BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Tim yang Pernah Menjuarai Liga Champions dan Liga Europa

17-12-2018 12:47 | Aga Deta

5 Tim yang Pernah Menjuarai Liga Champions dan Liga Europa
Manchester United Merayakan Gol Fred (c) AFP

Bola.net - Bola.net - Undian babak 16 besar Liga Champions akan berlangsung hari ini, Senin, 17 Desember 2018. Undian akan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB di markas besar UEFA di Nyon, Swiss.

Pesaingan di babak 16 besar Liga Champions sudah jelas akan semakin ketat. Sebanyak 16 tim akan saling berhadapan sebelum melangkah ke babak berikutnya.

Sementara itu, undian babak 32 besar Liga Europa juga akan berlangsung pada hari dan tempat yang sama dengan undian Liga Champions. Sejumlah laga menarik berpotensi terjadi di babak 32 besar Liga Europa musim ini.

Sebelum undian Liga Champions dan Liga Europa dimulai, tidak ada salahnya jika kita melihat kembali siapa saja tim-tim yang pernah memenangkan kedua kompetisi tersebut. Berikut ini adalah daftarnya seperti dilansir Fox Sports.

1 dari 6 halaman

Liverpool

Selebrasi Xherdan Shaqiri bersama Firmino dan Wijnaldum. (c) AFP Selebrasi Xherdan Shaqiri bersama Firmino dan Wijnaldum. (c) AFP

Liverpool mungkin gagal memenangkan trofi Liga Champions tahun ini, tetapi The Reds sudah tampil mengesankan di kompetisi Eropa selama bertahun-tahun. Mereka sudah memenangkan UCL sebanyak lima kali dalam sejarah mereka, dan UEL tiga kali.

The Reds mendominasi Liga Champions pada tahun 70-an dan 80-an, dengan mengangkat piala pada tahun 1977, 1978, 1981, 1984. Mereka memenangkan trofi itu lagi tahun 2005 dalam final Eropa yang tidak terlupakan sepanjang masa.

Liverpool memenangkan Piala UEFA pada 1973, 1976 dan 2001, dan menjadikan mereka salah satu tim yang cukup sukses di Eropa.

2 dari 6 halaman

Bayern Munchen

Bayern Munchen (c) AFP Bayern Munchen (c) AFP

Raksasa Eropa lainnya, Bayern Munchen sedang dalam perjalanan untuk memenangkan Liga Champions musim ini. Mereka pernah melakukannya sebelumnya, seperti yang terlihat dalam sejarah, dan pasti bisa melakukannya lagi.

Tim Bavaria sudah memenangkan UCL lima kali, pada tahun-tahun 1974, 1975, 1976, 2001 dan 2013. Mereka juga punya koleksi trofi UEL tetapi hanya satu yang diraih pada tahun 1996.

Bayern tidak menemukan hambatan yang besar untuk melangkah ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Meski terseok-seok di pentas domestik, tim asuhan Niko Kovac itu masih difavoritkan di Eropa.

3 dari 6 halaman

Chelsea

Selebrasi pemain Chelsea saat melawan Vidi. (c) AP Photo Selebrasi pemain Chelsea saat melawan Vidi. (c) AP Photo

Chelsea berhasil memenangkan trofi Liga Champions 2012 dalam keadaan yang luar biasa, tetapi mereka ternyata bisa menaklukkan kompetisi Eropa lainnya juga.

Sekarang bermain di Liga Europa, The Blues memenangkan kompetisi itu pada tahun 2013. Itu hanya berselang satu tahun setelah memenangkan UCL dan menjadikan mereka bagian dari sejarah kompetisi Eropa.

Chelsea berada di bawah manajemen baru tahun ini dan mereka sudah berhasil lolos ke babak 32 besar di UEL, jadi ini mungkin akan menjadi kesempatan lain buat mereka untuk menambah koleksi gelar Eropa.

4 dari 6 halaman

Juventus

Para Pemain Juventus Merayakan Kemenangannya Atas Valencia (c) AFP Para Pemain Juventus Merayakan Kemenangannya Atas Valencia (c) AFP

Juventus sudah memenangkan UCL dua kali dan UEL tiga kali. Dengan adanya Cristiano Ronaldo di tim mereka musim ini, Si Nyonya Tua punya peluang yang besar untuk melangkah jauh di Liga Champions.

Juventus memenangkan Liga Champions pada tahun 1985 dan 1996, dan Piala UEFA pada tahun 1977, 1990 dan 1993. Mereka pasti ingin mengakhiri puasa gelar mereka di Eropa dalam beberapa tahun terakhir dan mungkin bisa mewujudkannya pada musim ini.

5 dari 6 halaman

Manchester United

Manchester United (c) AFP Manchester United (c) AFP

Manchester United mungkin sedang mengalami masalah di pentas domestik, tetapi nasib mereka di UCL sedikit berbeda. Setan Merah sudah memastikan melangkah ke babak sistem gugur, dan bisa mendapat lawan yang sulit di babak 16 Besar.

Terlepas dari itu semua, Setan pernah berjaya di kompetisi Eropa, dan memenangkan UCL pada tahun 1968, 1999 dan 2008. Mereka juga meraih trofi Liga Europa pada tahun 2017 sehingga membuat mereka masuk dalam buku sejarah.

Tahun ini, anak buah Jose Mourinho harus mengeluarkan sesuatu yang sangat luar biasa untuk memenangkan Liga Champions. Meskipun begitu, mereka juga tidak boleh diremehkan begitu saja.

6 dari 6 halaman

Video Menarik


Menguji Wawasan Helmy Yahya dalam Kuis Siapa Berani Liga Inggris

KOMENTAR

Editorial Lainnya