BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gol Pique dan Catatan Menarik Lain dari Kemenangan Spanyol

14-06-2016 00:40 | Asad Arifin

Gol Pique dan Catatan Menarik Lain dari Kemenangan Spanyol
Gerard Pique (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Spanyol baru saja menuntaskan pertandingan pertama mereka di ajang Euro 2016. Sang juara bertahan melangkah mulus dengan mengalahkan Republik Ceko dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol pada pertandingan ini lahir dari kepada Gerard Pique. Pemain berposisi bek tengah ini menuntaskan umpan manis Andres Iniesta pada menit ke-87.

Pertandingan ini menorehkan beberapa catatan menarik yang layak untuk disimak. Seperti dilansir dari Opta, berikut catatan menarik dari pertandingan Spanyol kontra Republik Ceko:

1 dari 7 halaman

Gol Pertama Pique

Gol Pertama Pique

Gerard Pique selama ini memang dikenal sebagai bek dengan produktivitas yang tinggi. Baik bersama Spanyol maupun Barcelona. Namun, rupanya Pique belum pernah mencetak gol untuk Spanyol di turnamen besar, Euro dan Piala Dunia.




Gol ke gawang Petr Cech menjadi persembahan pertama pemain 29 tahun untuk La Roja di turnamen besar. Gol yang sekaligus membungkam publik yang meragukan loyalitas Pique pada Spanyol.
2 dari 7 halaman

Aduriz Sang Veteran

Aduriz Sang Veteran

Aritz Aduriz pada pertandingan ini tampil sebagai pemain pengganti. Ia masuk pada menit ke-62 untuk menggusur Alvaro Morata yang banyak membuang peluang di depan gawang. Masuknya Aduriz rupanya memunculkan catatan tersendiri.




Dalam catatan Opta, penyerang Athletic Bilbao menjadi pemain paling veteran yang pernah membela Spanyol di Euro (35 tahun 122 hari). Pada laga ini Aduriz sempat pamer aksi tendangan salto.
3 dari 7 halaman

Siapa Bisa Kalahkan Spanyol?

Siapa Bisa Kalahkan Spanyol?

Saat ini, Spanyol sudah membukukan 13 pertandingan tak terkalahkan di babak final Euro. Belum ada tim yang mampu mengalahkan La Roja sejak mereka kalah dari Portugal dengan skor 1-0 pada tahun 2004 yang lalu.




Siapa bisa mengalahkan Spanyol?
4 dari 7 halaman

Magis Asists Iniesta

Magis Asists Iniesta

Andres Iniesta kembali menunjukkan peran pentingnya untuk Spanyol. Bermain spartan sepanjang laga, Iniesta menandai permainan apiknya dengan assists manis yang memudahkan Gerard Pique mencetak gol pada menit ke-87.




Ini merupakan assists ke empat Iniesta untuk Spanyol di Euro. Lebih rinci, Opta mencatat bahwa Iniesta merupakan pemain Spanyol pertama yang mampu mencetak assists pada tiga edisi Euro.
5 dari 7 halaman

Clean Sheets De Gea

Clean Sheets De Gea

Diragukan tampil pada pertandingan ini karena skandal seks, David De Gea mampu membuktikan bahwa ia memiliki mental yang baik. Di tengah prahara dan kasus hukum yang menimpanya, kiper MU tetap tampil apik mengawal gawang Spanyol.




Tercatat ada tiga ancaman yang diberikan pemain Ceko pada pertandingan ini. Namun, De Gea masih sigap mengamankan gawang. Hal tersebut membuatnya mencatat empat clean sheets bersama Spanyol.
6 dari 7 halaman

Dominasi Harga Mati

Dominasi Harga Mati

Catatan statistik menunjukkan bahwa Spanyol sangat dominan pada pertandingan melawan Ceko. Penguasaan bola pasukan Vicente del Bosque menyentuh angka 72 persen berbanding dengan 28 persen untuk Ceko. Lantas bagaimana dengan jumlah umpan?




Jumlah umpan sukses seluruh pemain Ceko (177) setara dengan jumlah umpan sukses dua pemain Spanyol. Mereka adalah Sergio Ramos (92) dan Andres Iniesta (85). Dominasi harga mati bagi Spanyol.
7 dari 7 halaman

Rekor Clean Sheets

Rekor Clean Sheets

Tanpa kebobolan melawan Republik Ceko membuat Spanyol sukses mencatat sebuah rekor clean sheets. Gawang La Roja sudah tidak kebobolan pada enam pertandingan beruntun di Euro. Ini adalah rekor di Euro.




Selain itu, hasil ini juga merupakan torehan clean sheets ke-9 bagi Spanyol dari sepuluh pertandingan terakhirnya di Euro. Bukti betapa hebatnya duet Sergio Ramos (Real Madrid) dan Gerard Pique (Barcelona) di jantung pertahanan.


KOMENTAR

Editorial Lainnya