BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

7 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona: Dari Conte Hingga Xavi

20-09-2021 13:08 | Aga Deta

7 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona: Dari Conte Hingga Xavi
Pelatih Barcelona Ronald Koeman. (c) AP Photo

Bola.net - Rumor tidak sedap sedang menghampiri pelatih Barcelona Ronald Koeman. Dia dikabarkan bisa dipecat dari jabatannya dalam waktu dekat.

Koeman mengambil alih Barcelona pada musim lalu. Pelatih asal Belanda itu berhasil mempersembahkan trofi Copa del Rey pada musim perdananya di Camp Nou.

Koeman tetap dipertahankan Barcelona pada musim ini. Namun, hubungannya dengan presiden Joan Laporta dikabarkan tengah renggang.

Laporta kabarnya tidak puas dengan kinerja Koeman. Terlebih setelah mereka menelan kekalahan memalukan dari Bayern Munchen di Liga Champions.

Nasib Koeman kabarnya akan ditentukan dalam beberapa pertandingan ke depan. Bila hasil yang dipetik Barcelona tak kunjung memuaskan, Koeman disebut bisa angkat kaki dari klub.

Jika Koeman benar-benar dipecat, lantas siapa saja pelatih yang layak untuk menggantikannya di Barcelona? Berikut ini nama-namnya.

1 dari 7 halaman

Jordi Cruyff

Jordi Cruyff merupakan putra dari legenda Barcelona Johan Cruyff. Dia pernah bermain untuk Barcelona pada 1994-1997 sebelum dilepas ke Manchester United.

Karier kepelatihan Jordi bisa dibilang tidak terlalu mentereng. Dia pernah menukangi sejumlah klub seperti Maccabi Tel Aviv, Chongqing Lifan, dan yang terbaru Shenzen FC.

Pria berdarah Belanda itu kini menjabat sebagai penasihat bidang olahraga di Barcelona. Dia mengepalai departemen pencarian bakat internasional untuk klub.

2 dari 7 halaman

Antonio Conte

Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (c) AP Photo
Pelatih Inter Milan, Antonio Conte. (c) AP Photo

Reputasi Antonio Conte sebagai pelatih juara sudah tidak diragukan lagi. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejaknya di Juventus, Chelsea, dan Inter Milan.

Conte saat ini sedang menganggur. Dia meninggalkan Inter pada akhir musim lalu setelah mengantarkan klub meraih gelar Serie A.

Conte sempat didekati Tottenham pada musim panas ini. Akan tetapi, kedua belah pihak tidak berhasil mencapai kesepakatan.

3 dari 7 halaman

Sergi Barjuan

Sergi Barjuan saat ini melatih tim B Barcelona. Dia menangani tim tersebut sejak Juni 2021 dengan menggantikan Xavi Garcia Pimienta yang dipecat.

Sebelumnya, Barjuan pernah menangani sejumlah klub Spanyol seperti Recreativo, Almeria dan Mallorca. Dia juga pernah bekerja di China bersama Zhejiang Greentown.

Barjuan akan menjadi solusi yang masuk akal bagi Barcelona dalam sisi ekonomi dan olahraga. Jika berhasil, dia juga bisa mendapat kontrak jangka panjang.

4 dari 7 halaman

Henrik Larsson

Henrik Larsson adalah mantan pemain Barcelona. Dia pernah bermain untuk Blaugrana pada tahun 2004 sampai 2006.

Saat ini, Larsson menjabat sebagai asisten pelatih di Barcelona. Dia kembali ke Camp Nou setelah Ronald Koeman ditunjuk menjadi pelatih Barcelona pada musim lalu.

Sebelumnya, karier kepelatihan Larsson dihabiskan di Swedia. Dia pernah menangani sejumlah klub seperti Landskrona BoIS, Falkenberg dan Helsingborg.

5 dari 7 halaman

Xavi Hernandez

Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo
Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo

Xavi hampir kembali ke Barcelona dalam beberapa kesempatan. Namun, sang legenda terus memutuskan untuk tetap bersama Al Sadd.

Xavi mengakhiri karier bermainnya di Al Sadd. Dia kemudian melanjutkan karier sebagai pelatih di klub asal Qatar tersebut.

Meski masih tergolong singkat, prestasi sebagai pelatih sudah tidak perlu diragukan lagi. Dia berhasil mengantarkan klubnya meraih empat trofi.

6 dari 7 halaman

Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. (c) AP Photo
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. (c) AP Photo

Erik ten Hag mengambil alih kursi kepelatihan di Ajax Amsterdam pada tahun 2017. Sejak saat itu dia sukses mengharumkan nama klub itu.

Ten Hag berhasil mempersembahkan lima gelar untuk Ajax sampai sejauh ini. Itu termasuk gelar ganda Eredivisie dan KNVB Cup pada musim lalu.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut bakal jadi pilihan yang bagus untuk Barcelona. Namun, Ajax sepertinya enggan berpisah dengan Ten Hag setelah musim berjalan.

7 dari 7 halaman

Rudi Garcia

Pelatih Lyon, Rudi Garcia (c) AP Photo
Pelatih Lyon, Rudi Garcia (c) AP Photo

Rudi Garcia merupakan pelatih asal Prancis yang cukup berpengalaman. Dia pernah menangani sejumlah klub seperti Lille, AS Roma, Marseille dan Lyon.

Prestasi terbaik Garcia di dunia kepelatihan terjadi saat memimpin Lille. Dia berhasil mengantarkan klub tersebut menjuarai Ligue 1 dan Coupe de France.

Garcia dikenal memainkan gaya sepakbola menyerang. Dia bisa cocok untuk Barcelona yang punya banyak penyerang hebat di skuatnya.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya