Samuel Eto'o

(c) AFP (c) AFP

Samuel Eto'o memimpin lini depan Barcelona di final Liga Champions. Ia tampil impresif dengan mencetak gol pertama Barca ke gawang Manchester United pada menit ke-10. Ini merupakan pertandingan terakhir Eto'o dengan seragam Barcelona.

11 dari 11 halaman

Penyerang Kanan - Lionel Messi

Lionel Messi (c) AP Photo Lionel Messi (c) AP Photo

Lionel Messi tampil cemerlang saat melawan Manchester United. Ia mencetak gol di menit ke-70 dengan sundulan untuk membawa timnya menang dengan skor 2-0. Ini merupakan trofi Liga Champions kedua buat La Pulga.

Sumber: Berbagai Sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya