BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nostalgia Kejayaan! Starting XI Inter Milan saat Meraih Scudetto pada Musim 2009/2010

14-04-2021 18:03 | Aga Deta

Nostalgia Kejayaan! Starting XI Inter Milan saat Meraih Scudetto pada Musim 2009/2010
Skuad Inter Milan pada musim 2009/2010. (c) Inter.it

Bola.net - Inter Milan masih belum terbendung dalam ajang Serie A. Mereka baru saja memetik 11 kemenangan beruntun setelah mengalahkan Cagliari, (11/4/2021).

Nerazzurri mengalahkan Cagliari dengan skor 1-0. Gol tunggal Matteo Darmian memastikan Inter meraih tiga poin di Giuseppe Meazza.

Kemenangan ini semakin mengukuhkan posisi Inter di puncak klasemen Serie A. Pasukan Antonio Conte saat ini mengumpulkan 74 poin dan unggul 11 poin dari rival terdekatnya, AC Milan.

Dengan delapan laga tersisa, peluang Inter meraih scudetto musim ini semakin terbuka lebar. La Beneamata hanya butuh lima kemenangan lagi untuk menyegel gelar juara Serie A.

Andai berhasil mempertahankan posisi di puncak klasemen, Inter akan merengkuh gelar Serie A yang ke-19. Selain itu, Inter juga akan mengakhiri dominasi Juventus yang meraih sembilan Scudetto secara beruntun.

Inter sendiri terakhir kali menjadi juara Serie A pada musim 2009/2010. Ketika itu mereka berhasil meraih treble bersejarah bersama Jose Mourinho.

1 dari 13 halaman

Langkah Inter Menuju Scudetto

Perjuangan Inter untuk meraih sudetto pada musim 2009/2010 tidaklah mudah. Penyebabnya tak lain adalah penampilan gemilang yang ditorehkan AS Roma.

Roma berhasil memaksa Nerazzurri berjuang hingga laga pamungkas. Pada laga terakhirnya, Inter bertamu ke kandang Siena.

Laga di Artemio Franchi Stadium pada waktu itu ternyata berjalan cukup alot. Siena mampu menahan Inter tanpa gol pada babak pertama.

Namun, Inter akhirnya bisa memastikan kemenangan berkat gol Diego Milito di menit ke-57. Inter pun meraih trofi juara Serie A yang ke-18.

Pada akhir musim, Inter mengumpulkan 82 poin. Pasukan Jose Mourinho unggul dua angka dari sang rival AS Roma.

Masih ingat siapa saja pemain yang mengisi starting XI Inter saat meraih gelar Scudetto tersebut? Simak di bawah ini.

2 dari 13 halaman

Kiper: Julio Cesar

Julio Cesar merupakan kiper utama Inter Milan saat itu. Pemain asal Brasil tersebut tampil sangat solid di bawah mistar gawang.

Cesar tidak pernah absen membela Inter dalam ajang Serie A pada musim itu. Dia kemasukan 34 gol dan mencatatkan 17 clean sheet dalam 38 pertandingan.

3 dari 13 halaman

Bek Kiri: Javier Zanetti

Javier Zanetti (c) AFP Javier Zanetti (c) AFP

Selain kapten, Javier Zanetti dikenal sebagai pemain serba bisa. Meski posisi aslinya sebagai bek kanan, Zanetti bermain sebagai bek kiri dalam pertandingan ini.

Sepanjang musim, Zanetti memainkan 37 laga di Serie A. Pria asal Argentina itu juga menyumbang satu assist dari penampilannya tersebut.

4 dari 13 halaman

Bek Tengah: Walter Samuel

Walter Samuel (c) AFP Walter Samuel (c) AFP

Walter Samuel merupakan salah satu bek tangguh yang dimiliki Inter Milan. Tidak mengherankan kalau sang pemain selalu menjadi andalan di lini belakang Nerazzurri.

Musim 2009/2010, Samuel memainkan 28 pertandingan dalam ajang Serie A. Dari jumlah itu, mantan pemain AS Roma itu berhasil menyumbang tiga gol.

5 dari 13 halaman

Bek Tengah: Marco Materazzi

Marco Materazzi di Derby Milan, September 2008 (c) AFP Marco Materazzi di Derby Milan, September 2008 (c) AFP

Marco Materazzi sejak lama menjadi bagian dari lini belakang Inter Milan. Dia dikenal sebagai bek tengah yang tangguh dan sering mencetak gol penting untuk timnya.

Pada musim 2009/2010, kesempatan bermain Materazzi di bawah Jose Mourinho tidak terlalu banyak. Dia hanya mencatatkan 12 penampilan di Serie A pada musim tersebut.

6 dari 13 halaman

Bek Kanan: Maicon

Maicon (c) AFP Maicon (c) AFP

Maicon menjadi andalan Inter Milan di sektor bek kanan. Pria asal Brasil tersebut dikenal sebagai bek sayap yang cukup produktif.

Maicon memainkan 33 pertandingan Serie A pada musim 2009/2010. Dia mampu berkontribusi berupa enam gol dan 11 assist.

7 dari 13 halaman

Gelandang Bertahan: Thiago Motta

Thiago Motta datang ke Inter Milan pada awal musim 2019/2020. Mantan gelandang timnas Italia itu langsung mendapat kesempatan bermain reguler oleh Jose Mourinho.

Di Serie A musim itu, Motta turun ke lapangan sebanyak 26 kalo. Dia berhasil mencetak empat gol dan tiga assist dari penampilannya tersebut.

8 dari 13 halaman

Gelandang Bertahan: Esteban Cambiasso

Esteban Cambiasso (c) PA Images Esteban Cambiasso (c) PA Images

Esteban Cambiasso merupakan pemain yang tidak tergantikan di lini tengah Inter Milan. Jose Mourinho sangat mengandalkannya untuk menghalau serangan lawan.

Cambiasso menghabiskan 10 musim di Giuseppe Meazza. Dia memainkan 30 pertandingan di Serie A pada musim 2009/2010.

9 dari 13 halaman

Gelandang Serang: Wesley Sneijder

Wesley Sneijder adalah nomor 10 sempurna Jose Mourinho di Inter Milan. Dia merupakan pemain yang spesial dalam membantu Inter merengkuh treble winners.

Sneijder punya visi bermain yang sangat baik dan berbahaya di depan gawang. Dia mencatatkan 26 penampilan dan mencetak tiga gol serta delapan assist pada musim tersebut.

10 dari 13 halaman

Winger Kiri: Mario Balotelli

Mario Balotelli dan Jose Mourinho di Inter Milan (c) AFP Mario Balotelli dan Jose Mourinho di Inter Milan (c) AFP

Mario Balotelli pada musim 2009/2010 baru berusia 18 tahun. Meski begitu, sang penyerang mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak dari Jose Mourinho.

Pada musim tersebut, Balotelli memainkan 26 laga Serie A dan mencetak sembilan gol. Setelah itu dia meninggalkan Inter dan bermain di Manchester City.

11 dari 13 halaman

Penyerang: Diego Milito

Diego Milito (c) AFP Diego Milito (c) AFP

Diego Milito punya peran yang sangat besar buat Inter Milan. Dia mencetak gol kemenangan Nerazzurri sehingga mereka berhasil merengkuh treble winners pada musim 2009/2010.

Pada musim tersebut, Milito mencetak 22 gol dari 35 pertandingan di Serie A. Itu adalah salah satu musim terbaik Milito selama berseragam Inter.

12 dari 13 halaman

Winger Kanan: Samuel Eto'o

(c) AFP (c) AFP

Inter Milan tidak sia-sia menukar Zlatan Ibrahimovic dengan Samuel Eto'o. Penyerang asal Kamerun itu juga memainkan peran yang cukup krusial untuk Nerazzurri.

Eto'o mampu mencetak sejumlah gol penting untuk Inter. Pada musim 2009/2010, mantan pemain Barcelona itu mencetak 12 gol dari 32 laga Serie A.

13 dari 13 halaman

Pelatih: Jose Mourinho

Jose Mourinho (c) AFP Jose Mourinho (c) AFP

Ini merupakan musim kedua Jose Mourinho menangani Inter Milan. Dia pun sukses membawa Nerazzurri mempertahankan scudetto dan merengkuh treble winners dengan memenangkan Coppa Italia, Serie A dan Liga Champions.

Namun, Jose Mourinho meninggalkan Inter pada akhir musim 2009/2010. Pelatih asal Portugal itu kemudian melanjutkan kariernya di Spanyol bersama Real Madrid.

Sumber: Berbagai Sumber



KOMENTAR

Editorial Lainnya