BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

8 Pemain asal Portugal yang Pernah Membela Chelsea dan Porto

13-04-2021 17:09 | Aga Deta

8 Pemain asal Portugal yang Pernah Membela Chelsea dan Porto
Deco (c) AFP

Bola.net - Chelsea akan menghadapi dalam pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions pada Rabu (14/4/2021) dinihari WIB. Pertandingan ini akan berlangsung di Ramon Sanchez-Pizjuan, Sevilla, Spanyol.

Pada leg pertama, Chelsea mengalahkan Porto dengan skor 2-0. The Blues meraih kemenangan lewat gol-gol Mason Mount menit 32 dan Ben Chillwell menit 85.

Dengan hasil ini, pasukan Thomas Tuchel pun berada dalam posisi yang sangat menguntungkan. Mereka hanya perlu hasil imbang tanpa gol untuk melaju ke semifinal.

Chelsea sendiri memiliki sejarah tersendiri dengan Porto. Ada beberapa pemain, khususnya dari Portugal, yang pernah membela kedua klub ini

Berikut daftar pemain asal Portugal yang pernah berseragam Chelsea dan Porto.

1 dari 8 halaman

Raul Meireles

Raul Meireles membela Porto selama enam musim antara 2004–2010. Dia mencatatkan 187 penampilan dengan mencetak 19 gol dan 28 assist sebelum pindah ke Liverpool.

Meireles hanya bertahan satu musim di Liverpool. Setelah itu pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut memutuskan untuk pindah ke Chelsea.

Mantan pemain Boavista itu ternyata juga hanya bertahan selama satu musim di Stamford Bridge. Bersama The Blues, Meireles tampil 48 kali dan mencetak enam gol serta enam assist.

2 dari 8 halaman

Ricardo Quaresma

Ricardo Quaresma (c) AFP Ricardo Quaresma (c) AFP

Ricardo Quaresma berseragam Porto selama empat tahun pada periode 2004–2008. Ia tampil dalam 216 pertandingan dengan 49 gol serta 57 assist untuk klub Portugal tersebut.

Quaresma memperkuat Chelsea saat bermain di Inter Milan. Winger asal Portugal itu datang ke Stamford Bridge dengan status pinjaman.

Mantan pemain Barcelona itu berada di Chelsea selama setengah musim. Quaresma bermain untuk The Blues dalam lima pertandingan dengan torehan satu assist.

3 dari 8 halaman

Jose Bosingwa

Jose Bosingwa menunjukkan performa bagus bersama Porto. Dia mencatatkan 143 penampilan dengan tiga gol dan enam assist selama lima musim.

Chelsea kemudian kepincut dengan performa Bosingwa. Manajemen The Blues akhirnya memboyong sang bek kanan ke Stamford Bridge pada 2008.

Bosingwa bermain untuk Chelsea selama empat musim. Pemain asal Portugal tersebut tampil 126 kali untuk The Blues sebelum melanjutkan kariernya di QPR.

4 dari 8 halaman

Deco

Deco (c) AFP Deco (c) AFP

Deco mempunyai peran yang sangat penting bersama FC Porto dan meraih titel juara Liga Champions. Hal ini membuat Deco mendapat kesempatan bermain di Barcelona

Deco pun mulai menjajal Premier League bersama Chelsea di tahun 2008. Ia membuat 58 penampilan dengan enam gol dan lima assist.

Deco juga membantu Chelsea meraih gelar Premier League, FA Cup dan Community Shield. Dia bermain di Stamford Bridge selama dua tahun sebelum melanjutkan kariernya di Fluminense.

5 dari 8 halaman

Henrique Hilario

Henrique Hilario merupakan jebolan akademi Porto. Namun, dia hanya mencatatkan 12 penampilan untuk klub Portugal itu antara tahun 1996-2004.

Hilario didatangkan ke Chelsea pada 2006 oleh Jose Mourinho. Pemain asal Portugal itu tentu saja hanya menjadi kiper pelapis di Stamford Bridge.

Meski tak pernah menjadi pilihan utama, Hilario mampu bertahan lama di Chelsea. Ia berseragam The Blues selama delapan musim dengan memainkan 39 pertandingan.

6 dari 8 halaman

Maniche

Maniche bergabung dengan Porto pada tahun 2002. Namun, gelandang asal Portugal itu hengkang ke klub Rusia Dynamo Moskow tiga tahun kemudian.

Jose Mourinho kemudian mendatangkan Maniche ke Chelsea pada Januari 2006. Dia merapat ke Stamford Bridge dengan status pinjaman.

Maniche hanya bermain selama enam bulan bersama Chelsea. Mantan pemain Benfica itu mendapat jatah waktu bermain sebanyak 11 pertandingan saja.

7 dari 8 halaman

Paulo Ferreira

Paulo Ferreira (c) CFC Paulo Ferreira (c) CFC

Paulo Ferreira membela Porto selama dua musim, yakni antara 2002–2004. Bek asal Portugal itu kemudian mengikuti Jose Mourinho ke Chelsea.

Ferreira meraih banyak kesukaan bersama Chelsea. Dia tampil dalam 217 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 8 assist.

Mantan pemain Vitoria Setubal itu juga memenangkan tiga gelar Premier League, empat Piala FA, tiga Piala Liga, satu Liga Europa dan satu Liga Champions sebelum menutup kariernya di Chelsea pada 20013.

8 dari 8 halaman

Ricardo Carvalho

Ricardo Carvalho (c) AFP Ricardo Carvalho (c) AFP

Ricardo Carvalho didatangkan Jose Mourinho ke Chelsea dari Porto pada tahun 2004. Dia sebelumnya bermain untuk klub Portugal tersebut antara 1997-2004.

Carvalho kemudian membentuk duet bek yang sangat solid dengan John Terry. Dia juga meraih kesuksesan besar selama bermain bersama The Blues.

Bersama Chelsea, Carvalho tampil dalam 210 pertandingan dengan torehan 11 gol dan 6 assist. Dia juga memenangkan tiga gelar Premier League sebelum meninggalkan klub pada 2010.

Sumber: transfermarkt



KOMENTAR

Editorial Lainnya