BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Wonderkid MU yang Gagal Berkembang

23-09-2019 11:21 | Aga Deta

5 Wonderkid MU yang Gagal Berkembang
Bintang muda Manchester United, Mason Greenwood (c) AP Photo

Bola.net - Mason Greenwood mampu mencuri perhatian berkat penampilannya bersama Manchester United pada musim ini. Yang terbaru, Greenwood menjadi pahlawan saat timnya menghadapi Astana di Liga Europa.

Pemain didikan akademi Setan Merah itu mencetak gol kemenangan pada menit ke-74. Gol tersebut juga membuat Greenwood tercatat sebagai pencetak gol termuda Setan Merah di kompetisi Eropa.

Greenwood mencetak gol ke gawang Nenad Eric pada usia 17 tahun 353 hari. Ia memecahkan rekor yang sebelumnya dibuat oleh Marcus Rashford.

Kini Greenwood digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan Setan Merah. Ia punya potensi untuk menjadi ikon baru di Old Trafford.

Namun, untuk menjadi superstar di klub sebesar Setan Merah juga tidak mudah. Berdasarkan pengalaman, ada banyak pemain muda United yang tidak bisa mengembangkan potensinya.

Berikut ini lima mantan pemain akademi Manchester United yang gagal berkembang seperti dilansir Unitedinfocus.

1 dari 5 halaman

Ravel Morrison

Ravel Morrison (c) MUFC Ravel Morrison (c) MUFC

Ravel Morrison merupakan salah satu talenta paling menjanjikan pada masa lalu. Sir Alex Ferguson bahkan mengatakan kepada Rio Ferdinand dan Wayne Rooney bahwa Morrison adalah pemain paling berbakat yang pernah dilihatnya.

Muncul dari akademi United bersama Paul Pogba dan Jesse Lingard, bakat Morrison terlihat paling menonjol. Namun, dia kesulitan untuk memenuhi potensinya.

Morrison menjalani debut di tim utama United pada usia 17 tahun dalam pertandingan Piala Liga melawan Wolves. Namun, ia hanya membuat dua penampilan lagi sebagai pemain pengganti di kompetisi piala untuk Setan Merah sebelum Fergie memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya.

Masalah di luar lapangan sudah menghambat perkembangannya. Itu adalah faktor penting di United sehingga United memutuskan berpisah dengan bintang muda mereka.

Pemain 26 tahun itu sekarang sudah kembali ke Premier League dengan Sheffield United setelah bermain di Championship dan menjalani karier di beberapa negara seperti Italia, Meksiko dan Swedia.

2 dari 5 halaman

Federico Macheda

Federico Macheda Federico Macheda

Macheda akan selalu diingat atas gol fenomenal melawan Aston Villa pada April 2009. Gol tersebut memberi United momentum untuk terus maju dan memenangkan gelar.

Pemain Italia berusia 28 tahun itu melanjutkan penampilan impresifnya melawan Villa dengan mencetak gol ke gawang Sunderland. Hal tersebut membuat para penggemar yakin mereka memiliki bintang baru di skuat Setan Merah.

Namun, Macheda hanya bisa mencetak dua gol lagi setelah menjalani start di United. Setelah meninggalkan klub pada Mei 2014, karier Macheda menurun secara drastis.

Sebelum pindah secara permanen, Macheda sempat menjalani masa peminjaman antara lain di Sampdoria, QPR dan Birmingham. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Cardiff, Nottingham Forest dan Panathinaikos.

3 dari 5 halaman

Giuseppe Rossi

Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United (c) Situs resmi Manchester United Giuseppe Rossi berlatih bersama Manchester United (c) Situs resmi Manchester United

United berharap menemukan permata setelah merekrut Rossi dari Parma pada tahun 2004. Namun, harapan Setan Merah itu tidak menjadi kenyataan.

Rossi mencetak empat gol di semua kompetisi pada musim 2005/06, sebelum menjalani masa peminjaman yang mengerikan di Newcastle karena tidak mencetak gol di liga pada 2006/07.

Rossi pindah ke Villareal pada 2007 dan di situlah karirnya benar-benar lepas landas. Dia juga mencetak 16 gol di Serie A dalam 21 penampilan untuk Fiorentina pada musim 2013/14.

Pemain berusia 32 tahun itu sudah menunjukkan tekad yang kuat untuk kembali setelah mengalami serangkaian cedera serius. Dia sempat ikut berlatih dengan tim utama United pada musim lalu untuk menjaga level kebugarannya sembari mencari klub baru.

4 dari 5 halaman

James Wilson

James Wilson (c) MUFC James Wilson (c) MUFC

Setelah menjalani periode yang sulit di bawah asuhan David Moyes, United mengangkat Ryan Giggs sebagai manajer sementara. Giggs kemudian memberi kesempatan kepada beberapa pemain dari akademi untuk mengangkat moral klub.

Wilson mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 melawan Hull City. Dia menjadi starter dalam pertandingan tersebut bersama pemain akademi lainnya, Adnan Januzaj dan Tom Lawrence.

Musim berikutnya, Louis van Gaal mendatangkan Radamel Falcao dengan status pinjaman. Wilson kemudian harus bersaing melawan pemain Kolombia itu, Wayne Rooney dan Robin van Persie.

Selama menjalani masa peminjaman di Derby County, Wilson mengalami cedera lutut yang parah. Sekarang Wilson bermain di Skotlandia untuk Aberdeen.

5 dari 5 halaman

Adnan Januzaj

Adnan Januzaj (c) AFP Adnan Januzaj (c) AFP

David Moyes tidak yakin kalau Wilfred Zaha sudah siap untuk bersinar di Manchester United. Namun, dia tidak takut untuk memasukkan Januzaj ke tim utama.

Setelah brace yang sensasional melawan Sunderland, pemain muda Belgia itu mendapat banyak pujian dan sorotan. Setelah kepergian Moyes dan nomor punggung 11 milik Ryan Giggs, Januzaj tidak mengalami kemajuan seperti yang diharapkan banyak orang.

Dia hanya memainkan 63 pertandingan untuk United di semua kompetisi dan mencetak lima gol. Selama berada di Old Trafford, Januzaj sempat dipinjamkan ke Borussia Dortmund.

Januzaj sekarang bermain di Real Sociedad. Sejak pindah ke Spanyol, pemain berusia 24 tahun itu jarang mendapat sorotan.


10 Pesepak Bola Muslim Berprestasi Saat Ini

KOMENTAR

Editorial Lainnya