BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jordan Henderson dan Rekrutan Liverpool di Musim 2011/12, Bagaimana Nasibnya?

14-07-2021 17:19 | Aga Deta

Jordan Henderson dan Rekrutan Liverpool di Musim 2011/12, Bagaimana Nasibnya?
Kapten Liverpool, Jordan Henderson (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool menjalani musim 2011/12 di bawah asuhan Kenny Dalglish. Klub berjuluk The Reds itu berhasil menutup musim dengan torehan gelar.

Liverpool bawah komando Dalglish berhasil memenangkan Piala Liga. Ini merupakan trofi pertama mereka sejak tahun 2006.

Di ajang Premier League, Liverpool punya catatan yang buruk. Klub asal Merseyside itu hanya mampu finis di peringkat kedelapan sehingga tidak bisa tampil di kompetisi Eropa.

Pada musim 2011/12, Dalglish merekrut tujuh pemain baru ke Liverpool. Siapa saja mereka dan bagaimana nasibnya bersama The Reds? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Jordan Henderson

Kapten Liverpool, Jordan Henderson. (c) AP Photo
Kapten Liverpool, Jordan Henderson. (c) AP Photo

Jordan Henderson didatangkan Liverpool dari Sunderland. Gelandang asal Inggris tersebut ditebus dengan biaya yag mencapai 18 juta euro.

Henderson datang ke Anfield pada usia 20 tahun. Mantan pemain Coventry City itu kemudian menjelma menjadi pemain penting di lini tengah Liverpool.

Sang kapten berhasil mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Champions pada musim 2018/19. Dia memimpin The Reds meraih gelar Premier League 2019/30 setelah 30 tahun penantian.

2 dari 7 halaman

Charlie Adam

Performa apik Charlie Adam bersama Blackpool membuat dirinya diminati Liverpool. Dia pun diboyong ke Anfield dengan biaya 8,4 juta euro.

Selama berseragam Liverpool, penampilan Adam kurang memuaskan. Dia hanya mampu membukukan dua gol dari 37 penampilannya dalam satu musim.

Liverpool memutuskan berpisah dengan Adam pada akhir musim. Sang gelandang dilepas oleh pihak The Reds ke Stoke City pada musim panas tahun 2012 silam.

3 dari 7 halaman

Doni

Liverpool mendatangkan kiper baru pada tahun 2011. The Reds memboyong Doni secara gratis dari AS Roma.

Doni hanya pelapis Pepe Reina selama berada di Anfield. Alhasil, kiper asal Brasil tersebut tak banyak mendapat kesempatan bermain.

Dua musim membela Liverpool, Doni hanya mencatatkan empat penampilan di semua kompetisi. Dia meninggalkan klub pada musim panas 2012.

4 dari 7 halaman

Stewart Downing

Stewart Downing (c) AFP
Stewart Downing (c) AFP

Stewart Downing datang ke Liverpool setelah diboyong dari Aston Villa. Dia menjadi rekrutan termahal The Reds saat itu setelah dibeli dengan harga 22,8 juta euro.

Downing akhirnya menjadi pemain yang terbuang di Anfield. Dia kesulitan memberikan kontribusi nyata bagi Liverpool meskipun sudah didatangkan dengan harga mahal.

Selama dua musim di Liverpool, Downing mencatatkan tujuh gol dari 91 penampilan. Gelandang asal Inggris itu meninggalkan Liverpool pada 2013 dengan bergabung West Ham.

5 dari 7 halaman

Jose Enrique

Jose Enrique (c) AFP
Jose Enrique (c) AFP

Jose Enrique bergabung dengan Liverpool dari Newcastle United. The Reds mengeluarkan 8 juga euro untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Spanyol tersebut.

Enrique bermain untuk Liverpool selama lima tahun. Pemain asli binaan akademi Levante itu mencatatkan 99 penampilan dengan torehan satu gol dan 10 assist.

Karier Enrique bersama Liverpool berakhir pada era Jurgen Klopp. Mantan pemain Levante itu kemudian kembali ke Spanyol dengan bergabung Real Zaragoza.

6 dari 7 halaman

Sebastian Coates

Liverpool membeli Sebastian Coates dari Nacional dengan harga 8 juta euro. Saat itu, dia gadang-gadang bakal menjadi bek top dunia.

Namun, Coates gagal tampil sesuai harapan di Liverpool. Pemain asal Uruguay tersebut tidak mampu menembus tim utama The Reds.

Liverpool sempat meminjamkan Coates ke Sunderland pada musim 2014/15. The Reds akhirnya melepas sang pemain secara permanen ke Stadium of Light pada musim berikutnya.

7 dari 7 halaman

Craig Bellamy

Craig Bellamy (c) AFP
Craig Bellamy (c) AFP

Setelah tersingkir dari skuad Manchester City, Craig Bellamy kembali ke Liverpool. The Reds mendapatkan penyerang asal Wales itu secara gratis.

Pada periode keduanya membela Liverpool, Bellamy hanya bertahan satu musim di Anfield. Dia mencatatkan 36 penampilan dengan mencetak sembilan gol.

Bellamy meninggalkan Liverpool pada akhir musim. Mantan pemain West Ham United itu kemudian kembali ke Wales bersama Cardiff City.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya