BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

6 Pemain yang Bisa Gantikan Jordi Alba di Barcelona

25-10-2021 16:20 | Aga Deta

6 Pemain yang Bisa Gantikan Jordi Alba di Barcelona
Aksi Jordi Alba (kanan) dalam laga Barcelona vs Dynamo Kiev, Rabu (20/10/2021) (c) AP Photo

Bola.net - Jordi Alba merupakan salah satu pemain kunci Barcelona. Dia telah memperkuat tim utama Blaugrana sejak tahun 2012 lalu.

Alba sejatinya adalah pemain didikan akademi Barcelona. Meski begitu, pemain asal Spanyol tersebut justru berkembang bersama Valencia.

Barcelona akhirnya memulangkan Alba ke Camp Nou pada musim panas 2012. Sampai saat ini dia masih menjadi pilihan utama di posisi bek kiri.

Namun, usia Alba saat ini sudah menginjak 32 tahun. Itu artinya Barcelona perlu mencari sosok penerusnya di Camp Nou.

Berikut ini enam bek kiri yang bisa menggantikan posisi Jordi Alba di Barcelona.

1 dari 6 halaman

Jose Gaya

Jose Gaya (c) AFP
Jose Gaya (c) AFP

Jose Gaya merupakan pemain jebolan akademi Valencia. Dia sekarang menjadi pemain reguler di Mestalla dan dipercaya sebagai kapten klub.

Gaya berhasil tampil impresif bersama Valencia sejauh ini. Selain punya kemampuan bertahan yang cukup baik, Gaya juga rajin membantu serangan.

Sampai sejauh ini, Gaya sudah memainkan 266 pertandingan bersama Los Che. Dia berhasil mencetak tujuh gol dan 31 assist dari penampilannya tersebut.

2 dari 6 halaman

Alejandro Grimaldo

Alejandro Grimaldo (c) Ist
Alejandro Grimaldo (c) Ist

Alejandro Grimaldo adalah pemain jebolan akademi La Masia. Namun, dia tidak pernah mendapat kesempatan bermain di tim utama Barcelona.

Setelah kontraknya bersama Barcelona habis, Grimaldo bergabung dengan Benfica pada 2015. Kariernya kemudian berkembang pesat di Portugal.

Sejauh ini, Grimaldo sudah mencetak 14 gol dan 43 assist dalam 216 penampilan bersama Benfica. Kontraknya bersama As Aguias akan habis pada tahun 2023.

3 dari 6 halaman

Marc Cucurella

Pemain Brighton, Marc Cucurella (kiri) (c) AP Photo
Pemain Brighton, Marc Cucurella (kiri) (c) AP Photo

Marc Cucurella pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Namun, pemain berusia 23 tahun tersebut kesulitan mendapat tempat di tim utama Barcelona.

Cucurella sempat dipinjamkan ke Eibar dan Getafe. Namun, dia akhirnya dilepas secara permanen ke Getafe pada tahun 2020.

Di Getafe, Cucurella mendapat kesempatan bermain reguler. Bek sayap kiri Spanyol itu akhirnya pindah ke Brighton & Hove Albion pada musim ini.

4 dari 6 halaman

Juan Miranda

Juan Miranda cuma bermain empat kali di tim utama Barcelona. Bek kiri asal Spanyol tersebut sempat dipinjamkan ke Schalke dan Real Betis.

Betis sangat puas dengan performa Miranda pada musim lalu. Kub asuhan Manuel Pellegrini tersebut pada akhirnya memutuskan untuk mempermanekan sang pemain.

Di Betis, Miranda sudah mencatatkan 31 penampilan di semua kompetisi. Pemain berusia 21 tahun tersebut berhasil menyumbang tiga gol dan dua assist dari penampilannya tersebut.

5 dari 6 halaman

Robin Gosens

Robin Gosens (kiri) di laga Valencia vs Atalanta (c) AP Photo
Robin Gosens (kiri) di laga Valencia vs Atalanta (c) AP Photo

Robin Gosens memulai kariernya bersama klub Belanda Vitesse. Dia sempat memperkuat Dordrecht dan Heracles Almelo sebelum berlabuh di Atalanta pada 2017.

Gosens sangat cocok dengan gaya permainan menyerang Atalanta. Di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, Gosens berkembang menjadi salah satu bek sayap terbaik di Serie A.

Gosens termasuk pemain belakang yang cukup produktif. Dia sudah mencetak 29 gol dan 21 assist dari 157 penampilan untuk La Dea.

6 dari 6 halaman

Alejandro Balde

Alejandro Balde merupakan pemain jebolan akademi La Masia. Dia naik ke tim utama setelah kepergian Junior Firpo ke Leeds United.

Balde selama ini menjadi pelapis Jordi Alba di posisi bek kiri. Pemain berusia 18 tahun tersebut sampai sejauh ini baru tampil dua kali.

Balde memang belum menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Barcelona. Namun, dia bisa belajar banyak dari Jordi Alba sebelum menggantikan seniornya tersebut di masa depan.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya