BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ngeri! Ini Wajah AS Monaco Jika tak Jual Pemain Terbaiknya, Ada Mbappe, Fabinho, dan James Rodriguez

04-03-2021 18:32 | Aga Deta

Ngeri! Ini Wajah AS Monaco Jika tak Jual Pemain Terbaiknya, Ada Mbappe, Fabinho, dan James Rodriguez
Kylian Mbappe (c) AFP

Bola.net - AS Monaco merupakan salah satu klub besar yang berasal dari Prancis. Klub berjuluk Les Monegasques itu kerap melahirkan atau memoles pemain-pemain top dunia.

Monaco didirikan pada tahun 1924 silam. Klub yang bermarkas di Stade Louis II itu pernah menjadi juara Ligue 1 sebanyak 8 kali.

Klub asuhan Niko Kovac itu terakhir kali menjadi juara Ligue 1 pada musim 2016–17. Ketika itu mereka ditangani oleh Leoanardo Jardim.

Banyak pemain hebat lahir atau menjadi terkenal di Monaco. Namun, Monaco tidak segan menjual pemain terbaiknya ke klub lain, yang seringnya dengan harga selangit.

Kylian Mbappe, James Rodriguez dan Thomas Lemar adalah contoh pemain terbaik Monaco yang dilepas ke klub lain. Monaco bahkan bisa mendapat dana yang melimpah dari penjualan mereka.

Monaco sebenarnya bisa membentuk sebuah kesebelasan yang mengerikan apabila tidak menjual pemain terbaiknya. Berikut ini starting XI Monaco dengan para pemain itu menggunakan formasi 3-4-3.

1 dari 11 halaman

Kiper - Benjamin Lecomte

Benjamin Lecomte merupakan kiper utama AS Monaco saat ini. Pemain berusia 29 tahun itu datang ke Monaco dari Montpellier pada tahun 2019.

Monaco mengeluarkan 13, juata euro untuk mendapatkan tanda tangan Lecomte. Setelah datang ke klub, Lecomte berhasil menggantikan peran Danijel Subasic di bawah mistar gawang.

Lecomte sejauh ini sudah mencatatkan 50 penampilan di semua kompetisi untuk Monaco. Sang pemain masih punya kontrak di klub sampai 2024 mendatang.

2 dari 11 halaman

Bek Tengah - Benjamin Mendy

Benjamin Mendy (c) AFP Benjamin Mendy (c) AFP

Benjamin Mendy bergabung dengan AS Monaco pada tahun 2016 dari Marseille. Pemain Prancis itu sukses menjadi bek kiri terbaik di Eropa selama membela Monaco.

Mendy menjadi bagian penting Monaco yang menjuarai gelar Ligue 1 dan mencapai semifinal Liga Champions. Total 11 assist ditorehkannya di semua kompetisi pada tersebut.

Performa impresifnya bersama Moanco menarik perhatian klub-klub besar. Manchester City kemudian membelinya seharga 57,5 juta euro.

3 dari 11 halaman

Bek Tengah - Benoit Badiashile

Benoit Badiashile (c) AS Monaco Official Benoit Badiashile (c) AS Monaco Official

Benoit Badiashile merupakan pemain didikan akademi. Ia akhirnya berhasil menembus tim utama pada tahun 2018.

Meski masih berusia muda, Badiashile mendapatkan kepercayaan besar dari Monaco. Ia sekarang menjadi pilihan utama di lini belakang klub Prancis tersebut.

Badiashile sudah mencatatkan 73 penampilan di semua kompetisi selama tiga musim di Monaco. Badiashile kabarnya tengah diminati sejumlah klub termasuk Real Madrid.

4 dari 11 halaman

Bek Tengah - Abdou Diallo

Abdou Diallo merupakan pemain didikan akademi AS Monaco. Bek asal Prancis itu mentas ke tim utama pada tahun 2014.

Sempat dipinjamkan ke klub Belgia Zulte Waregem, Diallo akhirnya dilepas ke Mainz. Namun, pemain berusia 24 tahun itu hanya bertahan satu musim sebelum hengkang ke Borussia Dortmund.

Penampilan Diallo bersama Dortmund menarik perhatian PSG. Diallo akhirnya kembali ke Prancis dengan bergabung Les Parisiens pada tahun 2019.

5 dari 11 halaman

Sayap Kiri - James Rodriguez

James Rodriguez pada laga debutnya bersama Everton di Premier League 2020/2021, Minggu (13/9/2020) malam WIB (c) AP Photo James Rodriguez pada laga debutnya bersama Everton di Premier League 2020/2021, Minggu (13/9/2020) malam WIB (c) AP Photo

AS Monaco memboyong James Rodriguez dari Porto pada tahun 2013. Transfer James saat itu memakan biaya 45 juta euro.

Pemain asal Kolombia itu kemudian tampil mengesankan di Piala Dunia 2014. Real Madrid pun menyodorkan mahar 75 juta euro untuk memboyongnya ke Santiago Bernabeu.

James akhirnya pindah ke Spanyol setelah bermain satu musim di Monaco. Pemain berusia 29 tahun itu saat ini tengah mengadu nasib di Premier League bersama Everton.

6 dari 11 halaman

Gelandang Tengah - Fabinho

Fabinho (c) AFP Fabinho (c) AFP

Fabinho memulai kariernya di klub Brasil Fluminense. Ia sempat bermain di Rio Ave dan Real Madrid sebelum bergabung dengan AS Monaco pada 2013.

Fabinho berhasil menjadi gelandang bertahan yang andal selama bermain di Monaco. Pemain berusia 27 tahun itu juga ikut membantu klub menjuarai Ligue 1 pada musim 2016–17.

Jurgen Klopp akhirnya kepincut dengan Fabinho. Ia memboyong gelandang asal Brasil itu ke Liverpool pada 2018 dengan mahar 45 juta euro.

7 dari 11 halaman

Gelandang Tengah - Youri Tielemans

Youri Tielemans (c) AFP Youri Tielemans (c) AFP

Youri Tielemans mengawali kariernya di Anderlecht. Gelandang asal Belgia itu kemudian pindah ke AS Monaco pada 2017.

Tielemans memperkuat Monaco selama dua musim. Penampilannya di Ligue 1 mengantarkan gelandang berusia 23 tahun itu ke Premier League.

Tielemans saat ini bermain untuk Leicester City. The Foxes merekrutnya pada 2019, awalnya dengan status pinjaman sebelum berubah menjad permanen.

8 dari 11 halaman

Sayap Kanan - Bernardo Silva

Aksi Bernardo Silva pada duel Manchester City vs Birmingham City, putaran ketiga FA Cup 2020/21. (c) mancity.com Aksi Bernardo Silva pada duel Manchester City vs Birmingham City, putaran ketiga FA Cup 2020/21. (c) mancity.com

Bernardo Silva bergabung ke AS Monaco dari Benfica pada 2014. Ia awalnya datang sebagai pemain pinjaman statusnya dipermanenkan pada musim berikutnya.

Silva berhasil menjadi bagian penting dari Monaco. Pemain asal Portugal tersebut juga punya andil membawa Monaco meraih juara Ligue 1 dan menembus semifinal Liga Champions.

Silva akhirnya dilepas Monaco pada musim panas 2017. Manchester City memboyongnya ke Premier League dengan mahar 50 juta euro.

9 dari 11 halaman

Penyerang Kiri - Anthony Martial

Anthony Martial mencetak gol ke gawang LASK pada laga babak 16 Besar Liga Europa, Kamis (6/8/2020) di Old Trafford. (c) AP Photo Anthony Martial mencetak gol ke gawang LASK pada laga babak 16 Besar Liga Europa, Kamis (6/8/2020) di Old Trafford. (c) AP Photo

Setelah bermain untuk Lyon, Anthony Martial akhirnya pindah ke AS Monaco. Pada usia 18 tahun, mampu menunjukkan performa apik bersama Les Monegasques.

Martial kala itu kerap dianggap sebagai penerus Thierry Henry. Berbagai klub besar Eropa kemudian menaruh minat kepadanya.

Akhirnya Manchester United-lah yang berhasil mendapatkan Martial. Pemain 25 tahun itu diboyong ke Old Trafford dengan harga 60 juta euro.

10 dari 11 halaman

Penyerang Tengah - Wissam Ben Yedder

Wissam Ben Yedder (c) AFP Wissam Ben Yedder (c) AFP

AS Monaco merekrut Wissam Ben Yedder dari Sevilla di awal musim 2019/2020. Pemain asal Prancis itu ditebus dengan harga 40 juta euro.

Monaco tidak sia-sia menebus Ben Yedder dengan biaya yang tidak sedikit. Sang striker mampu tampil cukup produktif bersama Los Nervionenses.

Ben Yedder sudah mencetak 32 gol dari 58 pertandingan bersama Monaco. Ia masih terikat kontrak dengan klub sampai 2024.

11 dari 11 halaman

Penyerang Kanan - Kylian Mbappe

Kylian Mbappe (c) AFP Kylian Mbappe (c) AFP

Kylian Mbappe dipercaya masuk ke tim utama AS Monaco pada tahun 2015. Mbappe yang kala itu masih 16 tahun mampu menunjukkan performa yang menakjubkan.

Mbappe kemudian menjadi tumpuan Monaco pada musim 2016/17. Ia berhasil mengantarkan klub menjuarai Ligue 1 dan menembus semifinal Liga Champions.

Klub kaya raya PSG meminjam Mbappe pada musim berikutnya dengan mahar 40 juta euro. Status pemain Prancis itu kemudian dipermanenkan dengan biaya yang mencapai 145 juta euro.

Sumber: Transfermarkt



KOMENTAR

Editorial Lainnya