BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

6 Kandidat Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

02-06-2021 16:04 | Aga Deta

6 Kandidat Pengganti Ronald Koeman di Barcelona
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman (c) AP Photo

Bola.net - Masa depan Ronald Koeman di Barcelona sampai saat ini masih belum jelas. Pelatih asal Belanda itu bahkan berada di ambang pemecatan.

Ronald Koeman gagal mendongkrak performa Barcelona pada musim 2020-2021. Lionel Messi dkk hanya finis di posisi ketiga klasemen La Liga.

Sementara di Liga Champions, Barcelona hanya mampu melangkah hingga babak 16 besar. Namun, Koeman mampu mempersembahkan trofi Copa del Rey.

Presiden Barcelona Joan Laporta kabarnya tidak puas dengan kinerja Koeman. Sang entrenador kabarnya bakal dicopot menjelang musim baru.

Apabila Koeman dilengserkan, siapa saja yang bisa menggantikan pelatih asal Belanda tersebut. Berikut ini daftarnya.

1 dari 6 halaman

Erik ten Hag

Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. (c) AP Photo
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag. (c) AP Photo

Erik Ten Hag punya kinerja yang sangat bagus bersama Ajax Amsterdam. Pria berkepala plontos ini membawa Ajax mendominasi Eredivisie.

Ten Hag mengusung sepakbola menyerang. Dia juga mengorbitkan pemain-pemain muda seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Hakim Ziyech.

Akan tetapi, Barcelona tidak akan mudah untuk mendapatk Ten Hag. Saat ini, kontraknya bersama Ajax masih berlangsung hingga 30 Juni 2023.

2 dari 6 halaman

Mikel Arteta

Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo
Manajer Arsenal Mikel Arteta. (c) AP Photo

Mikel Arteta pernah menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia. Dia juga pernah bekerja sama sebagai asisten Josep Guardiola di Manchester City.

Arteta kemudian menangani Arsenal pada tahun 2019. Dalam waktu singkat, Arteta menyumbang trofi juara FA Cup dan Community Shield.

Sayangnya, Arsenal terseok-seok dalam ajang Premier League musim ini. The Gunners hanya mampu finis di peringkat ke-8 dan gagal mentas di Eropa.

3 dari 6 halaman

Roberto Martinez

Roberto Martinez (c) AFP
Roberto Martinez (c) AFP

Roberto Martinez punya rapor bagus sebagai pelatih Timnas Belgia. Dia berhasil membawa timnya finis ketiga di Piala Dunia 2018.

Sejak memegang Belgia pada 2016, Martinez sudah menjalani 54 pertandingan. Dia punya catatan 42 kemenangan, delapan imbang, dan empat kekalahan.

Martinez juga punya pengalaman melatih di level klub. Pria asal Spanyol itu pernah menangani Swansea City, Wigan Athletic dan Everton.

4 dari 6 halaman

Xavi

Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo
Xavi ketika memperkuat Al Sadd (c) AP Photo

Xavi sangat layak untuk menangani Barcelona. Pasalnya, dia sudah meraih kesuksesan besar bersama raksasa Qatar, Al Sadd.

Xavi sudah menangani Al Sadd selama dua tahun. Mantan gelandang Barcelona itu sudah mampu menangkan enam gelar domestik.

Namun, sepertinya sulit untuk melihat Xavi kembali ke Barcelona dalam waktu dekat. Pasalnya, dia sudah perpanjang kontrak dengan Al Sadd hingga 2023 mendatang.

5 dari 6 halaman

Garcia Pimienta

Garcia Pimienta merupakan mantan pemain Barcelona. Setelah pensiun pada 2004, Garcia Pimienta langsung bekerja di tim muda Barcelona sebagai pelatih hingga saat ini.

Pimienta saat ini merupakan pelatih tim Barcelona B. Dia berhasil mengantarkan tim asuhannya memenangkan UEFA Youth League pada musim 2017–2018.

Pimienta sudah cukup lama bekerja di Barcelona sehingga sudah sangat memahami situasi klub. Dia bisa menjadi pilihan yang bagus untuk tim utama Blaugrana.

6 dari 6 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp. (c) Pool AFP via AP Photo
Jurgen Klopp. (c) Pool AFP via AP Photo

Jurgen Klopp punya prestasi yang mentereng dalam dunia sepak bola. Dia pernah merusak dominasi Bayern Munchen di Bundesliga saat bersama Borussia Dortmund.

Klopp juga mampu mempersembahkan kesuksesan besar bersama Liverpool. Dia berhasil memenangkan gelar Premier League dan juga Liga Champions.

Pria asal Jerman itu masih punya kontrak di Liverpool sampai 2024. Namun, Klopp sepertinya tidak akan meninggalkan The Reds dalam waktu dekat.

Sumber: berbagai sumber

KOMENTAR

Editorial Lainnya