6 Striker yang Digaet Chelsea pada Bulan Januari, Bagaimana Performanya?

Aga Deta | 12 Januari 2023, 16:15
6 Striker yang Digaet Chelsea pada Bulan Januari, Bagaimana Performanya?
Pemain Chelsea Joao Felix. (c) Chelsea FC

Bola.net - Chelsea sudah merampungkan kepindahan Joao Felix dari Atletico Madrid. Pemain berkebangsaan Portugal tersebut didatangkan dengan status pinjaman dari Los Rojiblancos.

Chelsea merekrut Joao Felix selama enam bulan. The Blues harus mengeluarkan uang sebesar 11 juta euro untuk mendapatkan jasa pemain berusia 23 tahun tersebut.

Joao Felix menjadi rekrutan keempat Chelsea di bursa transfer Januari 2023. Sebelumnya, The Blues telah berhasil merekrut Beniot Badiashile, Andrey Santos, dan David Datro Fofana.

Joao Felix dan David Datro Fofana. Kedatangan mereka diharapkan bisa menambah daya dobrak tim asuhan Graham Potter yang sedang mengalami kesulitan.

Merujuk sejarah transfer Chelsea selama beberapa tahun terakhir, klub yang bermarkas di Stamford Bridge kerap mendatangkan striker pada bursa transfer Januari. Sebelum Joao Felix dan David Datro Fofana siapa saja mereka?

Berikut ini deretan striker yang direkrut Chelsea pada musim dingin.

1 dari 6 halaman

1. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka (c) AFP

Nicolas Anelka (c) AFP

Nicolas Anelka merupakan penyerang kelahiran Prancis. Mantan pemain Arsenal dan Real Madrid tersebut diboyong Chelsea dari Bolton Wanderers pada Januari 2008.

Anelka termasuk pembelian sukses bagi The Blues. Dia berhasil mencetak 59 gol dan 35 assist dari 184 pertandingan di semua kompetisi..

Selama empat tahun berkostum Chelsea, Anelka meraih sejumlah gelar. Dia berhasil mengangkat satu trofi Premier League, dua Piala FA, dan satu Community Shield.

2 dari 6 halaman

2. Demba Ba

Demba Ba (c) AFP

Demba Ba (c) AFP

Demba Ba juga pernah menjadi bagian dari lini depan Chelsea. Dia diboyong ke Stamford Bridge pada musim dingin 2012 dengan biaya transfer sebesar 8,5 juta euro.

Pemain asal Senegal ini memainkan total 50 pertandingan bersama Chelsea. Demba Ba berhasil mencetak 14 gol dan lima assist dari penampilannya tersebut.

Demba Ba tak berhasil memenangkan gelar selama berseragam Chelsea. Mantan pemain Newcastle tersebut pada akhirnya hengkang ke Besiktas pada 2014.

3 dari 6 halaman

3. Alexandre Pato

Alexandre Pato (c) CFC

Alexandre Pato (c) CFC

Pada bursa transfer musim dingin 2016, Chelsea mendatangkan Alexandre Pato. Striker asal Brasil tersebut dipinjam dari klub Brasil, Corinthians.

Pato tercatat hanya berada di Stamford Bridge selama setengah musim saja. Karier singkatnya bersama Chelsea bisa dibilang tidak terlalu mengesankan.

Selama berada di Chelsea, Pato hanya mendapat kesempatan bermain dua kali dan mencetak satu gol. Dia dikembalikan lagi ke klubnya setelah kompetisi musim 2015/2016 berakhir.

4 dari 6 halaman

4. Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain merayakan gol pertamanya untuk Chelsea (c) Chelsea FC Official

Gonzalo Higuain merayakan gol pertamanya untuk Chelsea (c) Chelsea FC Official

Chelsea memboyong Gonzalo Higuain ke Stamford Bridge dengan status pinjaman dari Juventus pada Januari 2019. Di Stamford Bridge, Higuain bereuni kembali dengan mantan pelatihnya di Napoli, Maurizio Sarri.

Chelsea mengeluarkan dana sebesar 7,8 juta untuk meminjam Higuain. Masa peminjaman bomber Argentina itu bersama The Blues hanya berlangsung setengah musim.

Higuain mendapat kesempatan tampil 18 kali di semua kompetisi. Manta pemain Real Madrid itu menyumbang lima gol, tapi semuanya di Premier League.

5 dari 6 halaman

5. Olivier Giroud

Olivier Giroud mendapat gelar juara Liga Champions musim 2020/2021 bersama Chelsea (c) AP Photo

Olivier Giroud mendapat gelar juara Liga Champions musim 2020/2021 bersama Chelsea (c) AP Photo

Setelah bermain di Arsenal, Giroud memilih hijrah ke sisi lain kota London. Dia bergabung dengan Chelsea pada Januari 2018 dengan biaya transfer 17 juta euro.

Berseragam Chelsea, Giroud menjadi salah satu pilihan di sektor penyerangan. Pemain asal Prancis tersebut tampil sebanyak 119 kali dan mencetak 39 gol bagi The Blues.

Giroud turut memenangkan gelar Liga Champions dan Liga Europa bersama Chelsea. Setelah kontraknya habis, Giroud memilih hengkang ke AC Milan pada 2021.

6 dari 6 halaman

6. Fernando Torres

Fernando Torres dan Branislav Ivanovic mengangkat trofi juara Liga Europa pada tahun 2013 (c) Chelsea FC Official

Fernando Torres dan Branislav Ivanovic mengangkat trofi juara Liga Europa pada tahun 2013 (c) Chelsea FC Official

Fernando Torres bergabung dengan Chelsea dari Liverpool pada Januari 2011. Dia memecahkan rekor transfer termahal di Inggris setelah ditebus dengan biaya 58,5 juta euro.

Torres turut merasakan gelar Liga Champions serta Liga Europa bersama Chelsea. Namun, dia sering diingat sebagai satu di antara pembelian gagal The Blues karena kontribusinya tak sesuai dengan harga mahalnya.

Torres hanya mencetak 45 gol dalam 172 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea. Setelah gagal bersinar bersama The Blues, Torres pada akhirnya dilepas ke AC Milan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR