BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

8 Pesepakbola Tersukses di Eropa

07-03-2016 13:13 | Aga Deta

8 Pesepakbola Tersukses di Eropa
Ryan Giggs (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Jumlah titel atau gelar juara merupakan salah satu hal yang digunakan sebagai parameter untuk menentukan tingkat keberhasilan seorang pemain. Semakin banyak trofi yang diraih tentunya sang pemain bisa dikategorikan sebagai pesepakbola yang sukses.

Kali ini Bolanet sudah merangkum 8 nama pemain tersukses di Eropa, berdasarkan pada jumlah titel yang pernah mereka raih di level domestik maupun Internasional. Dari 8 nama yang ada di daftar ini, hanya ada empat di antaranya yang masih aktif bermain dan berpeluang untuk menambah gelar musim ini.

Siapa sajakah mereka? Apakah nama pemain favorit Bolanetters masuk dalam daftar? Mari kita simak satu-persatu seperti dilansir dari situs UEFA.

1 dari 8 halaman

Xavi Hernandez

Xavi merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dihasilkan Spanyol. Gelandang elegan berusia 36 tahun ini menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Barcelona.

Xavi pernah membawa Barcelona meraih kesuksesan dengan memenangkan berbagai macam gelar bergengsi di level domestik maupun Eropa. Selain itu ia juga membantu negaranya mejuarai Piala Dunia (2010) dan Piala Eropa (2008 dan 2012). Xavi meninggalkan Barcelona di tahun 2015 dan kini sedang menikmati masa akhir karirnya di klub Qatar Al Sadd.

Jumlah Trofi: 22

Spanyol: 1 Piala Dunia, 2 Piala Eropa

Barcelona: 4 Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, 2 Piala Dunia Anatar Klub, 8 La Liga, 3 Copa del Rey
2 dari 8 halaman

Johan Cruyff

Legenda asal Belanda ini meraih kesuksesan besar ketika memperkuat Ajax Amsterdam dan Barcelona. Ia membantu dua klub tersebut meraih berbagai macam gelar di level domestik maupun Eropa.

Cruyff juga sempat mengantarkan Feyenood meraih dua trofi sebelum pensiun di tahun 1984. Tiga gelar Ballon d' Or adalah bukti dari kehebatan Cruyff di atas lapangan.

Jumlah Trofi: 22

Ajax: 3 Piala Eropa, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Intercontinental, 8 Eredivisie, 5 Piala Belanda

Barcelona: 1 La Liga, 1 Copa del Rey

Feyenoord: 1 Eredivise, 1 Piala Belanda
3 dari 8 halaman

Vitor Baia

Baia menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Porto. Kiper legendaris asal Portugal ini membantu Porto meraih 10 titel Primeira Liga dan satu trofi Liga Champions.

Baia juga pernah memperkuat Barcelona selama dua setengah musim. Meski karirnya di Camp Nou berjalan singkat, Baia sempat memenangkan satu La Liga dan dua Copa del Rey.

Jumlah Trofi: 22

Porto: 1 Liga Champions, 1 Piala UEFA, 1 Piala Intercontinental, 10 Primeira Liga, 5 Piala Portugal

Barcelona: 1 Piala Winners, 1 La Liga, 2 Copa del Rey
4 dari 8 halaman

Dani Alves

Alves bergabung dengan Barcelona pada tahun 2008 setelah ditransfer dari Sevilla. Sejak itu Alves sudah memenangkan berbagai macam gelar bergengsi di Camp Nou.

Pemain asal Brasil ini juga pernah mengantarkan negaranya menjuarai Copa America pada tahun 2007. Alves masih berpeluang besar menambah koleksi gelarnya musim ini mengingat Barcelona kembali difavortikan untuk meraih treble winners.

Jumlah Trofi: 22

Brasil: 1 Copa America

Sevilla: 2 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, 1 Copa del Rey

Barcelona: 3 Liga Champions, 3 Piala Super Eropa, 3 Piala Dunia Antar Klub, 5 La Liga, 3 Copa del Rey
5 dari 8 halaman

Oleksandr Shovkovskiy

Shovkovskiy merupakan pemain jebolan dari akademi sepakbola Dinamo Kiev. Sejak masa remaja dan hingga sekarang Shovkovskiy hanya bermain untuk satu klub.

Kiper veteran berusia 41 tahun ini telah memenangkan banyak gelar bersama Dinamo Kiev. Namun sayang, ia belum pernah memenangkan kompetisi Eropa.

Jumlah Trofi: 23

Dinamo Kiev: 13 Liga Utama Ukraina, 10 Piala Ukraina
6 dari 8 halaman

Andres Iniesta

Iniesta menimba ilmu di akademi Barcelona dan membuat debutnya pada tahun 2002 di usia 18 tahun. Sejak itu ia ikut ambil bagian dari kesuksesan Barcelona mendominasi kompetisi domestik maupun Eropa.

Kesuksesan Iniesta ternyata juga ikut menular di level internasional. Gelandang kapten Barcelona itu memenangkan satu Piala Dunia dan dua Piala Eropa bersama timnas Spanyol.

Jumlah Trofi: 23

Spanyol: 1 Piala Dunia, 2 Piala Eropa

Barcelona: 4 Liga Champions, 3 Piala Super Eropa, 3 Piala Dunia Antar Klub, 7 La Liga, 3 Copa del Rey
7 dari 8 halaman

Kenny Dalglish

Dalglish menghabiskan sebagian besar karirnya bersama Celtic dan Liverpool. Pria Skotlandia ini sukses mengantarkan Celtic memenangkan empat gelar liga.

Pada tahun 1977, Dalglis memutuskan pindah ke Liverpool dan karirnya semakin bersinar di Anfield. Dalglish kemudian ikut membantu The Reds merajai kompetisi domestik maupun Eropa.

Jumlah Trofi: 24

Celtic: 4 Liga Skotlandia, 4 Piala Skotlandia, 1 Piala Liga Skotlandia

Liverpool: 3 Piala Eropa, 1 Piala Super Eropa, 6 First Division, 1 Piala FA, 4 Piala Liga
8 dari 8 halaman

Ryan Giggs

Giggs merupakan pesepakbola Wales yang paling sukses di generasinya. Ia adalah anggota 'Class of 92' yang menjadi tulang punggung Manchester United selama bertahun-tahun.

Selama 24 tahun bermain bersama Setan Merah, Giggs telah mengukir reputasi sebagai salah satu pemain terbesar di dunia dengan meraih berbagai macam gelar di Old Trafford. Ia turut memenangkan 13 gelar Premier League dan dua trofi Liga Champions bersama MU.

Jumlah Trofi: 25

Manchester United: 2 Liga Champions, 1 Piala Super Eropa, 1 Piala Intercontinental, 1 Piala Dunia Antar Klub, 13 Premier League, 4 Piala FA, 3 Piala Liga


KOMENTAR

Editorial Lainnya