BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mampukah Edin Dzeko mengikuti jejak Alija Izetbegovic?

16-11-2015 11:55 | Serafin Unus Pasi

Mampukah Edin Dzeko mengikuti jejak Alija Izetbegovic?
(c) AFP

Bola.net - Bola.net - Sebelum tahun 1992 masih sedikit masyarakat dunia yang mengenal sebuah negara bernama Bosnia dan Herzegovina. Pada saat itu Bosnia dan Herzegovina masih menjadi negara bagian dari sebuah negara besar bernama Yugoslavia.

Situasi yang tidak menentu pasca perang dingin membuat seorang Pria bernama Alija Izetbegovic yang merupakan salah satu politisi di Bosnia dan Herzegovina mencetuskan sebuah referendum untuk memerdekakan Bosnia dan Herzegovina dari Yugoslavia.

Meski usaha tersebut berakhir dengan perang saudara selama tiga tahun, akhirnya Alija Izetbegovic sukses memimpin Bosnia dan Herzegovina menjadi Republik yang independen dan merdeka dari Yugoslavia dan negara-negara pecahan lainnya.

Saat ini Bosnia dan Herzegovina sudah menjadi salah satu negara berkembang di Eropa. Mereka sukses melewati masa-masa sulit dan perlahan sudah mendapat pengakuan di berbagai macam bidang, namun untuk sepakbola, Bosnia dan Herzegovina masih menjadi tim yang tidak diperhitungkan di Eropa.

Perkembangan sepakbola di Bosnia dan Herzegovina tertinggal jauh dari negara-negara pecahan Yugoslavia lainnya. Bosnia dan Herzegovina belum sekalipun ikut serta dalam turnamen akbar sepakbola Eropa, Euro hingga hari ini, berbeda dengan negara tetangganya seperti Serbia, Slovakia, Slovenia yang setidaknya pernah sekali mengikuti turnamen sepakbola bergengsi di benua biru tersebut.

Namun Bosnia dan Herzegovina sedang dalam ambang untuk memecahkan rekor tersebut. Hari Selasa (17/11) mereka akan menghadapi partai hidup mati melawan Republik Irlandia dalam leg kedua Playoff Euro 2016. Pada leg pertama di Stadion Bilino Polje, mereka sukses menahan imbang Republik Irlandia dengan skor 1-1.

Menghadapi leg kedua yang digelar di Aviva Stadium markas Irlandia, anak asuh Mehmed Badarević ini harus menang jika ingin lolos ke putaran Final Euro 2016 di Prancis tahun depan. Dari semua punggawa Timnas Bosnia dan Herzegovina, nama Edin Dzeko menjadi tumpuan harapan semua rakyat Bosnia dan Herzegovina.

Dzeko memang menjadi ikon sepakbola Bosnia dan Herzegovina. Kesuksesannya bersama Manchester City sedikit banyak mengangkat martabat sepakbola Bosnia dan Herzegovina di kancah Internasional. Di Leg pertama Playoff Euro 2016, ia sukses menjadi penyelamat Bosnia dan Herzegovina dari kekalahan setelah ia suskes menjebol gawang Darren Randolph lima menit menjelang laga usai.

Dalam leg kedua nanti, Publik Bosnia dan Herzegovina masih akan menggantungkan harapan mereka di pundak Edin Dzeko. Edin Dzeko saat ini berada di posisi Alija Izetbegovic untuk 'memerdekakan' Bosnia dan Herzegovina dari keterpurukan prestasi sepakbola. Pertanyaannya adalah mampukah Dzeko mengikuti jejak Alija Izetbegovic? Jawabannya akan kita saksikan di Aviva Stadium dini hari nanti.



KOMENTAR

Editorial Lainnya