BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Youngster Kelahiran 2000 yang Berbanderol Mahal

08-01-2020 15:12 | Aga Deta

5 Youngster Kelahiran 2000 yang Berbanderol Mahal
Pemain baru Juventus, Dejan Kulusevski, saat meneken kontrak didampingi Pavel Nedved. (c) juventus.com

Bola.net - Juventus berhasil mendapatkan Dejan Kulusevski pada bursa transfer Januari 2020. Pemain berusia 19 tahun asal Swedia itu direkrut dari Atalanta.

Kulusevski merapat ke Juventus dengan kontrak panjang 5 tahun bernilai transfer sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp543 miliar pada bursa transfer Januari 2020.

Sebelum Dejan Kulusevski, Borussia Dortmund juga mengamankan tanda tangan pesepak bola muda asal RB Salzburg, Erling Braut Haaland. Haaland mendapat kontrak berdurasi empat tahun dari klub raksasa Jerman itu

Pemain muda sedang diminati sejumlah klub-klub Eropa. Selain menjadi investasi menjanjikan, pemain muda juga bakal menambah warna baru di kancah sepak bola dunia.

Beberapa di antaranya bahkan kemungkinan bakal menjadi tumpuan dunia sepak bola hingga beberapa dekade ke depan. Itu artinya, arah pemberitaan beberapa tahun ke depan, tak hanya berkutat pada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Apalagi, sejumlah youngster memiliki skill yang tak kalah dari dua megabintang sepak bola itu. Beberapa di antaranya bahkan memiliki harga yang cukup mahal, untuk level pemain muda.

Siapa saja mereka? Berikut ini rangkumannya.

1 dari 5 halaman

Ansu Fati

Ansu Fati, Barcelona (c) AP Photo Ansu Fati, Barcelona (c) AP Photo

Pemain muda Barcelona, Ansu Fati, mencuri perhatian pencinta sepak bola dengan penampilannya. Yang tak kalah menarik perhatian adalah keseriusan Barcelona mempertahankan pemain mudanya itu.

Pada 5 Desember 2019, Blaugrana resmi memperpanjang kontrak Ansu Fati hingga 30 Juni 2022. Klausul harga pemain berusia 17 tahun itu juga naik, dari yang semula 100 juta euro (Rp1,55 triliun) menjadi 170 juta euro (Rp2,64 triliun).

Metro pernah merilis kabar klausul penjualan Ansu Fati diperkirakan masih bisa naik hingga 400 juta euro (Rp6,22 triliun) jika sudah meneken kontrak profesional sebagai pemain tetap di tim utama Blaugrana.

Mengacu pada hal tersebut, tak berlebihan jika Ansu Fati menjadi pemain muda yang berharga mahal tahun ini.

2 dari 5 halaman

Erling Braut Haaland

Erling Braut Haaland (c) DPA AP Photo Erling Braut Haaland (c) DPA AP Photo

Nilai transfer Erling Braut Haaland tak begitu mahal. Kala dipinang Borussia Dortmund, Haaland hanya dibanderol dengan harga 18 juta pounds atau Rp330,8 miliar.

Namun, striker asli Inggris itu menjadi rekrutan paling berharga Die Borussen. Pertama, usia Haaland masih sangat muda, yakni 19 tahun.

Dengan usia itu, Haaland menjadi salah satu investasi jangka panjang Dortmund. Selain itu, skill mantan bintang RB Salzburg itu juga tak perlu diragukan lagi.

Haaland sempat mencuri perhatian dunia di ajang Liga Champions. Ia berhasil mencetak lima gol beruntun sepanjang babak fase grup Liga Champions musim ini.

Selain itu, pria berusia 19 tahun itu juga menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak delapan gol di lima penampilan pertama kompstisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.

3 dari 5 halaman

Dejan Kulusevski

Dejan Kulusevski saat tes medis di J-Medical. (c) LaPresse via AP Dejan Kulusevski saat tes medis di J-Medical. (c) LaPresse via AP

Juventus resmi menggaet youngster asal Swedia, Dejan Kulusevski, pada Kamis (2/1/2020). Pria berusia 19 tahun itu diikat kontrak berdurasi panjang yakni lima tahun dengan nilai transfer 35 juta euro (Rp544 miliar) plus bonus senilai 9 juta euro (Rp140 miliar).

Angka tersebut menjadikan Dejan Kulusevski sebagai pemain dengan nilai transfer termahal kedua sepanjang sejarah sepak bola Swedia. Ia bahkan lebih mahal daripada Victor Lindelof kala dipindang Manchester United pada 2017. Hanya banderol kepindahan Zlatan Ibrahimovic ke Barcelona pada 2009 yang mengungguli nilai transfer Dejan Kulusevski.

Saat itu, Zlatan didatangkan dari Inter Milan dengan mahar 47 juta euro atau sekitar Rp728 miliar plus Samuel Eto'o. Namun saat itu, usia Zlatan sudah mengunjak 28 tahun. Sementara Dejan Kulusevski baru berusia 19 tahun kala dipinang Juventus.

4 dari 5 halaman

Jadon Sancho

Jadon Sancho (c) Bundesliga Jadon Sancho (c) Bundesliga

Nama Jadon Sancho mencuat jelang dibukanya bursa transfer Januari 2020. Namun, klub peminat harus menyiapkan dana ekstra besar jika ingin meminang Sancho.

Baru-baru ini, Borrusia Dortmund telah menetapkan harga jual pemain mudanya itu. Melansir dari Metro, Jadon Sancho dibanderol dengan harga 140 juta euro atau sekitar Rp2,1 miliar.

Harga yang terbilang luar biasa mengingat usia Sancho bari 19 tahun. Saat ini, sejumlah klub elite Eropa tengah memperebutkan pemain asal Inggris tersebut.

Chelsea dan Liverpool sedang dalam proses negosiasi untuk meminang Sancho. Namun sampai saat ini, kedua negosiasi dua klub asal Inggris itu dengan menejemen Dortmund belum juga menemui kata sepakat.

5 dari 5 halaman

Callum Hudson-Odoi

Callum Hudson-Odoi. (c) AP Callum Hudson-Odoi. (c) AP

Callum Hudson-Odoi merupakan pemain muda Chelsea. Hudson-Odoi lahir di Inggris pada 7 November 2000.

Itu berarti, saat ini Callum Hudson-Odoi masih berusia 19 tahun. Meski usianya masih sangat muda, pria keturunan Ghana itu berbanderol cukup mahal.

Berdasarkan update Transfermarkt, Hudson-Odoi memiliki nilai pasar sebesar 35 juta euro atau sekitar Rp544,5 miliar. Pada bursa transfer msim dingin 2019 lalu, Bayern Munchen bahkan telah melemparkan tawaran sebesar 47 juta eur (Rp731 miliar) kepada winger muda Chelsea itu.

Namun, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh manajemen The Blues. Menurut manajemen, klub masih membutuhkan kontribusi Callum Hudson-Odoi.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Hesti Puji Lestari/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 7 Januari 2020


Filip Kostic - Sang Pembuat Perbedaan milik Eintracht Frankfurt

KOMENTAR

Editorial Lainnya