BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

5 Tim yang Bisa Ditangani Josep Guardiola Setelah Tinggalkan Manchester City

19-02-2020 13:19 | Aga Deta

5 Tim yang Bisa Ditangani Josep Guardiola Setelah Tinggalkan Manchester City
Manajer Manchester City, Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Masa depan pelatih Josep Guardiola menjadi bahan perbincangan setelah Manchester City dijatuhi hukuman oleh UEFA. Sang pelatih dikabarkan bisa meninggalkan klub lebih cepat.

City dijatuhi hukuman larangan tampil di kompetisi antarklub Eropa untuk musim 2020-2021 dan 2021-2022. Itu setelah mereka terbukti melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

The Citizens terbukti memanipulasi laporan keuangan klub di antara 2012-2016. Hal itu juga membuat mereka harus membayar denda sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp 445 miliar.

Hukuman itu langsung membuat masa depan Guardiola di Etihad Stadium menjadi bahan perbincangan. Mantan pelatih Barcelona itu santer dikait-kaitkan dengan kepergian dari klub.

Guardiola sejatinya masih terikat kontrak dengan City hingga tahun 2021 mendatang. Namun, Sang arsitek dilaporkan bisa saja meninggalkan klub lebih cepat.

Berikut ini 5 tim yang bisa tangani Josep Guardiola setelah meninggalkan Manchester City seperti dilansir Fox Sports Asia.

1 dari 5 halaman

Juventus

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Juventus saat ini sedang ditangani Maurizio Sarri. Namun, mereka sekarang terlihat sebagai tujuan yang paling memungkinkan untuk Josep Guardiola, jika ia memutuskan untuk berpisah dengan Manchester City.

Guardiola secara konsisten dikaitkan dengan kepindahan ke Turin sejak tahun lalu. Italia adalah satu-satunya liga top Eropa yang belum pernah ia taklukkan.

Selain itu, Juventus sedang terlibat persaingan sengit dalam perebutan scudeto untuk pertama kalinya setelah menjadi juara 8 kali secara beruntun. Ini artinya masa depan Sarri sangat bergantung pada kesuksesan mereka di Liga Champions atau Serie A.

2 dari 5 halaman

Barcelona

Skuat Barcelona rayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Ibiza. (c) Miguel Ruiz/FCB Skuat Barcelona rayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Ibiza. (c) Miguel Ruiz/FCB

Sejujurnya, Barcelona sedang dalam kondisi yang kurang bagus sekarang. Salah satu permasalahan yang muncuk ke publik belakangan ini adalah perseteruan antara Lionel Messi dan direktur olahraga Eric Abidal.

Barcelona sudah mengganti Ernesto Valverde dengan Quique Setien. Namun, mantan pelatih Real Betis itu belum terlihat optimal di Camp Nou.

Mengatasi kekacauan di klub akan membutuhkan pelatih yang jenius dan tidak ada yang lebih baik daripada Guardiola. Pendukung setia Barcelona tentunya sudah lama menginginkan kepulangan arsitek asal Spanyol itu.

3 dari 5 halaman

Bayern Munchen

Bayern Munchen (c) Bundesliga Bayern Munchen (c) Bundesliga

Agen Guardiola menolak untuk mengesampingkan kepindahan ke Bayern Munchen pada 2019. Secara teori, kembalinya Guardiola ke Bayern masih sangat mungkin terjadi.

Pelatih asal Spanyol itu mampu meraih kesuksesan bersama Bayern. Namun, mereka gagal memenangkan gelar Liga Champions meskipun sudah menembus semifinal tiga kali secara beruntun.

Presiden Bayern Herbert Hainer memuji Guardiola tahun lalu dan memang benar sang pelatih memiliki sedikit urusan yang belum selesai di Bavaria. Tentu tidak akan sulit membayangkan Guardiola akan kembali ke Allianz Arena.

4 dari 5 halaman

Timnas Spanyol

(c) AFP (c) AFP

Josep Guardiola sudah pernah menyatakan keinginannya untuk menangani tim nasional Spanyol suatu hari nanti. Satu-satunya pertanyaan adalah kapan?

Sebagai pelatih, Guardiola telah memenangkan semua gelar yang ada. Sekarang mungkin adalah waktu yang ideal untuk mencicipi pengalaman di level internasional.

Namun, semua tergantung juga pada kiprah Luis Enrique bersama timnas Spanyol di Euro 2020 pada musim panas mendatang.

5 dari 5 halaman

PSG

Pemain PSG merayakan gol Mauro Icardi ke gawang Club Brugges pada laga Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo Pemain PSG merayakan gol Mauro Icardi ke gawang Club Brugges pada laga Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. (c) AP Photo

Level PSG mungkin saja dianggap kurang kompetitif jika dibandingkan dengan Premier League, La Liga dan Serie A. Namun, semua orang tahu kalau Josep Guardiola sangat suka tantangan.

Liga Champions selalu menjadi target utama PSG. Pelatih PSG Thomas Tuchel saat ini sedang berada dalam tekanan untuk memberikan kesuksesan di Eropa.

Jika Tuchel gagal melakukannya pasti akan dianggap sebagai bencana. Memenangkan Liga Champions akan menjadi tantangan besar Guardiola di Paris.

Sumber: Fox Sports Asia


Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland

KOMENTAR

Editorial Lainnya