BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Fred, Willian & Penjualan Termahal Shakhtar Donetsk, Siapa Saja yang Sukses?

06-04-2021 12:29 | Aga Deta

Fred, Willian & Penjualan Termahal Shakhtar Donetsk, Siapa Saja yang Sukses?
Fred (c) AP Photo

Bola.net - Shakhtar Donetsk merupakan salah satu klub besar di Ukraina. Mereka juga dikenal sebagai pemasok pemain berkualitas kepada sederet klub raksasa Eropa.

Shakhtar Donetsk didirikan pada tahun 1936 silam. Artinya klub yang saat ini ditangani Luis Castro itu sudah berusia sekitar 84 tahun.

Hirnyky juga punya prestasi yang sangat bagus di Liga Utama Ukraina. Mereka telah jadi juara sebanyak 13 kali.

Di pentas Eropa, Shakhtar Donetsk juga pernah menorehkan prestasi. Mereka mampu menjadi juara Liga Europa pada musim 3008/09.

Banyak pemain hebat lahir atau menjadi besar di Shakhtar Donetsk. Mereka lalu dijual ke klub lain, yang seringnya dengan harga selangit.

Berikut ini tujuh penjualan termahal Shakhtar Donetsk dan nasib mereka kini.

1 dari 7 halaman

Dmytro Chygrynskiy

Dmytro Chygrynskiy (c) AFP
Dmytro Chygrynskiy (c) AFP

Dmytro Chygrynskiy dijual ke Barcelona pada 2009 dengan biaya 25 juta euro. Namun, Chygrynskiy tak pernah menjadi pilihan utama di klub karena kalah bersaing dengan bek Blaugrana lainnya.

Hanya berselang setahun, Chygrynskiy akhirnya kembali ke klub sebelumnya, yaitu Shakhtar Donetsk. Ia menghabiskan empat musim lagi di sana sebelum bergabung Dnipro Dnipropetrovsk pada 2014.

Chygrynskiy akhirnya hengkang ke AEK Athens pada tahun 2016. Ia banyak diganggu cedera pada musim ini dan hanya mencatatkan 17 penampilan di semua kompetisi.

2 dari 7 halaman

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan (c) AP Photo
Henrikh Mkhitaryan (c) AP Photo

Saat bermain bersama Shakhtar Donetsk, Henrikh Mkhitaryan sempat dikaitkan dengan Liverpool. Namun, gelandang serang asal Armenia ini akhirnya memilih bergabung ke Borussia Dortmund dengan biaya 27,5 juta euro.

Mkhitaryan kemudian bergabung dengan Manchester United pada 2016 dan memenangkan Piala Liga dan Liga Europa di bawah Jose Mourinho. Akan tetapi, sang pemain akhirnya dijual ke Arsenal pada Januari 2018.

Mkhitaryan kesulitan menunjukkan performa terbaiknya bersama Arsenal. Pemain berusia 32 tahun tersebut kemudian dilepas ke AS Roma dan mampu bangkit setelah pindah ke Italia.

3 dari 7 halaman

Douglas Costa

Douglas Costa (c) AFP
Douglas Costa (c) AFP

Setelah lima musim bermain bersama Shakhtar Donetsk, Douglas Costa kemudian melanjutkan kariernya di Bayern Munchen. Winger asal Brasil itu ditebus dengan biaya yang mencapai 30 juta euro.

Douglas Costa bersinar di Bayern dan berhasil memenangkan dua gelar Bundesliga dan DFB-Pokal. Ia akhirnya kehilangan tempatnya di tim setelah kedatangan Carlo Ancelotti di Allianz Arena dan dipinjamkan ke Juventus pada tahun 2017.

Juventus kemudian mempermanenkan status Douglas Costa dan sang pemain sudah memenangkan tiga gelar Serie A di Turin. Winger berusia 30 tahun itu sekarang sedang dipinjamkan ke Bayern Munchen.

4 dari 7 halaman

Willian

Winger Arsenal, Willian. (c) AP Photo
Winger Arsenal, Willian. (c) AP Photo

Willian dilepas ke Anzhi Makhachkala pada Januari 2013 dengan biaya sebesar 35 juta euro. Enam bulan berselang, pemain asal Brasil itu kemudian hijrah ke Chelsea.

Willian dengan cepat menjadi aset berharga Chelsea setelah datang ke Inggris. Pemain berusia 32 tahun itu sudah membantu The Blues menjuarai dua gelar Premier League.

Kebersamaan Willian dengan Chelsea akhirnya berakhir pada musim panas lalu. Ia hengkang ke Arsenal setelah kontraknya bersama The Blues berakhir.

5 dari 7 halaman

Fernandinho

Fernandinho (c) Manchester City FC
Fernandinho (c) Manchester City FC

Manchester City merekrut Fernandinho pada tahun 2013. The Citizens harus mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro untuk memboyong gelandang asal Brasil tersebut.

Fernandinho berhasil membuktikan dirinya sebagai aset berharga bagi The Citizens. Ia sudah membantu klub memenangkan tiga gelar Premier League dan lima Piala Liga.

Setelah mencatatkan 341 penampilan di semua kompetisi, Fernandinho akan segera berpisah dengan Manchester City. Pasalnya, kontrak sang pemain di Etihad akan habis pada akhir musim ini.

6 dari 7 halaman

Alex Teixeira

Alex Teixeira (c) VCG
Alex Teixeira (c) VCG

Alex Teixeira sangat santer dikaitkan dengan Liverpool pada tahun 2016. Akan tetapi, sang pemain lebih memlih bergabung dengan Jiangsu Suning dengan biaya 50 juta euro ketimbang datang ke Premier League.

Alex Teixeira tampil cukup baik di Liga Super China. Ia mampu mengantarkan timnya meraih juara liga pada musim kemarin.

Meski begitu, banyak yang menganggap Alex Teixeira menyia-nyiakan bakatnya di China. Kini gelandang serang berusia 31 tahun tersebut berstatus tidak punya klub.

7 dari 7 halaman

Fred

Gelandang Manchester United, Fred (c) AP Photo
Gelandang Manchester United, Fred (c) AP Photo

Fred bermain bagus bersama Shakhtar Donetsk dan berhasil mencuri perhatian Manchester United. Setan Merah kemudian mengeluarkan 59 juta euro untuk memboyongnya ke Old Trafford pada 2018.

Fred gagal menjadi pilihan utama di bawah asuhan Jose Mourinho di Manchester United. Namun, nasibnya kemudian mulai membaik setelah kedatangan Ole Gunnar Solskjaer.

Pemain asal Brasil itu sekarang sudah tampil reguler untuk Setan Merah. Meski begitu, penampilan Fred masih bisa dibilang belum stabil.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

Editorial Lainnya