BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Piala AFF 2018: Beto dan 5 Pemain Senior di Skuat Timnas Indonesia

08-11-2018 14:11 | Afdholud Dzikry

Piala AFF 2018: Beto dan 5 Pemain Senior di Skuat Timnas Indonesia
Selebrasi Gol Alberto Goncalves (c) Bola.Com

Bola.net - Bola.net - Memiliki pemain yang sudah berpengalaman dan lebih senior kerap kali membantu sebuah tim melewati tekanan. Dan itu pula yang disadari oleh pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti ketika menyusun kerangka tim untuk Piala AFF 2018.

Pelatih Bima Sakti mengombinasikan deretan penggawa muda dan senior dalam skuatnya kali ini. Sinergi dari para sosok lintas generasi diharapkan membuat permainan Timnas Indonesia semakin atraktif.

Alberto Goncalves (Beto) merupakan satu di antara pemain senior dalam skuat Timnas Indonesia. Usia yang sudah menginjak 37 tahun menjadi alasan utama.

Meski baru mencatatkan dua caps untuk Timnas Indonesia, peran Beto begitu krusial dan tidak pantas diragukan. Predator berdarah Brasil itu tampil penuh determinasi ketika membombardir pertahanan lawan sebagai penyerang tengah.

Darah Amerika Latin yang mengalir dalam tubuh Beto, juga menjadi salah satu faktor yang membuatnya selalu haus gol. Dia tercatat mengoleksi 57 gol dari 84 pertandingan sejak memperkuat Sriwijaya pada 2016.

Usia senja pun bukan halangan bagi sang pemain terus ada di level tertinggi. Produktivitas apik lantas membuat Beto dipercaya menghuni lini serang Timnas Indonesia.

Mentalitas skuat Garuda pun dapat terangkat karena memiliki penyerang tajam seperti Beto. Dengan kondisi psikologis yang baik, besar harapan Timnas Indonesia mengukir prestasi di Piala AFF 2018.

Akan tetapi, tidak hanya Beto sosok senior yang punya peran krusial di Timnas Indonesia. Masih ada lima pemain lain yang diprediksi bakal berkontribusi dalam turnamen nanti. Berikut ini adalah ulasannya.

1 dari 5 halaman

Rizky Rizaldi Pora

Saat ini para pesepak bola dituntut untuk bermain di berbagai posisi. Kemampuan itu tentunya bakal menjadi keuntungan bagi seorang pelatih untuk meracik strategi timnya.

Rizky Pora merupakan satu di antara pemain yang bisa tampil di berbagai posisi. Sosok 28 tahun itu piawai bermain sebagai penyerang sayap kiri, maupun ketika ditugaskan sebagai full-back kiri. Kehadirannya jadi pengganti sepadan figur Rezaldi Hehanusa, pilar Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2018, yang absen di Piala AFF karena cedera.

Penggawa Barito Putera itu mengombinasikan kecepatan yang dimilikinya dengan teknik olah bola yang baik. Rizky pun memiliki tingkat akurasi tendangan dan umpan di atas rata-rata, sehingga kerap dipercaya menjadi eksekutor bola mati.

Sektor sayap tak ayal menjadi tempat langganan Rizky di Barito Putera maupun Timnas Indonesia. Hingga saat ini, sang pemain telah mendulang 18 penampilan dengan torehan satu gol untuk skuat Garuda.

2 dari 5 halaman

Fachrudin Aryanto

Lini belakang Timnas Indonesia dalam sorotan positif saat ini. Dalam tiga pertandingan terakhir, gawang skuat Garuda hanya sekali mengalami kebobolan.

Kukuhnya pertahanan Timnas Indonesia disinyalir karena ketenangan Fachrudin Aryanto dalam membaca pola serangan lawan. Bek Madura United itu juga cukup vokal ketika ada seorang rekannya yang tidak fokus dalam pertandingan.

Mental yang tangguh serta memiliki atribut mumpuni untuk seorang pemain bertahan, membuat Fachrudin dipercaya mengenakan ban kapten di Timnas Indonesia.

Akan tetapi, Fachrudin tidak hanya apik dalam menjaga area pertahanan Timnas Indonesia. Sang pemain juga beberapa kali mengoyak gawang lawan dari situasi bola mati.

Semangat juang dan mental Fachrudin, diyakni bakal memotivasi skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Apalagi, sang pemain merupakan sosok yang dihormati karena telah mencatatkan 31 pertandingan untuk skuat Garuda di berbagai kompetisi.

3 dari 5 halaman

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly merupakan gelandang serba bisa milik Timnas Indonesia. Dia memililiki akurasi umpan yang baik serta piawai mengatur ritme permainan. Sang pemain tak ayal selalu jadi andalan skuat Garuda.

Lilipaly pun bisa diandalkan soal urusan mengoyak gawang lawan. Sepanjang Liga 1 musim ini, sosok 28 tahun itu telah mencetak 12 gol untuk Bali United.

Bahkan, Lilipaly menorehkan empat gol dari lima pertandingan untuk Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Performa konsisten sang pemain disinyalir bakal menjadi modal utama tim besutan Bima Sakti di Piala AFF 2018.

Selain itu, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Lilipaly juga bisa digunakannya untuk memberi arahan hingga motivasi kepada sejumlah gelandang muda Timnas Indonesia, misalnya Septian David, Irfan Jaya, dan Zulfiandi.

4 dari 5 halaman

Andik Vermansah

Andik Vermansah juga merupakan sosok senior di Timnas Indonesia. Pemain 26 tahun itu mencatatkan 18 pertandingan untuk Skuat Garuda di berbagai kompetisi.

Apalagi, Andik juga memiliki pengalaman mengantarkan Tim Merah-Putih menembus final Piala AFF 2016. Sayangnya, Tim Merah-Putih gagal menjadi juara karena ditaklukan Thailand pada laga pamungkas.

Selain pengalaman, Andik juga dikenal sebagai pemain yang mengandalkan kecepatan. Dia kerap menyisir sisi kanan lapangan untuk mengirimkan bola kepada rekan-rekannya.

Berbekal pengalaman dan kemampuan olah bola yang baik, Andik pun menjadi satu dari lima pemain yang berpeluang menjadi kapten Timnas Indonesia.

5 dari 5 halaman

Bayu Pradana

Bayu Pradana merupakan satu di antara gelandang bertahan Timnas Indonesia yang apik mengatur tempo permainan. Dia dengan mudah mengubah keadaan dari situasi diserang menjadi menyerang.

Sebagai gelandang bertahan, Bayu jarang membuat pelanggaran yang tidak perlu yang merugikan tim. Dia pun akurat dalam memberikan umpan jauh agar bola menembus lini pertahanan sang lawan.

Kemampuan itu membuat Bayu selalu dipercaya memperkuat Timnas Indonesia. Hingga saat ini, gelandang Mitra Kukar itu telah mencatatkan 27 pertandingan di berbagai kompetisi untuk Tim Garuda.

Sumber: bola.com


10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR

Editorial Lainnya