BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Kesebelasan Paling Jenius di Muka Bumi

08-11-2012 16:20 |

Kesebelasan Paling Jenius di Muka Bumi
1 dari 11 halaman

David James


David James mungkin memang tidak memiliki gelar akademik setara sarjana, namun pekerjaan sosial dan kecintaannya terhadap seni menempatkannya di atas pemain lain dalam hal kecerdasan.

Kiper klub Bournemouth tersebut juga mendirikan David James Foundation, yang bertujuan menolong para pemuda Malawi dengan memberi dan mengasah skil untuk mengubah kehidupan mereka. Selain itu, James juga aktif mengisi kolom di media The Observer, dengan menuliskan opininya dengan topik sepak bola.


2 dari 11 halaman

Nedum Onouha


Onouha adalah seorang bintang kelas, mencapai kelas 8A dengan level GSCE dan kelas 3A dengan level A. Selain itu, di bidang olah raga lain, Onouha juga merupakan atlet lari yang bertalenta. Prestasi lainnya adalah ia masih memegang rekor lari gawang nasional U15.


3 dari 11 halaman

Clarke Carlisle


Carlisle dikenal sebagai pesepak bola yang jenius. Ia pernah dianugerahi gelar 'Britain's Brainest Footballer' pada tahun 2002. Menyelesaikan studi di Universitas Staffordshire, kini ia bertindak sebagai perwakilan PFA (asosiasi pesepak bola profesional) dengan jabatan komite manajemen.

Cerita unik lainnya, ketika sedang menderita cedera, Carlisle menghabiskan waktunya untuk melanjutkan studi matematika dan politik di Ealing, Hammersmith and West London College.


4 dari 11 halaman

Oleguer


Mantan defender Ajax Amsterdan dan Barcelona FC ini dikenal sebagai sosok kontroversial di Spanyol, terutama setelah ia kerap mengutarakan pandangannya mengenai kemerdekaan Catalunya di sebuah artikel media cetak pada 2007.

Pemain 32 tahun bergelar sarjana ekonomi tersebut juga mempelajari secara mendalam mengenai anorexia pada anak-anak, perang teluk dan perjuangan melawan fasisme. Sungguh sebuah hal yang tidak biasa dilakukan pesepak bola dengan gaji miliaran rupiah.


5 dari 11 halaman

Graeme Le Saux


Le Saux ini terpaksa mengurungkan niat untuk melanjutkan studi lingkungan hidupnya, setelah ia terpilih menjadi pemain di tim utama The Blues Chelsea. Media The Guardian memberinya predikat sebagai salah satu pemain cerdas di era '90an, serta aktif di sebuah program acara televisi BBC.


6 dari 11 halaman

Steve Coppell


Sembari bermain untuk Tranmere Rovers, Coppell juga menghabiskan waktunya untuk menempuh studi ekonomi di Universitas Liverpool. Dan ketika bergabung dengan Manchester United, ia telah menyelesaikan masa studinya, meskipun harus bermain untuk timnya tiap akhir pekan.

Setelah bermain di 300 laga bersama United, serta mengoleksi 42 caps bagi timnas Inggris, Coppell mencoba menjadi manajer di beberapa tim, termasuk Crystal Palace dan Manchester City.


7 dari 11 halaman

Frank Lampard


Frank Lampard mungkin salah satu dari sedikit pemain terpandai di Premier League yang masih aktif bermain hingga saat ini. Perihal kepandaian Lampard sudah banyak diketahui, setelah dokter tim Chelsea merilis hasil tes IQ-nya yang bernilai 150. Angka tersebut hampir menyamai Bill Gates (160), Albert Einstein (160), dan Beethoven (165). Masih ingat Bill Clinton? Nilai IQ-nya hanya 137.

Selain itu, Lampard juga aktif di bidang politik, dan pernah mengaku sebagai pendukung partai sayap kanan di Inggris, Conservatism Party.


8 dari 11 halaman

Socrates


Kapten timnas Brasil di Piala Dunia 1982 ini disebut sebagai salah satu pemain hebat yang tak pernah memenangkan Piala Dunia. Namanya mengutip nama seorang filsuf terkenal Yunani, Socrates adalah seorang gelandang bertalenta yang juga seorang dokter dan mendapat gelar doktor dalam studi filsafat.

Tak hanya itu, Socrates juga merupakan aktivis politik, penulis kolom di media cetak mengenai musik, politik dan ekonomi.


9 dari 11 halaman

Nolberto Solano


Selama membela Newcastle, Aston Villa dan West Ham, Solane dianggap sebagai pesepak bola terpandai di Premier League. Pemain asal Peru tersebut memiliki kemampuan unik untuk membaca permaian pemain lawan sekaligus membaca permainan. Kemampuan tersebut selalu diakui oleh pendukung tim yang dibelanya, di mana pun ia bermain.

Kini Solano memperkuat klub Hartlepool di League One, sekaligus bermain terompet di band bernama The Geordie Latinos.


10 dari 11 halaman

Harald Brattbakk


Mantan pemain Glasgow Celtic asal Norwegia ini tampaknya memang lebih mampu mengurus neraca keuangan daripada bermain sepak bola. Ia pernah menjalani studi akuntansi sebelum bergabung dengan Celtic.

Setelah menyelesaikan kariernya di Skandinavia, ia menjadi pilot dan kini menerbangkan pesawat milik biro penerbangan Norwegian Air Shuttle, sebuah perusahaan terbesar kedua di Skandinavia.


11 dari 11 halaman

Iain Dowie


Tidak ada yang perlu diperdebatkan, ketika mendengar pengalaman seorang Ian Dowie. Sebelum bermain sepak bola secara profesional, ia sudah menyelesaikan studi penerbangan dan mendapat gelar Master dari Universitas Hertfordshire di bidang teknik penerbangan.

Setelah itu, ia mulai bekerja pada British Aerospace.


Editorial Terkait

KOMENTAR

Editorial Lainnya