BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

7 Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan Bayern Munchen

14-09-2021 14:43 | Aga Deta

7 Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan Bayern Munchen
Philippe Coutinho (c) AP Photo

Bola.net - Barcelona dan Bayern Munchen akan saling bentrok pada matchday pertama Grup E Liga Champions 2021-2022. Duel ini akan berlangsung di Camp Nou, di Stadion Camp Nou, Rabu (15/9/2021) dini hari WIB.

Pertemuan antara Barcelona dengan Bayern ini sepertinya akan berjalan dengan sengit. Pasalnya, Blaugrana mengusung misi balas dendam saat menjamu raksasa Jerman tersebut.

Barcelona punya memori kelam kala berhadapan dengan Bayern pada babak perempat final Liga Champions 2019/2020. El Barca di babat habis Bayern dengan skor telak 8-2.

Di luar persaingan sengit di atas lapangan, Barcelona dan Bayern sebenarnya punya hubungan dalam soal transfer pemain. Ada beberapa pemain yang pernah memperkuat kedua tim.

Berikut ini 7 pemain yang pernah membela Barcelona dan Bayern Munchen.

1 dari 7 halaman

Mark Hughes

Mark Hughes menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 1986. Namun, dia hanya bertahan selama satu tahun di Camp Nou.

Pria asal Wales tersebut kemudian pindah ke Bayern Munchen pada musim 1987/88. Hughes datang ke klub Bundesliga tersebut dengan status pinjaman.

Hughes sama-sama gagal memenangkan gelar bersama Barcelona maupun Bayern. Dia akhirnya kembali ke Manchester United pada akhir musim itu.

2 dari 7 halaman

Patrik Andersson

Patrik Andersson adalah mantan pemain sepak bola yang berposisi sebagai pemain belakang. Pria asal Swedia tersebut memperkuat Bayern Munchen antara 1999-2001.

Selama dua tahun bermain di di Allianz Arena, Anderson berhasil memenangkan tujuh gelar. Itu termasuk dua gelar Bundesliga dan juga satu Liga Champions.

Andersson kemudian pindah ke Barcelona pada 2001 dan menghabiskan tiga musim yang sarat dengan cedera di sana. Oleh karena itu, dia hanya memainkan 19 pertandingan liga untuk Blaugrana.

3 dari 7 halaman

Pepe Reina

Kiper Lazio Pepe Reina. (c) AP Photo
Kiper Lazio Pepe Reina. (c) AP Photo

Pepe Reina merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Dia promosi ke tim utama pada musim 2000/01 setelah cedera yang dialami Richard Dutruel dan Francesc Arnau.

Setelah bermain untuk Barcelona, Reina bergabung dengan Villarreal. Dia bermain untuk The Yellow Submarine selama tiga musim sebelum menghabiskan delapan musim di Liverpool.

Reina mengenakan seragam Bayern Munchen pada musim 2014/15. Meski hanya berpartisipasi dalam tiga pertandingan, dia turut memenangkan gelar Bundesliga.

4 dari 7 halaman

Mark van Bommel

Mark van Bommel (c) AFP
Mark van Bommel (c) AFP

Mark van Bommel bermain selama satu musim untuk Barcelona. Gelandang asal Belanda ini datangkan pada 2005/06 dari klub Eredivisie PSV Eindhoven.

Van Bommel memenangkan empat gelar selama waktunya bersama Barcelona. Itu termasuk Liga Champions.

Mantan pemain AC Milan tersebut bergabung dengan Bayern Munchen pada musim panas 2006. Dia bermain di Allianz Arena selama empat setengah musim.

5 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Thiago Alcantara ketika membela Bayern Munchen melawan PSG di final Liga Champions. (c) AP Photo
Thiago Alcantara ketika membela Bayern Munchen melawan PSG di final Liga Champions. (c) AP Photo

Thiago Alcantara pernah menjadi bagian dari tim muda Barcelona. Dia memulai debutnya dengan tim utama pada tahun 2009 dalam pertandingan liga melawan Real Mallorca.

Thiago memutuskan meninggalkan Barcelona pada musim panas 2013. Dia melanjutkan kariernya bersama Bayern Munchen.

Gelandang berpaspor Spanyol tersebut bermain di Allianz Arena selama tujuh musim. Thiago saat ini membela klub Premier League Liverpool.

6 dari 7 halaman

Arturo Vidal

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal (c) AP Photo
Gelandang Barcelona, Arturo Vidal (c) AP Photo

Arturo Vidal memperkuat Bayern Munchen pada tahun 2015-2018. Selama tiga tahun di Allianz Arena, Vidal mengoleksi berbagai gelar yakni tiga gelar Bundesliga, satu DFB-Pokal, dan dua Piala Super Jerman.

Pada musim panas 2018, Vidal memutuskan pindah ke Barcelona. Namun, gelandang asal Chile tersebut hanya bertahan di sana selama dua musim saja.

Vidal mencatatkan 96 penampilan di semua kompetisi untuk Barcelona. Dia juga sukses meraih satu trofi La Liga dan satu Piala Super Spanyol.

7 dari 7 halaman

Philippe Coutinho

Pemain Barcelona, Philippe Coutinho (c) AP Photo
Pemain Barcelona, Philippe Coutinho (c) AP Photo

Philippe Coutinho bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim dingin musim 2017/18. Dia didatangkan dari Liverpool dengan biaya yang mencapai 105 juta pounds.

Pemain asal Brasil tersebut dipinjamkan ke Bayern Munchen pada musim 2019/20. Selama waktunya di Allian Arena, Coutinho berhasil memenangkan Bundesliga, DFB-Pokal dan Liga Champions.

Coutinho saat ini sudah kembali ke Barcelona. Dia tercatat mengemas 90 penampilan untuk Blaugrana dengan menorehkan 23 gol dan 14 assist.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya