BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

7 Pelatih yang Pernah Menangani Duo Milan, Termasuk Stefano Pioli

05-11-2021 17:33 | Aga Deta

7 Pelatih yang Pernah Menangani Duo Milan, Termasuk Stefano Pioli
Pelatih AC Milan Stefano Pioli. (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan dan Inter Milan merupakan dua klub besar asal kota Milan. Keduanya memiliki sejarah persaingan panjang dalam ajang Serie A.

Musim ini pun Milan dan Inter bersaing cukup ketat untuk menjadi juara. Rossoneri sekarang menghuni peringkat kedua di klasemen dan Inter berada satu strip di bawahnya.

Pada akhir pekan ini, Milan dan Inter akan saling bentrok. Duel bertajuk derby Della Madonnina tersebut akan berlangsung pada Senin (8/11/2021) dini hari WIB.

Dalam sejarahnya, terdapat nama-nama pelatih yang pernah menangani dua klub besar Italia ini. Siapa saja? Berikut ini daftarnya.

1 dari 7 halaman

Giuseppe Bigogno

Giuseppe Bigogno mulai melatih AC Milan pada tahun 1946. Dia berhasil mengantar Rossoneri finis sebagai runner up 1947-1948.

Bigogno meninggakan Milan semusim berselang. Sempat menukangi Torino, Lazio, dan Udinese, Bigogno datang ke Inter Milan pada 1958.

Pelatih asal Italia tersebut dipecat Nerazzurri pada pertengahan musim. Gagal bersama Inter, Bigogno kemudian kembali melatih Udinese.

2 dari 7 halaman

Luigi Radice

Luigi Radice melatih AC Milan pada tahun 1981. Namun, mantan pelatih AS Roma tersebut tidak bertahan sampai semusim di San Siro.

Radice digantikan Italo Galbiati pada pertengahan musim. Milan menjalani musim yang kelam ketika itu dan pada akhirnya terdegradasi.

Pada tahun 1983, Radice sempat menangani Inter Milan. Sayangnya, dia hanya bertahan satu musim tanpa memberikan satu pun gelar.

3 dari 7 halaman

Ilario Castagner

Ilario Castagner merupakan pelatih AC Milan saat bermain di Serie B pada musim 1982/83. Pada musim berikutnya, Castagner berhasil membawa Rossoneri kembali ke Serie A.

Castagner kemudian dipecat Milan pada Maret 1984. Dia harus angkat kaki dari San Siro karena perselisihan serius dengan presiden Giuseppe Farina.

Pada tahun berikutnya Castagner pindah ke klub tetangga Inter Milan. Namun, Castagner tidak begtu sukses di sana dan dipecat pada November 1985.

4 dari 7 halaman

Giovanni Trapattoni

Giovanni Trapattoni (c) AFP
Giovanni Trapattoni (c) AFP

Giovanni Trapattoni memulai karier kepelatihannya di AC Milan sebagai caretaker pada 1974. Dia kemudian dikontrak permanen pada musim selanjutnya dan bertahan di sana sampai tahun 1976.

Pada tahun 1986, Trappatoni hijrah ke Inter Milan dan menjadi pelatih Nerrazurri selama lima musim. Dia meraih kesuksesan selama membesut Nerazzurri.

Trapattoni memberikan gelar Serie A musim 1988/89 kepada Inter. Sedangkan, gelar UEFA Cup diraihnya pada musim 1990/1991.

5 dari 7 halaman

Alberto Zaccheroni

Alberto Zaccheroni punya karier yang bagus bersama AC Milan. Zaccheroni total memainkan 125 laga bersama Milan pada periode 1998 hingga 2001.

Zaccheroni memberikan gelar scudetto untuk Milan pada musim 1998/1990. Namun, dia kemudian dipecat pada 2001.

Zaccheroni datang ke Inter untuk menggantikan Hector Cuper pada tengah musim 2003/2004. Zaccheroni hanya memainkan 43 laga saja bersama Nerrazzuri.

6 dari 7 halaman

Leonardo

Leonardo (c) AFP
Leonardo (c) AFP

Leonardo menduduki bangku pelatih AC Milan pada musim 2009/10 untuk menggantikan Carlo Ancelotti. Namun, dia gagal mempersembahkan gelar untuk Rossoneri.

Leonardo kemudian bergabung dengan Inter Milan pada Desember 2010. Pria asal Brasil tersebut menggantikan Rafael Benitez yang dipecat.

Mantan pelatih Antalyaspor tersebut memenangi Coppa Italia di Inter. Namun, dia meninggalkan Nerazzurri pada akhir musim.

7 dari 7 halaman

Stefano Pioli

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli (c) AP Photo
Pelatih AC Milan, Stefano Pioli (c) AP Photo

Stefano Pioli ditunjuk sebagai pelatih AC Milan pada 9 Oktober 2019. Dia datang ke San Siro untuk menggantikan Marco Giampaolo.

Pioli menunjukkan kinerja yang bagus bersama Rossoneri. Dia berhasil mengembalikan Milan ke Liga Champions setelah absen selama tujuh tahun.

Sebelum menukangi Milan, Pioli sebelumnya pernah melatih Inter dalam durasi yang singkat. Dia dikontrak pada 8 November 2016 dan dipecat pada 9 Mei 2017.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya