BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

7 Pemilik Nomor 7 Paling Ikonik Sepanjang Masa

15-03-2016 01:12 | Asad Arifin

7 Pemilik Nomor 7 Paling Ikonik Sepanjang Masa
Eric Cantona (c) Repro

Bola.net - Bola.net - Nomor punggung bagi pemain sepakbola bukanlah sekedar nomor yang menjadi hiasan di jersey belaka. Nomor punggung juga terkait dengan faktor psikologis, hoki, tingkat kepercayaan diri bahkan hingga mitos.

Salah satu nomor yang paling ikonik dalam sepakbola tentu nomor punggung 7 (tujuh). Nomor punggung ini pada perkembangannya menjadi nomor pilihan bagi pemain-pemain top di sejarah sepakbola.

Banyak pemain sohor di sejarah sepakbola yang menjadikan nomor tujuh sebagai pilihan mereka. Tidak semuanya sukses memang, namun, beberapa pemain yang mengenakan nomor tujuh sukses mengukir nama mereka dalam sejarah sepakbola.

Berikut Bola.net sajikan pemain dengan nomor punggung tujuh yang paling ikonik sepanjang sejarah sepakbola.

1 dari 8 halaman

Robert Pires

Robert Pires

Robert Pires adalah bagian tak terpisahkan dari era kejayaan era Arsenal di bawah komando Arsene Wenger di awal tahun 2000-an. Ia juga pernah menjadi pemain kunci bagi timnas Prancis dalam merajai beberapa turnamen besar di Eropa dan dunia.

Salah satu kelebihan Pires adalah kecepatan saat berlari dengan membawa bola. Hal inilah yang membuat Pires susah untuk dihentikan lawan. Sama seperti Thierry Henry, Pires bisa meningkatkan kecepatan mendadak yang bisa membuat lawan yang menjaganya kelimpungan.

Karir Pires di sepakbola cukup panjang. Setelah menyelesaikan pengabdian bersama Arsenal pada tahun 2006, Pires sempat membela Villarreal, Aston Villa, hingga klub asal India, FC Goa. Pires pensiun beberapa waktu yang lalu pada usai ke-42 tahun.

Salah satu musim terbaik Pires adalah saat mengantar Arsenal merajai Premier League pada musim 2003/2004.
2 dari 8 halaman

Eric Cantona

Eric Cantona

Pelatih Sir Alex Ferguson menyebut Cantona adalah kepingan terakhir yang akan memastikan kejayaan Manchester United saat ia memboyong Cantona dari Leeds United pada tahun 1992. Hal yang kemudian hari memang terbukti.

Bintang asal Prancis ini membuktikan ucapan Ferguson dengan mempersembahkan empat gelar juara Premier League kepada MU yakni pada musim 1992–93, 1993–94, 1995–96, 1996–97. Namun, pada era ini karirnya juga diwarnai dengan kontroversi tendangan kungfu.

Sepanjang karirnya bersama MU, pemain yang dijuluki King Eric ini merangkum 64 gol dalam 143 pertandingan di Premier League.

Setelah pensiun, Cantona sempat menjalani beberapa karir baik di dunia sepakbola maupun di luar sepakbola. Cantona pernah aktif di sepakbola pantai. Ia juga pernah mendapatkan peran di beberapa film yang begitu laris di dunia.
3 dari 8 halaman

Luis Figo

Luis Figo

Luis Figo adalah pemain selanjutnya yang begitu ikonik dengan nomor punggung tujuh. Figo memakai nomor punggung tujuh saat bermain di Barcelona, Inter Milan dan timnas Portugal. Pada era ini Figo menjadi salah satu pemain yang begitu ikonik dengan nomor punggung tujuh.

Figo hingga saat ini menjadi pemain dengan caps terbanyak bagi timnas Portugal. Ia memiliki 127 caps bagi timnas Portugal.

Selama berkarir di sepakbola, selain sarat prestasi Figo juga pernah terlibat beberapa momen kontroversial. Yang paling panas tentu saja saat ini memilih membelot dari Barcelona menuju Real Madrid. Akibat hal ini, fans Barca pernah melemparinya dengan potongan kepala babi.

Sebagai catatan, ketika membela Real Madrid, Figo memakai nomor punggung 10.
4 dari 8 halaman

George Best

George Best

George Best adalah salah satu talenta terbaik yang pernah dilahirkan oleh tanah Britania. Ia memiliki peran penting dalam sejarah timnas Inggris dan Manchester United. Best begitu ikonik dengan nomor punggung tujuh.

Bahkan, Best disebut sebagai sosok yang memulai tradisi keramatnya nomor punggung tujuh di sejarah klub Manchester United. Semasa aktif bermain, Best bisa bermain di posisi winger dan gelandang serang.

Kesohoran Best pada eranya dapat diwakili dengan adagium berikut ini: "Maradona Good, Pelle Better, Goerge Best".
5 dari 8 halaman

Kenny Dalglish

Kenny Dalglish

Kenny Dalglish merupakan salah satu legenda terbesar dalam sejarah Liverpool. Ia menjadi bagian pada masa bagian tak terpisahkan dari masa kejayaan Liverpool pada dekade tahun 1970 hingga 1980an.

Kenny mempersembahkan enam gelar juara Liga Inggris, dua gelar FA Cup, empat gelar Piala Liga, tiga gelar di Eropa bagi Liverpool. Hal tersebut membuatnya berhak menyandang julukan King Kenny.

Tak hanya sebagai pemain, King Kenny juga pernah mengabdi di Liverpool sebagai pelatih.
6 dari 8 halaman

Garrincha

Garrincha

Namanya selalu berada di bawah bawang-bayang salah satu pemain terbaik dalam sejarah Brasil, Pele. Hal inilah yang membuat nasib Garrincha tidak begitu mujur. Tak banyak yang mengetahui betapa hebatnya pemain yang identik dengan klub Botafogo ini.

Selama karirnya, Garrincha sukses mengantarkan Brasil meraih dua kali gelar di Piala Dunia.

Piala Dunia 1962 menjadi panggung kehebatan bagi Garrincha. Berposisi sebagai winger kanan, saat itu ia disebut sebagai pemain dengan kemampuan dribbel terbaik di dunia. Tanpa diperkuat oleh Pele, Garrincha sukses mengantar Brasil menjadi juara dunia di Piala Dunia 1962.

Bahkan, pada saat itu Garrincha juga didaulat sebagai pemain bermain terbaik sekaligus pencetak gol terbanyak.
7 dari 8 halaman

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa sosok Cristiano Ronaldo adalah pemain yang sangat ikonik dengan nomor punggung tujuh. Bahkan, ia memiliki nama sohor CR7. Nama tersebut mewakili Cristiano Ronaldo 7.

Ronaldo mulai memakai nomor punggung tujuh saat bergabung dengan Manchester United dari Sporting Lisbon. Sejak saat itu ia sangat identik dengan nomor punggung tujuh. Bersama MU, Ronaldo pernah merasakan gelar Premier League hingga Liga Champions.

Ronaldo tak kehilangan pamornya saat pindah ke Real Madrid. Sempat berganti ke nomor punggung sembilan, Ronaldo kembali mengenakan nomor punggung tujuh hingga saat ini. Sama seperti di MU, Ronaldo juga mempersembahkan beragam gelar bagi Real Madrid. Bintang asal Portugal juga menumbangkan banyak rekor di Real Madrid.
8 dari 8 halaman

Ekstra

Ekstra

Tujuh pemain yang sudah disebut sebelumnya memang tidak cukup mewakili para pemain terbaik yang pernah memakai nomor tujuh. Masih banyak nama pemain lain yang juga mengenakan nomor tujuh dan memiliki prestasi terbaik serta sosok yang ikonik.

Pemain tersebut antara lain, David Beckham, Raul Gonzales, David Villa, Frank Ribery, Kevin Keegan, Bryan Robson, Andriy Shevchenko, Henrik Larsson dan masih banyak lainnya.

Lantas siapa pemain nomor punggung tujuh jagoan Bolaneters?


KOMENTAR

Editorial Lainnya