6 Pemain Top yang Dapat Kartu Merah di Laga Debut, Joao Felix Terbaru

Aga Deta | 13 Januari 2023, 12:03
6 Pemain Top yang Dapat Kartu Merah di Laga Debut, Joao Felix Terbaru
Penyerang sayap Chelsea, Joao Felix melakukan pemanasan saat hendak melakukan debut melawan Fulham pada laga tunda pekan ke-7 Liga Inggris 2022/2023, Jumat (13/1/2023) WIB. (c) AP Photo/Alastair Grant

Bola.net - Setiap pesepak bola pasti ingin membuat debut yang indah untuk klub baru atau timnas negaranya. Namun, hal itu tidak terjadi pada Joao Felix.

Felix baru saja didatangkan Chelsea dengan status pinjaman dari Atletico Madrid. Dia pun mendapatkan kesempatan starter perdananya di Primer League melawan Aston Villa.

Penyerang Portugal itu mengisi satu tempat di lini serang Chelsea. Nahas bagi Felix, debutnya bersama The Blues tidak berjalan mulus.

Felix mendapat kartu merah langsung dari wasit setelah tekel keras terhadap bek Fulham Kenny Tete. Belum genap satu jam di lapangan, Felix harus keluar dengan kepala tertunduk.

Namun, bukan cuma Felix yang mendapat kartu merah pada laga debutnya. Masih ada pemain ternama lainnya yang mendapat pengalaman serupa.

1 dari 6 halaman

1. Jonathan Woodgate

Jonathan Woodgate (c) AFP

Jonathan Woodgate (c) AFP

Real Madrid merekrut Jonathan Woodgate dari Newcastle pada 2004 dengan biaya yang cukup besar. Sejatinya kualitas Woodgate tidaklah terlalu buruk. Namun, satu hal yang membuat dia gagal bersinar adalah faktor cedera.

Woodgate harus menunda debutnya bersama Los Blancos sekitar satu tahun lebih karena cedera. Setelah pulih, debutnya yang ditunggu-tunggu itu ternyata berakhir dengan bencana.

Pada laga debutnya bersama Madrid, Woodgate mencetak gol bunuh diri dan dikartu merah wasit. Dia hanya membuat sembilan penampilan untuk Los Merengues sebelum hengkang ke Middlesbrough pada tahun 2006.

2 dari 6 halaman

2. Laurent Koscielny

Laurent Koscielny (c) AP Photo

Laurent Koscielny (c) AP Photo

Laurent Koscielny sebelumnya dikenal sebagai kapten Arsenal. Namun, bek asal Prancis itu mendapat pengalaman buruk pada penampilan pertamanya bersama The Gunners.

Setelah dibeli dari klub asal Prancis, Koscielny melakoni debutnya di Arsenal saat berjumpa Liverpool di Premier League. Namun, dia mendapat kartu merah dalam pertandingan tersebut.

Koscielny menerima kartu merah setelah mendapat dua kartu kuning dalam waktu yang berdekatan, yakni 90+2 dan 90+5. Beruntung Arsenal tidak kalah di laga tersebut setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1.

3 dari 6 halaman

3. Federico Chiesa

Selebrasi Federico Chiesa, winger Juventus (c) AP Photo

Selebrasi Federico Chiesa, winger Juventus (c) AP Photo

Federico Chiesa bergabung dengan Juventus dari Fiorentina pada bursa transfer musim panas 2022. Dia menjalani debutnya sebagai pemain Juventus dalam pertandingan melawan Crotone di Serie A.

Pemain timnas Italia itu sebenarnya tampil cukup bagus. Dia mampu mencetak satu assist untuk gol yang dicetak Alvaro Morata pada menit ke-21.

Namun, petaka menghampiri Chiesa pada menit ke-60. Dia mendapat kartu merah dari wasit setelah ketahuan menginjak kaki gelandang Crotone Luca Cigarini.

4 dari 6 halaman

4. Gervinho

Gervinho (c) AFP

Gervinho (c) AFP

Pemain Arsenal lainnya yang mendapat kartu merah pada laga debutnya adalah Gervinho. Momen itu terjadi dalam laga Premier League melawan Newcastle United pada 14 Agustus 2011.

Gervinho diusir keluar lapangan karena terlibat pertikaian dengan gelandang Newcastle Joey Barton. Laga ini berkesudahan imbang tanpa gol.

Dibeli dari Lille pada Juli 2011, Gervinho hanya membela Arsenal selama dua musim. Dia mencatatkan 63 penampilan dan 11 gol sebelum dilepas ke AS Roma pada 2013.

5 dari 6 halaman

5. Lionel Messi

Lionel Messi menyentuh trofi Piala Dunia usai berakhirnya laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Martin Meissner

Lionel Messi menyentuh trofi Piala Dunia usai berakhirnya laga final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (c) AP Photo/Martin Meissner

Jauh sebelum mengangkat trofi Piala Dunia 2022, ternyata laga debut Lionel Messi bersama Argentina tidak jalan mulus. Pemain berjuluk La Pulga itu harus mendapat kartu merah.

Messi mencatat debut untuk Tim Tango pada 17 Agustus 2005. Ketika itu, bintang PSG tersebut bermain sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Hongaria.

Sialnya, Messi mendapat kartu merah hanya 40 detik setelah masuk lapangan. Dia diusir wasit karena dianggap menyikut salah satu pemain lawan.

6 dari 6 halaman

6. Joao Felix

Pemain Chelsea Joao Felix. (c) AP Photo/Alastair Grant

Pemain Chelsea Joao Felix. (c) AP Photo/Alastair Grant

Debut Joao Felix bersama Chelsea tidak berakhir dengan indah. Penyerang asal Portugal itu tidak bisa menyelesaikan 90 menit di lapangan saat berjumpa Fulham.

Felix mendapat kartu merah langsung oleh wasit setelah tekel keras terhadap bek Fulham Kenny Tete. Belum genap satu jam di lapangan, Felix harus keluar dengan kepala tertunduk.

Felix hanya mendapatkan kesempatan beraksi selama 58 menit di lapangan. Akibat kartu merah itu, Felix akan menghadapi hukuman larangan bertanding selama tiga pertandingan.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR