BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pesepakbola Hebat Yang Diangkat Menjadi Petinggi Klub

21-01-2016 10:09 | Aga Deta

Pesepakbola Hebat Yang Diangkat Menjadi Petinggi Klub

Bola.net - Bola.net - Usai memutuskan gantung sepatu biasanya para pesepakbola memilih profesi yang tidak jauh dari dunia bola. Banyak yang beralih menjadi pelatih, pemandu bakat maupun direktur olahraga.

Meskipun begitu, ada pula mantan pesepakbola yang mempunyai karir cemerlang sehingga berhasil menembus jajaran petinggi di klub. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya.

1 dari 5 halaman

Franz Beckenbauer

Beckenbauer adalah legenda Jerman dan Bayern Munchen. Ia pernah memenangkan berbagai macam gelar bergengsi di level klub maupun tim nasional. Gelar Bundesliga, Piala Champions hingga Piala Dunia telah berhasil diraihnya.

Usai gantung sepatu di tahun 1983, Beckenbauer sempat menjadi pelatih Bayern dan juga timnas Jerman. Ia ditunjuk menjadi presiden Bayern di tahun 1994 dan di bawah kepemimpinannya Bayern meraih berbagai macam kesuksesan. Sosok yang mempunyai julukan Der Kaiser ini berstatus sebagai presiden kehormatan Bayern.
2 dari 5 halaman

Karl-Heinz Rummenigge

Rummenigge merupakan penyerang yang cukup disegani di masanya. Ia pernah bermain bersama Bayern Munchen dan memenangkan 7 trofi termasuk dua Piala Champions. Rummenigge juga ikut ambil bagian dari keberhaslan timnas Jerman merebut Piala Eropa di tahun 1980.

Setelah karir bermain sepakbolanya berakhir, Rummenigge sempat bekerja sebagai komentator sepakbola. Di tahun 1991, Rummenigge kembali ke Bayern sebagai wakil presiden klub dan memegang jabatan ini sampai tahun 2002 sebelum diangkat menjadi Chairman of Executive Board.
3 dari 5 halaman

Juan Sebastian Veron

Veron menghabiskan sebagian karir sepakbolanya di klub-klub Serie A bersama Sampdoria, Parma, Lazio dan Inter Milan. Ia juga pernah memperkuat dua klub elit Premier League Manchester United dan Chelsea.

Veron mengakhiri karirnya di klub pertamanya Estudiantes pada tahun 2012. Ia saat ini menjabat sebagai presiden klub tersebut setelah memegang posisi direktur olahraga.
4 dari 5 halaman

Javier Zanetti

Inter Milan adalah satu-satunya klub Eropa yang pernah dibela Zanetti. Ia bermain di sana selama 19 tahun dan mengantarkan Nerazzurri meraih berbagai macam gelar termasuk treble winners di tahun 2010.

Untuk menghormati jasa-jasanya, presiden Inter Erick Thohir mengangkat Zanetti sebagai wakil presiden klub di tahun 2014. Selain itu, nomor punggung 4 yang identik dengan Zanetti juga resmi pensiun dari klub Inter.
5 dari 5 halaman

Pavel Nedved

Pria berkebangsaan Republik Ceko ini membela Juventus mulai tahun 2001 sampai penisun di sana tahun 2009. Ia sempat memenangkan dua gelar Serie A selama mengenakan seragam Bianconeri.

Sebelum mengemban tugas sebagai wakil presiden Juventus di tahun 2015, Nedved merupakan salah satu staf bagian direktur olahraga, yang dikepalai Beppe Marotta. Berkat kinerja apiknya, ia menjadi orang nomor dua di La Vecchia Signora, tepat di bawah sang presiden, Andrea Agnelli.


KOMENTAR

Editorial Lainnya