Bagaimana Nasibnya? 8 Pemain Muda Chelsea yang Debut di Era Frank Lampard

Aga Deta | 10 Februari 2022, 15:40
Frank Lampard usai laga Chelsea vs Krasnodar, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo
Frank Lampard usai laga Chelsea vs Krasnodar, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Karier Frank Lampard sebagai manajer Chelsea terbilang singkat. Meski begitu, dia patut diapresiasi karena memberikan kesempatan kepada sejumlah pemain muda.


Lampard resmi menukangi The Blues pada 1 Juli 2019 lalu. Dia menjalani musim pertama dengan sangat baik.

Sayangnya, performa Chelsea merosot di musim kedua. Alhasil, Lampard harus meninggalkan klub setelah bertugas selama 571 hari.

Kurang lebih satu setengah musim di Stamford Bridge, Lampard tak sukses mengantar Chelsea meraih juara. Namun dia sering memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda.

Berikut ini delapan pemain muda Chelsea yang menjalani debut di bawah asuhan Frank Lampard.

1 dari 8 halaman

Mason Mount

Selebrasi Mason Mount usai mencetak gol dalam laga Watford vs Chelsea, Kamis (2/12/2021) (c) AP Photo

Mason Mount menjadi andalan Frank Lampard saat menjalani masa peminjaman bersama Derby County. Sang pemain kemudian mengikuti Lampard di Stamford Bridge.

Mount mendapat manfaat dari hukuman larangan transfer yang didapat Chelsea. Gelandang asal Inggris tersebut mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak di Stamford Bridge.

Mount terus berkembang di bawah penerus Lampard. Dia sekarang menjadi salah satu pemain penting Chelsea dan sudah mencatatkan 140 penampilan di semua kompetisi untuk The Blues.

2 dari 8 halaman

Billy Gilmour

Billy Gilmour berusaha mempertahankan bola dari gelandang Liverpool, Curtis Jones. (c) AP Photo

Billy Gilmour direkrut dari Rangers saat berusia 16 tahun pada tahun 2017. Dia pada akhirnya berhasil melakukan debut bersama Chelsea dalam pertandingan melawan Sheffield United pada Agustus 2019.

Sayangnya, Gilmour kesulitan mendapat tempat di bawah asuhan Thomas Tuchel. Sang gelandang pada akhirnya menghabiskan musim 2021-22 dengan status pinjaman di Norwich City.

Pemain berusia 20 tahun tersebut tidak disukai di bawah kepemimpinan Daniel Farke. Namun, Gilmour telah berhasil kembali ke starting XI setelah kedatangan Dean Smith di Carrow Road.

3 dari 8 halaman

Reece James

Aksi Reece James di laga Wolverhampton vs Chelsea, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Reece James merupakan pemain didikan akademi Chelsea. Dia sempat dipinjamkan ke Wigan Athletic yang bersaing di divisi Championship selama semusim penuh.

James kemudian dipromosikan ke tim utama Chelsea oleh Frank Lampard. Dia membuat 37 penampilan pada musim debutnya.

James sekarang menjadi pemain penting Chelsea pada era Thomas Tuchel. Dia sudah mencetak lima gol dan enam assist dari 23 pertandingan pada musim ini.

4 dari 8 halaman

Marc Guehi

Pemain Crystal Palace, Marc Guehi (kanan) (c) AP Photo

Marc Guehi menjalani debutnya seniornya di Chelsea dalam pertandingan Piala Liga melawan Grimsby. Dia juga bermain saat Chelsea kalah dari Manchester United di kompetisi yang sama.

Namun, kekalahan 2-1 dari Man United terbukti menjadi penampilan terakhir Guehi untuk The Blues. Dia kemudian menghabiskan 18 bulan dengan status pinjaman di tim Championship Swansea City.

Penampilan impresifnya di South Wales mampu menarik perhatian Crystal Palace. Mereka kemudian mengeluarkan 18 juta pounds untuk mendapatkan tanda tangannya pada musim panas 2021.

5 dari 8 halaman

Ian Maatsen

Seperti Guehi, Ian Maatsen juga melakukan debut seniornya di Chelsea dalam pertandingan melawan Grimsby. Namun, itu menjadi satu-satunya penampilannya bersama The Blues.

Pemain asal Belanda tersebut kemudan menghabiskan musim 2020-21 dengan status pinjaman di klub League One Charlton Athletic. Dia membuat 35 penampilan di semua kompetisi bersama The Addicks.

Pada musim ini, Maatsen menjalani masa peminjaman di Coventry City. Bek kiri berusia 29 tahun tersebut telah membuat 23 penampilan di Championship pada 2021-22.

6 dari 8 halaman

Tino Anjorin

Tino Anjorin juga membuat debutnya di tim senior Chelsea bersama Frank Lampard. Dia membuat satu penampilan pada ajang Premier League, FA Cup, Piala Liga dan Liga Champions.

Namun, Anjorin hanya membuat satu penampilan di bawah Thomas Tuchel. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut kemudian dipinjamkan ke Lokomotiv Moscow pada awal 2021-22.

Namun, cedera metatarsal mengakhiri masa peminjaman Anjorin di klub Rusia tersebut. Dia akan menghabiskan sisa musim ini bersama Huddersfield Town dengan status pinjaman.

7 dari 8 halaman

Tariq Lamptey

Pemain Chelsea Tariq Lamptey (kiri). (c) AP Photo

Tariq Lamptey menjalani debut yang impresif saat melawan Arsenal pada Desember 2019. Dia membantu Chelsea meraih kemenang 2-1 dalam pertandingan tersebut.

Lamptey tercatat hanya membuat tiga penampilan untuk The Blues. Dia kemudian bergabung ke Brighton dengan biaya transfer sebesar 4,5 juta pounds pada Januari 2020.

Meski sering diganggu cedera, Lamptey dianggap sebagai salah satu pemain muda terbaik di Premier League. Dia telah dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United, Arsenal dan Tottenham.

8 dari 8 halaman

Armando Broja

Penyerang muda Chelsea, Armando Broja, mendapat kontrak hingga Juni 2026 (c) AP Photo

Armando Broja mendapatkan debutnya untuk Chelsea di pertandingan Premier League melawan Everton pada Maret 2020. Dia menggantikan Olivier Giroud pada menit ke-86.

Sejauh ini, laga debut itu jadi satu-satunya penampilan Broja bersama tim senior Chelsea. Setelah itu, penyerang asal Albania tersebut dipinjamkan ke klub Belanda Vitesse.

Pada musim ini, Broja menjalani masa peminjaman di Southampton. Dia menjadi andalan manajer Ralph Hasenhuttl dan sudah mencetak delapan gol untuk The Saints.

Sumber: Planet Football

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR