BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

7 Gelandang Prancis di Real Madrid Sebelum Eduardo Camavinga, Gagal atau Sukses?

31-08-2021 12:46 | Aga Deta

7 Gelandang Prancis di Real Madrid Sebelum Eduardo Camavinga, Gagal atau Sukses?
Gelandang Rennes Eduardo Camavinga. (c) AP Photo

Bola.net - Real Madrid telah menuntaskan negosiasi transfer Eduardo Camavinga dari Rennes. Sang gelandang muda akan bergabung dengan Los Blancos dalam waktu dekat.

Camavinga telah menjadi perhatian banyak klub papan atas Eropa. Sang pemain sudah jadi pilar utama Rennes pada usia yang sangat muda.

Manchester United, Chelsea, dan beberapa klub sempat dikaitkan dengan pemain 18 tahun itu. Namun, pada akhirnya dia akan menjadi milik Real Madrid.

Selama ini Real Madrid sangat sering memakai jasa pemain dari Prancis. Jika Camavinga bergabung, maka dia akan menambah panjang daftar gelandang asal negara tersebut di Santiago Bernabeu.

Siapa gelandang Prancis yang bermain di Real Madrid sebelum Camavinga? Apakah mereka gagal atau sukses? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 7 halaman

Lassana Diarra

Lassana Diarra (c) AFP
Lassana Diarra (c) AFP

Lassana Diarra bergabung dengan Real Madrid pada pertengahan musim 2008/09. Dia dibeli dengan harga 20 juta euro dari Portsmouth.

Diarra harus bersaing ketat dengan gelandang lainnya di lini tengah Real Madrid. Meski begitu, dia berhasil membukukan lebih dari 100 penampilan bagi Los Blancos selama empat musim.

Pemain asal Prancis tersebut kesulitan menembus skuad utama Real Madrid di bawah asuhan Jose Mourinho. Hal itu membuatnya pindah ke klub Rusia, Anzhi Makhachkala pada 2012.

2 dari 7 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane saat mencetak gol ke gawang Bayer Lleverkusen di final Liga Champions 2002 (c) La Liga
Zinedine Zidane saat mencetak gol ke gawang Bayer Lleverkusen di final Liga Champions 2002 (c) La Liga

Real Madrid sangat terpesona dengan penampilan Zinedine Zidane bersama Juventus. Gelandang asal Prancis tersebut kemudain dibeli Los Blancos pada bulan Juli 2001.

Real Madrid mengeluarkan 77,5 juta euro untuk memboyong Zidane ke Santiago Bernabeu. Setelah ditebus dengan harga yang sangat mahal, Zidane mampu menunjukkan kualitasnya di Santiago Bernabeu.

Selama lima musim, Zidane mencatatkan 227 pertandingan dengan torehan 49 gol dan 68 assist di semua kompetisi. Selain itu, dia juga mampu membawa Los Blancos meraih satu gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions.

3 dari 7 halaman

Claude Makelele

Claude Makelele (c) AFP
Claude Makelele (c) AFP

Claude Makelele merupakan gelandang bertahan terbaik pada eranya. Real Madrid mendapatkan sang pemain pada tahun 2000 dari Celta Vigo.

Makelele membela Real Madrid dari tahun 2000 hingga 2003. Pemain asal Prancis itu berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan satu Liga Champions.

Meski begitu, Madrid kemudian menjual Makelele ke Chelsea pada 2003 ke Chelsea dengan harga 20 juta euro. Dia meninggalkan Madrid setelah membuat 145 penampilan untuk klub.

4 dari 7 halaman

Christian Karembeu

Setelah dua musim bermain untuk Sampdoria, Christian Karembeu mendapatkan tawaran dari Real Madrid. Dia pindah ke Madrid dengan biaya transfer sebesar 12,5 juta euro.

Setelah datang ke klub Spanyol itu, Karembeu tidak selalu menjadi pilihan utama. Meski begitu, dia berhasil mencatatkan 82 penampilan dan memenangkan dua trofi Liga Champions.

Karembeu cuma bertahan selama tiga musim di Santiago Bernabeu. Gelandang asal Prancis tersebut bermain di Madrid hingga pindah ke Middlesbrough pada Juli 2000.

5 dari 7 halaman

Lucien Muller

Lucien Muller menjadi salah satu pemain asal Prancis yang membela Real Madrid pada 1960-an. Sang gelandang bergabung dengan Los Blancos dari Reims di tahun 1962.

Muller meraih kesuksesan selama mengenakan seragam Real Madrid. Manta pemain Strasbourg tersebut berhasil memenangkan gelar Liga Spanyol tiga kali secara beruntun.

Muller menghabiskan tiga musim di Santiago Bernabeu dan mencatatkan 92 penampilan untuk klub. Muller meninggalkan Real Madrid pada 1965 dengan bergabung klub rival Barcelona.

6 dari 7 halaman

Jean Luciano

Jean Luciano datang ke Real Madrid pada tahun 1950. Gelandang asal Prancis tersebut didatangkan dari Nice.

Jean Luciano cuma membela Los Blancos selama satu musim. Dia mencatatkan 17 penampilan dengan sumbangsih satu gol dan dua assist.

Pada musim berikutnya, Jean Luciano memutuskan hengkang ke klub Spanyol Las Palmas. Dia bertahan dua musim di sana sebelum kembali ke Prancis.

7 dari 7 halaman

Enzo Zidane

Enzo Zidane adalah putra dari legenda Real Madrid Zinedine Zidane. Meski sang ayah adalah pelatih Los Merengues saat itu, kariernya di Santiago Bernabeu tidak berjalan mulus.

Setelah menimba ilmu di akademi Real Madrid, Enzo mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada tahun 2016. Namun, dia cuma mencatatkan satu penampilan untuk Los Blancos.

Enzo saat ini sudah tidak lagi bermain untuk Real Madrid. Enzo dilepas Los Merengues ke Alaves pada tahun 2017 lalu.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya