BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ralf Rangnick dan 5 Pelatih Jerman di Premier League, Siapa Paling Sukses?

30-11-2021 15:49 | Aga Deta

Ralf Rangnick dan 5 Pelatih Jerman di Premier League, Siapa Paling Sukses?
Ralf Rangnick (c) AFP

Bola.net - Rang Rangnick akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih Manchester United. Rangnick datang ke klub untuk menggantikan posisi Ole Gunnar Solskjaer yang dipecat.

Rangnick menjadi manajer interim MU hingga akhir musim. Setelahnya, pria asal Jerman itu akan bekerja menjadi penasihat klub dalam dua tahun ke depan.

Pria berusia 63 tahun itu punya tugas berat di klub barunya. Ia dituntut untuk mendongkrak performa Setan Merah yang tercecer di peringkat kedelapan klasemen Premier League.

Rangnick sendiri menjadi pelatih Jerman pertama dalam sejarah Manchester United. Dia juga tercatat sebagai manajer keenam dari negara tersebut yang berkiprah di Premier League.

Berikut ini lima manajer asal Jerman yang menangani klub Premier League sebelum Ralf Rangnick.

1 dari 5 halaman

Felix Magath

Felix Magath ditunjuk menjadi manajer Fulham pada tahun 2014. Pria asal Jerman tersebut punya tugas berat untuk menyelamatkan Fulham dari degradasi.

Magath merupakan pelatih yang cukup disegani di Jerman. Ia berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga bersama Bayern Munchen (2005, 2006) dan Wolfsburg (2009).

Namun, Magath pada akhirnya tidak mampu mencegah Fulham dari degradasi. Ia dipecat pada bulan September 2014 setelah The Cottagers berada di posisi terbawah di Championship.

2 dari 5 halaman

Daniel Farke

Daniel Farke (c) AFP
Daniel Farke (c) AFP

Daniel Farke datang ke Norwich pada tahun 2017. Pria asal Jerman trcatat sebagai pelatih asing pertama sepanjang 114 tahun sejarah klub.

Farke punya prestasi yang bagus bersama Norwich. Dia berhasil mengantarkan The Canaries sebagai juara Divisi Championship pada musim 2018/2019 dan 2020/2021.

Namun, kebersamaan Farke dengan Norwich harus berakhir pada musim ini. Dia dipecat pada 6 November 2021 setelah rentetan hasil buruk dari awal musim.

3 dari 5 halaman

Jan Siewert

Jan Siewert mengambil alih Huddersfield pada Januari 2019. Pria asal Jerman tersebut menjadi suksesor David Wagner yang dipecat.

Siewert gagal menyelamatkan Huddersfield dari degradasi. The Terrier dipastikan terdegradasi pada bulan Maret dan mereka mengakhiri musim dengan finis di posisi terbawah Premier League.

Siewert dipecat setelah Hudderfield memulai musim berikutnya dengan hasil yang buruk. Siewert tercatat hanya mampu mempersembahkan satu kemenangan dari 15 laga untuk Huddersfield.

4 dari 5 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp. (c) AP Photo
Jurgen Klopp. (c) AP Photo

Jurgen Klopp bergabung dengan Liverpool pada Oktober 2015. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu datang ke klub untuk menggantikan Brendan Rodgers yang dipecat.

Klopp memiliki andil besar dalam kesuksesan yang diraih Liverpool belakangan ini. Ia berhasil mengantarkan The Reds meraih gelar Liga Champions pada 2019.

Pada musim berikutnya, Klopp membawa The Reds meraih gelar Premier League pertama klub. Dengan koleksi empat trofi bersama Liverpool, Klopp tercatat sebagai pelatih Jerman tersukses di Premier League.

5 dari 5 halaman

Thomas Tuchel

Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo
Manajer Chelsea Thomas Tuchel. (c) AP Photo

Thomas Tuchel ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada 26 Januari 2021. Tuchel datang ke klub untuk menggantikan Frank Lampard yang dipecat sehari sebelumnya.

Tuchel memberikan dampak instan pada Chelsea. Pelatih asal Jerman itu tak membutuhkan waktu lama untuk memberikan trofi prestisius kepada The Blues.

Di bawah asuhan Tuchel, Chelsea berhasil meraih juara Liga Champions pada musim lalu. Setelah itu, The Blues mampu menggondol trofi Piala Super Eropa.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya