BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masih Ingat? Starting XI pada Laga Terakhir Ronaldo di MU

31-08-2021 14:54 | Aga Deta

Masih Ingat? Starting XI pada Laga Terakhir Ronaldo di MU
Reaksi Cristiano Ronaldo ketika membela Manchester United pada 15 April 2009 melawan Porto di leg kedua perempat final Liga Champions 2009. (c) AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo akan kembali bermain untuk Manchester United. Dia balik ke Old Trafford setelah 12 tahun meninggalkan Setan Merah.

Ronaldo menghabiskan enam tahun di Manchester United. Pemain asal Portugal itu mencetak 118 gol dari 292 penampilan sebelum hengkang ke Real Madrid.

Terakhir kali Ronaldo berkostum Setan Merah pada final Liga Champions 2009. MU melawan Barcelona di Roma ketika itu.

Sayangnya, Ronaldo tak mampu membawa timnya menjadi juara. Dalam pertandingan itu, Setan Merah kalah dengan skor 0-2.

Lalu apa kabarnya starting XI Manchester United, plus pemain yang masuk sebagai pengganti, itu sekarang ini? Simak informasinya berikut ini Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Kiper - Edwin van der Sar

Edwin Van Der Sar (c) Manutd
Edwin Van Der Sar (c) Manutd

Edwin van der Sar masih membela Manchester United setelah laga final Liga Champions 2009. Dia kemudian mengakhiri kariernya di Old Trafford pada tahun 2011.

Van der Sar tercatat menghabiskan enam musim sebagai pemain Manchester United. Pria asal Belanda tersebut saat ini bekerja sebagai direktur utama Ajax Amsterdam.

2 dari 14 halaman

Bek Kanan - John O'Shea

John O'Shea tidak meninggalkan Manchester United setelah final Liga Champions 2009. Dia masih bermain di klub tersebut sampai tahun 2011.

O'Shea kemudian memutuskan untuk pindah ke klub Premier League lainnya, Sunderland. Bek asal Republik Irlandia ini tujuh musim bermain di sana sebelum hengkang ke Reading. O'Shea pensiun pada tahun 2019.

3 dari 14 halaman

Bek Tengah - Rio Ferdinand

Rio Ferdinand (c) AFP
Rio Ferdinand (c) AFP

Rio Ferdinand memutuskan angkat kaki dari Manchester United pada tahun 2014. Namun saat itu Ferdinand tak langsung memilih pensiun.

Ferdinand memilih untuk melanjutkan kariernya dengan Queens Park Rangers. Namun dia hanya bermain semusim saja di klub tersebut dan pensiun tiga hari setelah meninggalkan QPR.

4 dari 14 halaman

Bek Tengah - Nemanja Vidic

Nemanja Vidic (c) MUFC
Nemanja Vidic (c) MUFC

Bek tengah asal Serbia ini cabut dari Manchester United pada akhir musim 2013-2014. Nemanja Vidic kemudian memutuskan untuk berpetualang ke Italia bersama Inter Milan.

Pada 18 Januari 2016, Vidic memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan Nerazzurri. Selang 11 hari kemudian, sang bek mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola.

5 dari 14 halaman

Bek Kiri - Patrice Evra

Patrice Evra (c) AFP
Patrice Evra (c) AFP

Patrice Evra bermain untuk Manchester United sampai tahun 2014. Dia kemudian berlabuh di Italia dengan bergabung Juventus.

Pemain asal Prancis ini kemudian pindah ke Marseille dan kemudian kembali ke Premier League denga West Ham. Setelah kontraknya habis, Evra memilih pensiun pada tahun 2019.

6 dari 14 halaman

Gelandang - Anderson

Anderson meninggalkan Manchester United pada tahun 2015. Dia memutuskan kembali ke Brasil dengan memperkuat Internacional.

Di klub tersebut, Anderson sempat dipinjamkan ke Coritiba. Anderson pensiun pada tahun 2020 setelah memperkuat Adana Demirspor selama dua musim.

7 dari 14 halaman

Gelandang - Michael Carrick

Michael Carrick (c) AFP
Michael Carrick (c) AFP

Michael Carrick bertahan lama di Manchester United. Gelandang asal Inggris tersebut bermain di klub tersebut sampai tahun 2018.

Setelah pensiun, Carrick masih tetap bertahan di Old Trafford. Carrick saat ini berstatus sebagai staf pelatih di Manchester United.

8 dari 14 halaman

Gelandang - Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) AFP
Ryan Giggs (c) AFP

Ryan Giggs memperkuat Manchester United sampai tahun 2014. Setelah pensiun, Giggs menekuni karier sebagai pelatih.

Giggs sempat bekerja sebagai asisten pelatih Louis van Gaal di Old Trafford. Setelah itu dia ditunjuk menjadi pelatih timnas Wales.

9 dari 14 halaman

Sayap Kanan - Park Ji Sung

Park Ji-sung. (c) AFP
Park Ji-sung. (c) AFP

Park Ji Sung bermain untuk Manchester United satu musim lagi setelah final Liga Champions 2009. Dia kemudian melanjutkan kariernya bersama QPR.

Ji Sung sempat dipinjamkan ke PSV Eindhoven saat masih terikat kontrak dengan QPR. Dia akhirnya memutuskan gantung sepatu tak lama setelah akhir musim 2013-2014.

10 dari 14 halaman

Striker - Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo
Cristiano Ronaldo pada periode pertamanya memperkuat Manchester United (c) AP Photo

Final Liga Champions 2009 menjadi pertandingan terakhir Cristiano Ronaldo bersama Manchester United. Dia kemudian pindah ke Real Madrid dengan status pemain termahal dunia kala itu.

Ronaldo menghabiskan sembilan musim di Santiago Bernabeu sebelum hengkang ke Juventus. Dia bermain selama tiga tahun di Turin sebelum memutuskan untuk kembali ke Old Trafford.

11 dari 14 halaman

Sayap Kiri - Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP
Wayne Rooney (c) AFP

Wayne Rooney bermain di Manchester United sampai tahun 2017. Rooney cabut dari klub tersebut dan memutuskan kembali ke Everton.

Rooney sempat bermain di MLS bersama DC United sebelum kembali ke Inggris bersama Derby County. Rooney sekarang menjabat sebagai manajer The Rams.

12 dari 14 halaman

Sub - Paul Scholes

Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United
Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United

Setelah membela Manchester United selama bertahun-tahun, Paul Scholes memutuskan pensiun pada tahun 2011. Dia akhirnya meralat keputusannya tersebut.

Scholes kembali ke lapangan dan bergabung lagi dengan MU pada Januari 2012. Setelah membantu Setan Merah menjuarai Premier League musim 2012-2013, Scholes kembali memutuskan untuk gantung sepatu.

13 dari 14 halaman

Sub - Dimitar Berbatov

Dimitar Berbatov (c) AFP
Dimitar Berbatov (c) AFP

Dimitar Berbatov bertahan di Manchester United sampai tahun 2012. Setelah itu Berbatov masih tetap bermain di Premier League bersama Fulham.

Setelah bermain di AS Monaco, Berbatov sempat mengadu nasib di Yunani dengan PAOK. Dia juga pernah memperkuat klub Liga Super India Kerala Blasters.

14 dari 14 halaman

Sub - Carlos Tevez

Carlos Tevez (c) AFP
Carlos Tevez (c) AFP

Carlos Tevez membuat keputusan yang mengejutkan setelah final Liga Champions 2009. Bomber asal Argentina tersebut bergabung dengan klub rival sekota Manchester City.

Setelah itu, Tevez hijrah ke Italia bersama Juventus sebelum kembali ke Boca Juniors. Dia juga pernah bermain di China bersama Shanghai Shenhua sebelum memperkuat Boca untuk ketiga kalinya.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya