BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Simeone Yang Lemah di Hadapan Barcelona

13-10-2017 09:42 | Gia Yuda Pradana

Simeone Yang Lemah di Hadapan Barcelona
(c) AFP

Bola.net - Bola.net - Sejak menangani Atletico Madrid pada Desember 2011 silam, ada satu tim yang kerap memberikan masalah bagi Diego Simeone. Tim tersebut bukan sang rival sekota Real Madrid, melainkan Barcelona.

Selama ini, Simeone baru pernah membawa Atletico meraih dua kemenangan atas sang raksasa Catalan. Dia begitu lemah di hadapan Blaugrana.

Akhir pekan ini, di stadion baru mereka, pelatih 47 tahun Argentina itu akan coba memperbaiki rekornya.

Atletico Madrid akan menjamu pemimpin klasemen Barcelona di Estadio Wanda Metropolitano pada jornada 8 La Liga 2017/18, Minggu (15/10). Bisakah Atletico menghentikan start sempurna Barcelona?

Barcelona berdiri kukuh di posisi teratas. Pasukan Ernesto Valverde memenangi ketujuh pertandingan pertama mereka dan meninggalkan rival-rivalnya.

Atletico sejatinya juga belum terkalahkan di La Liga musim ini, bersama Barcelona dan Valencia. Namun, sama seperti Valencia, Atletico meraih empat kemenangan dan tiga hasil imbang.

Tak mudah menghentikan laju Barcelona. Ini akan jadi tantangan berat bagi Atletico, terutama Simeone yang punya rekor buruk melawan mereka.

Sepanjang karier kepelatihannya, Simeone baru pernah meraih dua kemenangan atas Barcelona (semuanya bersama Atletico) dalam 21 pertemuan di semua ajang. Sisanya berupa tujuh hasil imbang dan 12 kekalahan.

Melawan Barcelona, dari era Josep Guardiola hingga Luis Enrique, tim besutan Simeone juga baru mencetak 19 gol dan sudah kebobolan 31 gol.

Diego Simone (pelatih) vs Barcelona

Pertandingan: 21

Menang: 2

Imbang: 7

Kalah: 12

Gol: 19

Kebobolan: 31.

Dibandingkan melawan Barcelona, rekornya melawan Real Madrid justru lebih baik. Lihat statistiknya di bawah ini.

Diego Simone (pelatih) vs Real Madrid

Pertandingan: 24

Menang: 8

Imbang: 6

Kalah: 10

Gol: 29

Kebobolan: 40.

Kekalahan terburuk lawan Barcelona dialami Simeone di La Liga pada musim 2012/13. Tandang ke Camp Nou pada jornada 16 musim itu, Atletico besutan Simeone dihajar Barcelona racikan Tito Vilanova 1-4.

Sempat unggul lewat gol Radamel Falcao, Atletico tumbang oleh empat gol balasan Barcelona yang dicetak Adriano, Sergio Busquets dan Lionel Messi (2).

Baru dua kemenangan atas Barcelona. Dua kemenangan itu semuanya diraih Simeone di perempat final Liga Champions, yaitu pada musim 2013/14 dan 2015/16.

Perempat final Liga Champions 2013/14, Atletico imbang 1-1 di kandang Barcelona pada leg pertama. Anak-anak asuh Simeone lalu menyingkirkan Barcelona dengan agregat 2-1 setelah menang 1-0 lewat gol tunggal Koke di Vicente Calderon pada leg kedua.

Perempat final Liga Champions 2013/14, Atletico kembali bersua Barcelona dan lagi-lagi berjaya. Kalah 1-2 di Camp Nou, Atletico lolos dengan agregat 3-2 usai menang 2-0 berkat dua gol Antoine Griezmann di Calderon pada leg penentuan.

Bicara kegagalan-kegagalan menang Simeone atas Barcelona, tak semuanya mengecewakan. Yang paling berkesan tentu saja hasil imbang 1-1 di Camp Nou pada 17 Mei 2014. Tambahan satu poin itu memastikan Atletico jadi juara La Liga musim 2013/14.

Itu adalah gelar La Liga ke-10 Atletico, yang pertama sejak musim 1995/96.

Ada beberapa momen indah bagi Simeone dari laga-laga melawan Barcelona. Namun 12 kali kalah dalam 21 pertemuan jelas bukan catatan yang menyenangkan.

Secara keseluruhan, dia masih lemah di hadapan Barcelona.

KOMENTAR

Editorial Lainnya