Kiprah Striker Afrika di Chelsea Sebelum Pierre-Emerick Aubameyang

Aga Deta | 2 September 2022, 18:38
Pemain baru Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyan (c) Chelsea Official
Pemain baru Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyan (c) Chelsea Official

Bola.net - Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya kembali ke Premier League. Striker asal Gabon tersebut bergabung ke Chelsea setelah dibeli dari Barcelona.

Chelsea mendatangkan Aubameyang dari Barcelona pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2022. The Blues dikabarkan merogoh kocek sebesar 12 juta Euro untuk mendapatkan Aubameyang.

Premier League tidaklah asing buat Aubameyang. Pemain berusia 33 tahun tersebut pernah memperkuat Arsenal di tahun 2018-2022.

Aubameyang mencetak 13 gol dari 24 laga bersama Barcelona di semua ajang. Dia membantu Blaugrana finis runner-up di kompetisi La Liga musim lalu.

Kedatangan Aubameyang akan menambah kekuatan lini depan Chelsea. Selain itu, dia juga menambah daftar striker Afrika yang bermain untuk The Blues.

Berikut ini empat striker Afrika yang pernah membela Chelsea.

1 dari 4 halaman

Derek Smethurst

Derek Smethurst datang ke Chelsea pada tahun 1968 usai direkrut dari Durban City. Dia pun menjadi pemain Afrika Selatan pertama yang membela The Blues.

Smethurst punya karier yang bagus bersama Chelsea. Dia berhasil memenangkan Piala Winners pada 1971 setelah mengalahkan Real Madrid di final.

Setelah membela Chelsea selama tiga musim, Smethurst mencetak empat gol dari 18 pertandingan. Dia kemudian dilepas ke Millwall pada tahun 1971.

2 dari 4 halaman

George Weah

George Weah telah melewati masa jayanya ketika bergabung dengan Chelsea. Dia berusia 33 tahun saat datang ke Stamford Bridge dari AC Milan pada Januari 2000.

Weah membela Chelsea dengan status pinjaman. Legenda asal Liberia tersebut hanya mencetak lima gol dalam 15 pertandingan selama masa peminjamannya bersama The Blues.

Chelsea kemudian memutuskan untuk tidak permanenkan status Weah. Di akhir musim, pemenang Ballon d'Or itu pun hijrah ke klub Inggris lainnya, Manchester City.

3 dari 4 halaman

Samuel Eto'o

(c) AFP

(c) AFP

Samuel Eto'o datang Chelsea pada 2013 setelah bermain untuk klub Rusia Anzhi Makhachkala. Striker asal Kamerun tersebut bereuni kembali dengan Jose Mourinho di Stamford Bridge.

Performa Eto'o di Chelsea bisa dibilang cukup baik. Dia berhasil mengemas 12 gol dan tujuh assist dalam 32 pertandingan di semua kompetisi bersama The Blues.

Et'o cuma bertahan selama semusim saja di Chelsea. Dia kemudian pindah ke Everton setelah kontraknya tidak diperpanjang The Blues.

4 dari 4 halaman

Didier Drogba

Didier Drogba (c) AFP

Didier Drogba (c) AFP

Didier Drogba adalah salah satu striker terbaik dalam sejarah Chelsea. Penyerang asal Pantai Gading tersebut membela The Blues dalam dua periode berbeda.

Jika ditotal, Drogba bermain di Stamford Bridge selama sembilan tahun. Dia mampu mencetak 164 gol dari 381 pertandingan di semua kompetisi untuk Chelsea.

Drogba juga memenangkan banyak gelar selama berkostum Chelsea. Itu termasuk empat gPremier League, satu Liga Champions, empat Piala FA, dan tiga Piala Liga Inggris.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR