BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mustafi dan Pemain Yang Sukses Dijual Mahal Valencia

30-08-2016 12:02 | Aga Deta

Mustafi dan Pemain Yang Sukses Dijual Mahal Valencia
Skhodran Mustafi (c) LightRocket

Bola.net - Bola.net - Valencia dikenal sebagai klub yang gemar menjual pemain bintangnya. Meskipun begitu, mereka melepas pemain terbaiknya dengan harga yang cukup mahal.

Pemain terbaru yang bakal dilepas Valencia dengan harga tinggi adalah Shkodran Mustafi. Pemain Jerman itu hanya tinggal selangkah lagi bergabung ke Arsenal dengan biaya yang bisa mencapai 35 juta pounds.

Padahal Valencia mendapatkan Mustafi cuma seharga 6,8 juta pounds dari Sampdoria dua tahun lalu. Mustafi pun menjadi salah satu pemain Valencia yang bisa memberikan untung besar kepada klub.

Berikut beberapa pemain lainnya yang pernah dijual Valencia dengan harga tinggi sejak tahun 2000.

1 dari 11 halaman

Andre Gomes

Dari: Benfica (2015)

Harga: 17 juta pounds

Dijual ke: Barcelona (2016)

Harga: 29,75 juta pounds

Valencia pandai mencari pemain berbakat dari Portugal dalam beberapa musim terakhir dan bisa dibilang pembelian terbaik mereka dari negara tetangga adalah gelandang berkelas, Andre Gomes.

Meski Los Che mengalami musim yang buruk pada 2015/16, Gomes mampu menunjukkan kualitasnya dalam berbagai kesempatan dan hanya berselang satu tahun ia mendapatkan kesempatan pindah ke jawara La Liga, Barcelona.
2 dari 11 halaman

Nicolas Otamendi

Dari: Porto (2014)

Harga: 10,2 juta pounds

Dijual ke: Manchester City (2015)

Harga: 37,91 juta pounds

Sudah bukan rahasia lagi bahwa klub-klub Inggris sering mengeluarkan banyak uang di bursa transfer dan Valencia adalah klub mendapatkan keuntungan dari itu, terutama ketika menjual Nicolas Otamendi ke Manchester City tahun lalu.

Seperti Gomes, bek Argentina ini hanya menghabiskan satu musim penuh dengan Los Che. Namun, penampilan gemilang Otamendi membuat The Citizens rela menebusnya dengan harga mahal untuk membawanya ke Etihad Stadium.
3 dari 11 halaman

Jeremy Mathieu

Dari: Toulouse (2009)

Harga: gratis

Dijual ke: Barcelona (2014)

Harga: 17 juta pounds

Valencia mendapatkan Mathieu secara gratis dari Toulouse. Ia pun kemudian menjadi pemain penting di lini belakang Valencia selama lima tahun.

Los Che akhirnya berhasil menjual pemain Prancis itu ke Barcelona pada tahun 2014. Valencia jelas mendapatkan untung besar dari transfer Mathieu ini.
4 dari 11 halaman

Juan Bernat

Dari: akademi

Harga: gratis

Dijual ke: Bayern Munchen (2014)

Harga: 8,5 juta pounds

Tim pencari bakat Valencia pantas mendapatkan pujian karena sering menemukan pemain berbakat dari seluruh dunia. Namun pelatih akademi juga tak kalah hebat dalam  mengasah kemapuan para pemain muda bertalenta.

Banyak lulusan akademi Valencia yang pindah ke klub lain dengan harga mahal. Salah satunya adalah Juan Bernat yang dijiual ke Bayern Munchen pada tahun 2014.
5 dari 11 halaman

Roberto Soldado

Dari: Getafe (2010)

Harga: 8,5 juta pounds

Dijual ke: Tottenham (2013)

Harga: 25 juta pounds

Roberto Soldado diberi tugas berat menggantikan David Villa pada 2010 setelah pindah ke Barcelona. Cukup adil untuk mengatakan bahwa Soldado mampu melakukan pekerjaannya dengan sangat baik.

Selama tiga tahun di Valencia, Soldado menjelma sebagai salah satu striker paling ditakuti di Eropa setelah mencetak 81 gol dalam 141 pertandingan untuk mengamankan transfer besar ke Tottenham. Namun karirnya di Premier League ternyata tidak berjalan lancar.
6 dari 11 halaman

Jordi Alba

Dari: Barcelona (2005)

Harga: gratis

Dijual ke: Barcelona (2012)

Harga: 11, 9 juta pounds

Tidak semua jebolan akademi La Masia bisa langsung menembus tim utama Barcelona. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang harus meniti karirnya di klub lain.

Jordi Alba tak mendapat tempat di Camp Nou sehingga membuatnya pindah ke Valencia secara gratis pada 2005. Tujuh tahun berselang sepertinya tim Catalan menyadari telah melakukan kesalahan dan akhirnya merekrut kembali Alba setelah bersinar di Euro 2012.
7 dari 11 halaman

Juan Mata

Dari: Real Madrid (2007)

Harga: gratis

Dijual ke: Chelsea (2011)

Harga: 22,7 juta pounds

Alba bukanlah satu-satunya pemain yang didapatkan Valencia secara gratis dari salah satu klub raksasa La Liga. Dua tahun kemudian mereka mengulangi trik yang sama saat mendapatkan Juan Mata dari tim bertabur bintang Real Madrid.

Mata dengan cepat masuk tim utama di Mestalla dan menjalani empat musim yang sangat bagus sehingga mendapatkan kesempatan pindah ke Premier League dengan bergabung Chelsea.
8 dari 11 halaman

David Villa

Dari: Real Zaragoza

Harga: 10,2 juta pounds

Dijual ke: Barcelona (2010)

Harga: 34 juta pounds

David Villa merupakan pencetak gol terbanyak di timnas Spanyol. Transfernya ke Valencia membuatnya menjelma menjadi striker terbaik di La Liga dan bahkan dunia.

Selama lima tahun di Mestalla, Villa mampu mencetak 129 gol dari 225 pertandingan. Hal itu membuat Barcelona merekrutnya dengan harga mahal pada tahun 2010.
9 dari 11 halaman

David Silva

Dari: akademi

Harga: gratis

Dijual ke: Manchester City (2010)

Harga: 24,44 juta pounds

Pemain jebolan akademi lainnya yang membuat Valencia mendapatkan uang banyak adalah David Silva. Penampilan gemilang Silva meyakinkan Roberto Mancini untuk menjadikannya bagian dari revolusi Manchester City pada 2010.

Saat itu Silva sudah memenangkan trofi Euro dan Piala Dunia bersama Spanyol sehingga ia pindah ke Inggris untuk mencari gelar di level klub. Keputusan itu ternyata terbukti tepat untuk Silva.
10 dari 11 halaman

Raul Albiol

Dari: akademi

harga: gratis

Dijual ke: Real Madrid (2009)

Harga: 12,75 juta pounds

Setelah satu musim mengasah bakatnya di tim Valencia B, Raul Albiol kemudian diterjunkan langsung ke jantung tim pertahanan Los Che. Posisi itu ia jalani selama lima tahun ke depan.

Pada tahun 2009, setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo, Kaka dan Karim Benzema, Presiden Real Madrid Florentino Perez merekrut Albiol untuk meningkatkan lini belakang timnya. Namun setelah beberapa musim, ia bergabung dengan Napoli.
11 dari 11 halaman

Gaizka Mendieta

Dari: CD Castellon (1992)

Harga: -

Dijual ke: Lazio

Biaya: 25 juta pounds

Mendieta menjadi bintang dan pemimpin Valencia yang mencapai final Liga Champions secara beruntun di bawah Hector Cuper pada pergantian abad. Ia merupakan gelandang kreatif yang mempunyai bakat luar biasa sehingga menjadi incaran banyak klub Eropa.

Ketika Lazio memberikan tawaran 25 juta pounds untuk jasanya, Valencia tidak bisa mengatakan tidak. Namun, Mendieta tidak pernah bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya setelah meninggalkan Mestalla.

Nonton Pertandingan Bola, Reaksi Nenek Ini Bikin Heboh

KOMENTAR

Editorial Lainnya