BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

6 Pemain Italia yang Pernah Membela Liverpool, Gagal Semua

15-09-2021 15:06 | Aga Deta

6 Pemain Italia yang Pernah Membela Liverpool, Gagal Semua
Mario Balotelli (c) AFP

Bola.net - Liverpool akan menerima kunjungan AC Milan pada laga pertama grup B Liga Champions 2021/2022. Pertandingan ini akan berlangsung di Anfield, Kamis (16/09/2021) dini hari WIB.

Liverpool mengawali musim ini dengan hasil yang cukup baik. Mereka berada di peringkat ketiga Premier League setelah mengumpulkan 10 poin dari empat pertandingan.

Sama halnya seperti Liverpool, Milan juga belum terkalahkan di liga domestik pada musim ini. Pasukan Stefano Pioli sekarang menghuni peringkat kedua dengan sembilan poin dari tiga pertandingan.

Berbicara soal Italia, Liverpool tidak asing dengan pemain asal negara tersebut. Sejauh ini tercatat ada beberapa pemain Italia yang menjadi bagian dari The Reds.

Berikut ini enam pemain Italia yang pernah membela Liverpool.

1 dari 6 halaman

Gabriel Paletta

Gabriel Paletta menjadi pemain berkebangsaan Italia pertama yang bergabung dengan Liverpool. Pemain kelahiran Argentina ini datang ke Anfield pada tahun 2006 dari Banfield.

Namun, Paletta tak mampu menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Liverpool. Mantan bek AC Milan tersebut kalah bersaing dengan Jamie Carragher, Sami Hyypia, dan Daniel Agger.

Alhasil, Paletta hanya bermain sebanyak delapan kali selama berseragam Liverpool. Paletta akhirnya hengkang ke Boca Juniors pada musim selanjutnya.

2 dari 6 halaman

Daniele Padelli

Kiper Inter Milan Daniele Padelli (c) FCIM
Kiper Inter Milan Daniele Padelli (c) FCIM

Untuk memperkuat sektor kiper, Liverpool mendatangkan Daniel Padelli pada Januari 2007. Pemain asal Italia tersebut datang ke Anfield dengan status pinjaman.

Di usianya yang saat itu masih 20 tahun, Padelli harus bersaing dengan kiper berpengalaman seperti Pepe Reina dan Jerzy Dudek. Alhasil, dia tak banyak mendapat kesempatan bermain bersama The Reds.

Padelli cuma mencatatkan satu penampilan saja dengan seragam Liverpool. Karena penampilannya tidak memuaskan, The Reds memulangkan sang pemain ke Sampdoria pada akhir musim.

3 dari 6 halaman

Andrea Dossena

Liverpool merekrut Andrea Dossena dari Udinese pada tahun 2008. Dossena didatangkan ke Anfield untuk menggantikan John-Arne Riise.

Namun, Dossena benar-benar tak memiliki kualitas yang sama dengan Riise. Alhasil, karier pemain belakang asal Italia tersebut di Liverpool tidak bertahan lama.

Dossena tercatat hanya memainkan 31 pertandingan bersama Liverpool. Dossena kemudian dilepas ke Napoli dengan harga 3,7 juta euro pada bulan Januari 2010.

4 dari 6 halaman

Alberto Aquilani

Alberto Aquilani (c) AFP
Alberto Aquilani (c) AFP

Alberto Aquilani bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada Agustus 2009. Namun dia gagal mendapatkan status sebagai starter di lini tengah The Reds.

Selama memperkuat Liverpool, Aquilani begitu sering dibebat cedera. Alhasil, gelandang asal Italia tersebut sempat dipinjamkan ke Juventus lalu AC Milan.

Aquilani akhirnya meninggalkan The Reds pada tahun 2012 dengan bergabung Fiorentina. Dia hanya mengenakan seragam The Reds di lapangan sebanyak 28 kali.

5 dari 6 halaman

Fabio Borini

Fabio Borini (c) AFP
Fabio Borini (c) AFP

Seperti Alberto Aquilani, Fabio Borini juga merapat ke Liverpool setelah bermain di AS Roma. The Reds membayar 13,3 juta euro untuk merekrutnya pada 9 Juli 2012.

Awalnya Borini sempat jadi pemain andalan Liverpool era kepelatihan Brendan Rodgers. Namun dia kemudian tersisih dari skuat The Reds.

Borini dipinjamkan ke Sunderland pada musim 2013/2014. Dia kemudian dilepas permanen ke klub tersebut pada musim selanjutnya.

6 dari 6 halaman

Mario Balotelli

Mario Balotelli pindah ke Liverpool pada Agustus 2014. Penyerang asal Italia tersebut mengemban tugas berat setelah datang ke Anfield.

Balotelli diharapkan bisa menggantikan Luis Suarez yang hengkang ke Barcelona. Namun, mantan pemain Manchester City gagal total di Anfield.

Balotelli lebih akrab dengan aksi indisipliner dan berujung dipinjamkan ke AC Milan satu tahun berikutnya. Balotelli akhirnya meninggalkan Liverpool secara permanen pada 2016.

Sumber: Transfermarkt

KOMENTAR

Editorial Lainnya