Ajax Cuan Besar di Bursa Transfer 2022/2023, Ini 7 Pemain yang Dijualnya, Termasuk Antony

Aga Deta | 2 September 2022, 17:23
Erik Ten Hag bersama dengan Antony (c) MUFC Official
Erik Ten Hag bersama dengan Antony (c) MUFC Official

Bola.net - Ajax Amsterdam menjadi salah satu klub paling untung di bursa transfer musim panas ini. Ada beberapa pemain yang berhasil dijual dengan harga tinggi.

Di bawah bimbingan Erik Ten Hag, Ajax menjadi tim yang sangat disegani di Belanda. Mereka meraih tiga gelar Eredivisie di bawah tangan dinginnya.

Para pemain Ajax banyak yang menunjukkan performa mengesankan di lapangan bersama Ten Hag. Alhasil, mereka menjadi rebutan sejumlah klub Eropa.

Musim panas ini, Ajax harus kehilangan Ten Hag yang pindah ke Manchester United. Selain itu, Ajax juga merelakan kepergian sejumlah pemain pilar dalam tim.

Kepergian pemain-pemain ini membantu Ajax mendapat keuntungan yang sangat besar. Beberapa pemain berhasil dilepas dengan harga yang cukup tinggi.

Lalu, siapa saja para pemain yang dijual Ajax pada musim panas ini? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 7 halaman

Dominik Kotarski

Dominik Kotarski tidak masuk dalam rencana Ajax Amsterdam pada musim ini. Kiper asal Kroasia tersebut akhirnya dijual ke klub Yunani PAOK.

Ajax mendapatkan satu juta euro saat melepas Kotarski ke PAOK. Pemain berusia 22 tahun tersebut menandatangani kontrak berdurasi empat tahun di Toumba Stadium.

Pada musim lalu, Kotarski dipinjamkan ke Gorica. Dia mencatatkan 28 penampilan di semua kompetisi untuk klub asal Kroasia tersebut.

2 dari 7 halaman

Nicolas Tagliafico

Bek kiri andalan Ajax Amsterdam, Nicolas Tagliafico. (c) AP Photo

Bek kiri andalan Ajax Amsterdam, Nicolas Tagliafico. (c) AP Photo

Nicolas Tagliafico bergabung dengan Lyon pada bursa transfer musim panas ini. Ajax Amsterdam mendapatkan 4,2 juta euro dari penjualan bek berusia 30 tahun tersebut.

Tagliafico meninggalkan Ajax setelah bermain empat musim. Pemain Argentina itu membuat total 167 penampilan dengan mencetak 16 gol dan menyumbang 22 assist.

Tak hanya itu saja, Tagliafico memenangkan tiga gelar Eredivisie dan dua KNVB Cup bersama klub berjuluk de Joden. Dia juga menjadi bagian penting dari Ajax saat melaju ke semifinal Liga Champions pada 2019.

3 dari 7 halaman

Perr Schuurs

Pemain Ajax Amsterdam, Perr Schuurs (kanan) coba menjegal penyerang Liverpool, Sadio Mane (kiri) dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Rabu (2/12/2020). (c) AP Photo

Pemain Ajax Amsterdam, Perr Schuurs (kanan) coba menjegal penyerang Liverpool, Sadio Mane (kiri) dalam laga lanjutan fase grup Liga Champions hari Rabu (2/12/2020). (c) AP Photo

Perr Schuurs bergabung dengan Ajax Amsterdam dari Fortuna Sittard pada musim panas 2018. Namun dia tidak pernah berhasil menjadi pilihan utama di lini belakang.

Pada musim ini, Schuurs memutuskan untuk melanjutkan karirnya di Serie A. Bek tengah asal Belanda tersebut bergabung dengan Torino seharga 9 juta euro.

Schuurs membuat total 95 penampilan untuk Ajax. Pemain berusia 22 tahun tersebut menyumbang tiga gol dan empat assist dari penampilannya tersebut.

4 dari 7 halaman

Ryan Gravenberch

Ryan Gravenberch dikenalkan sebagai pemain baru Bayern Munchen (c) FC Bayern Munchen

Ryan Gravenberch dikenalkan sebagai pemain baru Bayern Munchen (c) FC Bayern Munchen

Ryan Gravenberch merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam. Dia membuat debut di tim senior pada tahun 2018 setelah dua musim membela Jong Ajax.

Meski usianya masih sangat muda, Gravenberch berhasil menjadi pilihan utama di lini tengah Ajax. Penampilannya itu menarik perhatian sejumlah klub papan atas Eropa.

Gravenberch kemudian memilih melanjutkan kariernya di Jerman dengan pindah ke Bayern Munchen. Kepindahannya ke Allianz Arena memakan biaya sebesar 18,5 juta euro.

5 dari 7 halaman

Sebastien Haller

Pemain baru Borussia Dortmund, Sebastien Haller. (c) Borussia Dortmund Official

Pemain baru Borussia Dortmund, Sebastien Haller. (c) Borussia Dortmund Official

Sebatien Haller hengkang ke Ajax Amsterdam pada Januari 2021. Dia bereuni kembali dengan mantan pelatihnya di Utrecht Erik Ten Hag di Johan Cruyff Arena.

Musim lalu, Haller menjadi top skor Eredivisie dan tampil luar biasa di Liga Champions dengan 11 gol. Namun, Ajax memilih melepasnya pada musim panas ini.

Haller dijual oleh Ajax dengan mahar sebesar 31 juta euro. Sayangnya, Haller dinyatakan mengidap tumor testis tak lama setelah bergabung dengan Dortmund.

6 dari 7 halaman

Lisandro Martínez

Lisandro Martinez. (c) Manchester United Official

Lisandro Martinez. (c) Manchester United Official

Setelah tiga musim yang indah bersama Ajax Amsterdam, Lisandro Martinez meninggalkan Belanda. Dia mengikuti jejak Erik ten Hag pindah ke Manchester United.

Manchester United mendatangkan Martinez dengan nilai transfer 57,37 juta euro. Bek tengah Argentina tersebut dikontrak sampai 2027 di Old Trafford.

Sebagai bek tengah, Martinez tidak punya postur yang tinggi. Namun, dia kini menjadi pemain andalan Ten Hag di lini pertahanan Setan Merah.

7 dari 7 halaman

Antony

winger Man United, Antony. (c) manutd.com

winger Man United, Antony. (c) manutd.com

Ajax Amsterdam sepakat melepas Antony ke Manchester United pada musim panas ini. Pemain sayap asal Brasil tersebut dilego ke Old Trafford dengan harga 95 juta euro.

Dengan harga tersebut, Antony menjadi penjualan termahal dalam sejarah transfer Ajax. Dia memecahkan rekor Frenkie de Jong yang dilepas ke Barcelona pada 2019.

Ajax juga berpotensi mendapatkan 100 juta euro dari penjualan Antony. Sebab, ada klausul tambahan sebesar 5 juta euro dalam kesepakatan kedua klub.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR