7 Pemain yang Pernah Menjalani Trial di MU, Salah Satunya Christian Eriksen

Aga Deta | 1 Juli 2022, 15:46
Christian Eriksen debut bersama Brentford di Premier League 2021/22 (c) 1
Christian Eriksen debut bersama Brentford di Premier League 2021/22 (c) 1

Bola.net - Manchester United merupakan salah satu klub besar di Inggris. Mereka sangat sering merekrut talenta muda terbaik dari berbagai negara.


Sir Alex Ferguson berhasil membangun Setan Merah menjadi klub yang sangat mendominasi di Premier League. Mereka punya 13 gelar juara di kompetisi tersebut.

Sebagai klub besar, Manchester United juga leluasa menggaet pemain terbaik dari berbagai penjuru dunia. Di sisi lain akademi mereka dari masa ke masa intens memproduksi pemain-pemain bermutu.

Pemain bintang seperti David Beckham, Paul Scholes dan Gary Neville muncul dari akademi Setan Merah. Adapun Scott McTominay dan Marcus Rashford adalah dua contoh terkini.

Terlepas dari berbagai kelebihan yang mereka miliki, Manchester United juga kerap melewatkan kesempatan untuk mendapatkan pemain hebat meski telah melakukan uji coba di Old Trafford.

Berikut ini tujuh pemain yang ternyata pernah melakukan trial di Manchester United.

1 dari 7 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard (c) AFP

Steven Gerrard merupakan legenda Liverpool. Pria asal Inggris tersebut memainkan 710 pertandingan untuk The Reds sebelum pindah ke LA Galaxy pada 2015.

Sebelum bergabung dengan Liverpool, Gerrard mengaku pernah menjalani trial di Manchester United. Saat itu, Gerrad sempat memakai emblem United dan bermain bersama Wes Brown.

“Aneh memang, karena saya mendapat banyak surat masuk saat itu untuk mencoba tempat-tempat yang berbeda. Everton, United, Palace, West Ham, sedikit diantaranya," kata Gerrard di podcast The Greatest Game.

2 dari 7 halaman

Freddy Adu

Pernah digadang-gadang bakal jadi bintang besar, karier Freddy Adu tidak pernah benar-benar lepas landas. Dia pernah bermain di sejumlah negara di Yunani, Brasil, Serbia, Finlandia dan Swedia.

Sir Alex Ferguson pernah mengundang Adu untuk latihan bersama Manchester United. Namun, masalah izin kerja menghalangi kesepakatan di antara keduanya.

“Freddy telah melakukan semuanya dengan baik. Dia anak yang berbakat. Dia akan kembali ke Amerika Serikat dan kami akan terus memantaunya. Ketika dia berusia 18 tahun, kami harus menilai apa yang bisa kami lakukan selanjutnya," kata Ferguson.

3 dari 7 halaman

Gabriel Martinelli

Selebrasi penyerang Arsenal Gabriel Martinelli usai menjebol gawang Watford di pekan ke-28 Premier League 2021-22 di Vicarage Road, Minggu (06/03/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Selebrasi penyerang Arsenal Gabriel Martinelli usai menjebol gawang Watford di pekan ke-28 Premier League 2021-22 di Vicarage Road, Minggu (06/03/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Sejak bergabung pada 2019, Gabriel Martinelli perlahan tapi pasi berhasil menembus tim utama Arsenal. Kini dia menjadi andalan Mikel Arteta di lini serang The Gunners.

Martinelli sebenarnya berpotensi menjadi pemain Manchester United di masa lalu. Dia sempat menjalani trial sebanyak empat kali di Old Trafford.

“Dari 2015 hingga 2017, saya berlatih di sana [di United] empat kali selama sekitar 15 hari setiap kali,” kata Martinelli kepada ESPN Brasil.

4 dari 7 halaman

Joao Virginia

Pada tahun 2014, Manchester United sedang mencari bintang baru berikutnya di posisi penjaga gawang. Mereka pun memberi Joao Virginia yang baru berusia 15 tahun untuk melakukan trial.

Meski bintang muda Portugal itu tampil mengesankan, Setan Merah memilih untuk tidak merekrutnya. Dia kemudian bergabung dengan Arsenal setahun kemudian.

Virginia tidak pernah tampil untuk The Gunners dan bergabung dengan Everton pada 2018. Dia sekarang masih berada di Goodison Park dan bersaing ketat dengan Jordan Pickford di bawah mistar gawang.

5 dari 7 halaman

Christian Eriksen

Christian Eriksen ketika membela Brentford pada musim 2021/2022 (c) AP Photo

Christian Eriksen ketika membela Brentford pada musim 2021/2022 (c) AP Photo

Manchester United saat ini sedang berusaha untuk meyakinkan Christian Eriksen agar mau datang ke Old Trafford. Kontraknya dengan Brentford berakhir pada musim panas ini.

Erik Ten Hag sangat menginginkan gelandang asal Denmark tersebut untuk bermain di Manchester United. Akan tetapi, Setan Merah sebenarnya punya kesempatan untuk merekrut Eriksen sewaktu remaja.

Saat bermain untuk Odense Boldklub, Eriksen pernah menjalani trial di beberapa klub besar Eropa seperti Chelsea, Barcelona, Real Madrid dan Manchester United. Namun, Eriksen pada akhirnya menandatangani kontrak dengan Ajax Amsterdam.

6 dari 7 halaman

John Terry

John Terry (c) AFP

John Terry (c) AFP

Sebelum menghabiskan belasan tahun bersama Chelsea, John Terry ternyata pernah hampir berseragam Manchester United. Dia dipaksa sang ayah untuk bergabung Setan Merah.

Namun, Terry pada akhirnya menentang keputusan tersebut dan akhirnya memilih Chelsea. Keputusannya memilih The Blues itu benar-benar tidak salah.

"Ketika saya berusia 14 tahun, saya pergi ke Old Trafford untuk trial. Pemandu bakat United di London, Malcolm Fidgen, membawa saya ke dalam mobil dan saya duduk di sebelah David Beckham sepanjang perjalanan. Dia naik sebagai peserta latihan dan, sekitar seminggu kemudian, dia menandatangani kontrak di sana," kenang Terry

"Saya menjalani uji coba anak sekolah dan mereka ingin saya bergabung juga. Tapi Chelsea telah menawari saya hal yang sama dan jadi saya menolak United."

7 dari 7 halaman

Alphonso Davies

Pemain Bayern Munchen, Alphonso Davies. (c) AP Photo

Pemain Bayern Munchen, Alphonso Davies. (c) AP Photo

Alphonso Davies memang tidak pernah menjalani trial di Manchester United pada tahun 2018. Akan tetapi, Setan Merah mengabaikan rekomendasi untuk merekrut pemain asal Kanada tersebut.

Saat bermain di Vancouver Whitecaps, mantan pemandu bakat Man United Jorge Alvial, pernah merekomendasikan Davies kepada Setan Merah. Sayang sarannya tersebut tidak didengar oleh mereka di Old Trafford dan Bayern Munchen pada akhirnya mendapatkan sang pemain.

"Selama dua tahun saya merekomendasikan Davies pada Man United. Tanpa berpikir lebih jauh, saya menuliskan 40 laporan tentangnya," kata Alvial.

Sumber: Daily Star

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR