7 Kiper yang Menjabat Kapten Klub

Aga Deta | 29 September 2022, 16:41
Kiper Inter Milan Samir Handanovic. (c) AP Photo
Kiper Inter Milan Samir Handanovic. (c) AP Photo

Bola.net - Kiper adalah salah satu posisi yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam tim sepak bola. Kiper biasa disebut dengan pertahanan terakhir dalam tim.

Seorang kiper mempunyai tugas menghalau bola, menangkap bola, dan mendistribusikan bola ke tekan satu tim. Karena itu, dibutuhkan kiper berkualitas untuk mengawal gawang.

Saat ini ada banyak kiper dengan kemampuan hebat yang bermain di Eropa. Sebut saja Thibaut Courtois, Jan Oblak hingga David de Gea.

Selain itu, ada juga kiper yang mengemban tanggung jawab lebih di dalam timnya. Mereka dipercaya untuk menjadi kapten tim.

Berikut ini tujuh kiper yang menjadi kapten klub di lima liga top Eropa pada 2022/2023.

1 dari 7 halaman

Manuel Neuer (Bayern Munchen)

Aksi Manuel Neuer di Piala Dunia 2014 (c) DFB Official

Aksi Manuel Neuer di Piala Dunia 2014 (c) DFB Official

Manuel Neuer didatangkan Bayern Munchen dari Schalke 04 pada 2011. Sejak saat itu, Neuer selalu dipercaya untuk mengawal gawang Die Roten secara reguler.

Karena punya jiwa kepemimpinan yang tinggi, Neuer dipercaya menjadi kapten Bayern pada 2017. Dia mengenakan ban kapten setelah Philipp Lahm memutuskan gantung sepatu.

Tak hanya itu saja, Neuer saat ini juga dipercaya menjadi kapten timnas Jerman. Dia berhasil memenangkan Piala Dunia saat membela negaranya.

2 dari 7 halaman

Hugo Lloris (Tottenham)

Kiper Tottenham Hugo Lloris. (c) AP Photo

Kiper Tottenham Hugo Lloris. (c) AP Photo

Hugo Lloris saat ini bermain untuk Tottenham. Dia juga dipercaya menjadi kapten bagi klub serta timnas Prancis.

Lloris ditunjuk menjadi kapten timnas Prancis pada tahun 2010. Kiper berusia 35 tahun tersebut kemudian terpilih menjadi kapten Spurs pada 2015.

Sampai sejauh ini, Lloris sudah membuat 425 penampilan di semua kompetisi bersama Tottenham. Dia juga memiliki 139 caps dengan timnas Prancis.

3 dari 7 halaman

Samir Handanovic (Inter Milan)

Ekspresi Samir Handanovic pada duel Inter Milan vs Torino di pekan ke-6 Serie A 2022/2023 (c) AP Photo

Ekspresi Samir Handanovic pada duel Inter Milan vs Torino di pekan ke-6 Serie A 2022/2023 (c) AP Photo

Saat ini, ban kapten Inter Milan melingkat di lengan Samir Handanovic. Musim 2022/2023 adalah musim keempat Handanovic menjabat sebagai kapten Nerazzurri.

Sejak jadi kapten, Handanovic sudah berhasil memimpin Inter Milan menjuarai Serie A. Mereka juga memenagkan Coppa Italia dan Piala Super Italia pada musim lalu.

Handanovic sudah memperkuat Inter dalam 446 pertandingan di semua kompetisi. Dia mencatatkan 163 clean sheet dari penampilannya tersebut.

4 dari 7 halaman

Jordi Masip (Real Valladolid)

Jordi Masip (c) LaLiga Santander

Jordi Masip (c) LaLiga Santander

Jordi Masip merupakan pemain didikan akademi Barcelona. Namun, kiper asal Spanyol tersebut tidak mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Camp Nou.

Masip meninggalkan Barcelona dan hengkang ke Real Valladolid pada 2017. Sejak saat itu, dia menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Blanquivioletas.

Sampai sejauh ini, Masip sudah memainkan 142 pertandingan di semua kompetisi untuk Valladolid. Pemain berusia 33 tahun tersebut juga dipercaya menjadi kapten timnya.

5 dari 7 halaman

Alban Lafont (Nantes)

Kiper Nantes Alban Lafont. (c) Ligue 1

Kiper Nantes Alban Lafont. (c) Ligue 1

Alban Lafont dinobatkan sebagai kapten Nante pada musim 2021/2022. Kiper asal Prancis tersebut posisi Abdoulaye Toure yang hengkang ke Genoa.

Pada musim ini, Lafont menjalani musim keempatnya bersama Nantes. Dia awalnya datang ke klub Prancis tersebut pada musim 2019/20 dengan status pinjaman dari Fiorentina.

Sampai sejauh ini, Lafont sudah memainkan 119 pertandingan di semua kompetisi bersama Nantes. Pemain berusia 23 tahun tersebut mengemas 27 clean sheet dari penampilannya tersebut.

6 dari 7 halaman

Peter Gulacsi (RB Leipzig)

Kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi (c) Bundesliga

Kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi (c) Bundesliga

Peter Gulasci merupakan salah satu pemain paling senior di tim RB Liepzig. Dia bermain untuk klub Jerman tersebut sejak tahun 2015 setelah didatangkan dari RB Salzburg.

Sebagai pemain senior, Gulacsi ditunjuk sebagai kapten Leipzig pada musim lalu. Kiper berkebangsaan Hungaria ini menggantikan Marcel Sabitzer yang hengkang ke Bayern Munchen.

Sudah berusia 32 tahun, Gulacsi memiliki kontrak hingga 2025. Dia juga membuat 282 penampilan di semua kompetisi untuk Die Roten Bullen.

7 dari 7 halaman

Lukas Hradecky (Bayer Leverkusen)

Lukas Hradecky bermain untuk Bayer Leverkusen sejak tahun 2018. Ketika itu, kiper asal Finlandia tersebut didatangkan dari Eintracht Frankfurt.

Pada awal musim 2021/22, Leverkusen menunjuk Hradecky sebagai kapten tim. Dia menggantikan peran yang sebelumnya dijalani Charles Aranguiz.

Sampai sejauh ini, Hradecky sudah memainkan 177 pertandingan di semua kompetisi untuk Leverkusen. Dia juga masih punya kontrak sampai tahun 2026.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR